Kelebihan dan Kekurangan Custom ROM Android

Android Marshmallow sudah lama beredar dan bagi pengguna Lollipop tentu saja akan penasaran ingin merasakan bagaimana kinerja di Marshmallow di hp Android kesayangannya. Namun menunggu OTA Update atau upgrade Android Lollipop ke Marshmallow langsung dari vendor ternyata tidak secepat yang kamu harapkan, setiap hari di cek di menu pengaturan pembaruan nirkabel tetap saja tidak ada update Marshmallow untuk Android kamu tersebut.

Apabila kamu tidak menerima OTA Update dari Lollipop ke Marshmallow maka langkah tercepat dan terbaik agar bisa merasakan kinerja Android 6.1 Marshmallow adalah dengan menggunakan custom ROM atau firmware yang tidak resmi yang dibuat oleh sesama pengguna, semisal custom rom miui yang diperuntukan khusus untuk kamu pengguna hp Xiaomi yang ingin langsung melakukan proses update ke Marshmallow tanpa harus menunggu update resmi di release.

kekurangan custom rom android

Namun sebelum kamu menggunakan custom ROM Android untuk melakukan proses upgrade dari Lollipop ke Marshmallow sebaiknya kenali terlebih dahulu apa sih kekurangan custom rom tersebut untuk hp Android kamu, jangan sampai setelah melakukan proses update kamu baru menyesal karena menggunakan custom rom tersebut.

Pertama, tentu saja dengan menggunakan custom rom maka garansi akan hilang karena seperti kita ketahui bahwa kerusakan software atau os yang disebabkan oleh kecerobohan pengguna tidak akan bisa klaim garansi. Itu artinya apabila kamu ingin menggunakan custom rom pastikan bahwa kamu siap kehilangan garansi apabila suatu saat hp Android kamu error atau tidak berfungsi dengan sempurna.

Kedua, custom rom terkadang masih banyak kekurangan alias tidak sempurna seratus persen. Ada saja fitur atau menu yang tidak berfungsi. Contoh kecil, bisa saja kamera depan menjadi tidak sempurna untuk dipakai selfie, pengaturan data internet yang tidak stabil alias sering error dan tentu saja berbagai macam masalah dan kendala lain yang meskipun kecil tetapi bisa membuat tidak nyaman ketika kita menggunakan hp Android tersebut.

Ketiga, untuk menggunakan custom rom biasanya kamu harus melakukan proses rooting Android terlebih dahulu. Nah seperti kita ketahui bahwa proses root ini tidaklah selamanya bisa berjalan dengan sempurna, terkadang mengalami kegagalan oleh sebab itulah sebelum melakukan proses rooting sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa kerugian root Android itu sehingga kamu terhindar dari masalah di kemudian hari.

Keempat, menginstall custom rom yang tidak sempurna bisa menjadi penyebab Android Bootloop alias tidak bisa masuk ke menu utama. Ketika kamu selesai menginstall custom rom dan ternyata tidak cocok dengan type hp Android yang kamu pakai, maka kemungkinan terbesar ketika dinyalakan Android hanya muncul layar hitam blank atau malah terus menerus restart kembali ke logo awal ketika booting.

andorid n

Dimana ada kerugian tentu saja ada keuntungan, begitu juga dengan menggunakan custom rom Android. Jangan khawatir karena apabila kamu hati-hati ketika menggunakan custom rom justru akan memberikan keuntungan tersendiri yang bisa kamu dapatkan, lalu apa saja sih kelebihan menggunakan custom rom Android tersebut.

Sistem operasi atau OS Android kamu akan lebih uptodate ketika menggunakan custom rom, yups inilah alasan utama kenapa kamu harus menggunakan custom rom yakni mendapatkan os terbaru yang baru saja di release. Disaat orang lain masih terpaku dengan Kitkat, kamu malah sudah bisa merasakan kelebihan Android Marshmallow dan bahkan Android N sekalipun menggunakan custom rom.

kelebihan android marshmallow

Kinerja Android bisa lebih cepat dan gesit karena seperti kita ketahui di custom rom kebanyakan sudah menghilangkan berbagai macam aplikasi bawaan yang tidak penting. Itu artinya dengan memakai custom rom maka kamu bisa mengharapkan kinerja yang lebih cepat tanpa lag dan bahkan kamu bisa mendapatkan ruang penyimpanan internal yang lebih besar karena sebagian besar aplikasi bawaan Android sudah dibuang, alias hanya aplikasi penting saja yang memang sering digunakan yang ada di custom rom tersebut.

Kelebihan lain dari pakai custom rom adalah kamu bisa mendapatkan tema atau launcher Android yang lebih bagus dan tentunya bisa disesuaikan dengan keinginan kamu. Semisal bila kamu ingin mengganti menu dan tampilan Android seperti iPhone maka kamu bisa dengan mudah melakukan hal tersebut ketika menggunakan custom rom Android.

So, semua pilihan terserah kepada kamu sebagai pengguna hp Android, apakah kamu akan menggunakan custom rom untuk merasakan kinerja Android terbaru atau lebih memilih untuk mendapatkan OTA update atau upgrade resmi yang di release oleh vendor hp Android kamu tersebut.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest