Siti Syarah
Info, Aplikasi, Games, Tutorials untuk Android dan iPhone

Mengembalikan Aplikasi Android yang Hilang dan Terhapus

Suatu ketika saat akan membuka aplikasi BBM di Android kamu kaget karena ternyata ikon aplikasinya sudah hilang, dicari-cari di folder juga tidak ada. Yups, aplikasi terhapus dan hilang kerapkali terjadi di Android, apalagi jika hp kamu sering dipakai oleh keponakan yang masih kecil, yang namanya anak-anak pasti semua menu dicoba dan alhasil tanpa sadar bila mereka juga telah menghapus beberapa aplikasi.

Untuk mengembalikan aplikasi Android yang terhapus dan hilang bukanlah hal sulit, karena kamu bisa melakukannya sendiri yang terpenting pastikan bahwa kamu sudah berlangganan paket internet di Android untuk proses download atau reinstall aplikasi tersebut.

Apabila aplikasi atau game yang hilang tersebut hasil download dari Google Playstore, maka kamu bisa download kembali aplikasi tersebut di Playstore. Buka menu Playstore di hp Android kamu kemudian masuk ke Aplikasi Saya, sentuh pada tab Semua. Disini kamu bisa melihat aplikasi yang pernah kamu download. Silahkan cari aplikasi yang terhapus atau hilang.

mengembalikan aplikasi android yang hilang

Namun sebelum kamu bisa download game atau aplikasi tersebut, pastikan bahwa kamu telah memiliki akun Google Playstore. Simak cara membuat akun Play Store di Android bila kamu belum pernah sekalipun download aplikasi dari Google Playstore.

Bagaimana bila aplikasi yang terhapus itu merupakan aplikasi berbayar? Jangan khawatir selama masih menggunakan akun Playstore yang sama, maka kamu tidak harus membayar kembali ketika harus download ulang aplikasi tersebut dari Playstore.

Aplikasi yang terhapus tersebut merupakan bawaan hp Android, bagaimana dong? Apabila kamu tanpa sengaja Menghapus Aplikasi Bawaah Android Lollipop, jangan khawatir kamu bisa dengan mudah untuk mengembalikannya tanpa harus download ulang dari playstore, cukup masuk ke menu Setelan – Aplikasi lalu cari aplikasi tersebut pada tab Dinonaktifkan kemudian pilih Aktifkan untuk memunculkan kembali aplikasi tersebut di menu Android.

mengembalikan aplikasi android yang terhapus

Apakah bisa mengembalikan aplikasi Android yang hilang dengan cara download aplikasi Android lewat komputer dari internet dalam bentuk file APK? Jawabannya bisa saja, namun tentunya download aplikasi dari internet itu keamanannya tidak terjamin, so selalu biasakan download aplikasi Android dari tempat yang resmi dan aman yaitu Google Playstore

278 comments

      1. Sis minta tolong
        Ini awalnya di hp ada bbm saya,cuma pas saya mau dowload apliksi lain,minta di hapus,saya main.klik aja n allhasil.ilang semua,trus saya upgrate hpnya,dan download kembali semua apliksi,khusus bbm saya download dan bermaksud pke gmail yg sama,namun pas udh masukin alamat email ada keterangan blm terdaftar untuk gmail ini di bbm, pdhl gmail ini sudah saya pke dari dulu,knp bisa gitu ya?saya butuh kembali semua pin kontak saya

        1. @Mega :: Apabila muncul keterangan error email belum terdaftar saat masuk ke BBM, salah satu penyebabnya adalah karena sis waktu pertama kali membuat akun BBM tersebut tidak melakukan proses konfirmasi dan verifikasi email alhasil dianggap bahwa email tersebut belum di daftarkan. Resikonya tentu saja sis tidak akan lagi bisa menggunakan email tersebut untuk masuk ke BBM, kontak pun pasti akan hilang.

      2. kalo saya aplikasi, foto, musik juga ada yg hilang… gmn cara memulihkannya…mohon yg tau bls comment saya,, rugi,baru download lagu malah pada ilang gk tw ntah kmn…thx sblmnya

        1. @Jaya :: Ada kemungkinan aplikasi bawaan tersebut sudah terhapus secara permanen, jadi solusi termudahnya adalah harus flash ulang hp Androidnya.

      1. @Rizki :: Berarti cara terakhir agan harus coba untuk flash atau update firmwarenya dengan stock rom.

  1. Aplikasi saya tiba2 hilang. Namun di download brulang x juga tidak bisa. Gmna cara kmbalikan nya

    1. @Rully :: Downloadnya usahakan lewat Google Playstore, sebelumnya pastikan bahwa memori internal agan masih mencukupi, koneksi internet lancar agar proses installnya berjalan normal.

  2. Ini gmna yahhh cara ngeaktifin kmbli semua aplikasi?? Aku gk ngerti nihh?tolong d bantu yahh

    1. @Nia :: sis tinggal ikuti saja langkah demi langkah seperti dijelaskan diatas untuk mengembalikan aplikasi bawaan android yang pernah dinonaktifkan atau dihapus.

  3. Bbm sy terhapus .saya download bbm br d play store tp dpt pin baru n semua kontak hilang. Cr kembalikan yg lm gimana y?

    1. @Animarsaimon :: kalau PIN BBM pasti akan kembali baru ketika melakukan reinstall aplikasi BBM di Android. Untuk kontak BBM seharusnya tidak akan hilang asal sis menggunakan email dan password akun BBM yang sama dengan yang dulu. Apabila sekarang sis memakai email dan kata sandi yang berbeda dengan BBM yang dulu maka tentu saja kontaknya juga akan baru kembali.

    1. @Sugi :: Coba lakukan saja proses factory default / kembali ke setelan pabrik, apabila setelah factory default tetap error baru lakukan proses update / flash menggunakan firmware terbaru.

  4. Gan aplikasi bbm saya hilang trus saya download playstore berhasil tp tak muncul di menu

    1. @Anwar :: agan bisa coba lakukan langkah diatas terlebih dahulu, bila masih tetap error coba lakukan lagi install ulang dari Playstore. Apabila nanti masih tetap juga error, langkah terakhir agan lakukan factory default hp Androidnya.

    1. @Agni :: coba di reset / factory default saja hp Androidnya biar kembali ke setelan pabrik.

  5. Tanya dong. Aplikasi bbm bawaan hp kemarin sengaja dihapus. tapi sebelumnya dibikin cadangannya.. Sekarang cadangannya mau diinstal lagi kok ngga bisa ya? Tulisannya ‘apl tidak terpasang’. Apa ada cara lain bisa bisa instal ulang???

    1. @Ari :: install aplikasi BBM coba lewat Google Playstore agar agan bisa mendapatkan versi yang terbaru.

    1. @Ella :: Coba lakukan proses reset atau kembali ke pengaturan pabrik atau sis bisa coba download aplikasi SMS dari Playstore.

  6. aplikasi kenalan hp lenovo a390 saya terhapus,otomatis hp tidak bisa dipake tlp / simpen kontak…gimana cara kebalikan aplikasi tersebut..makasi

    1. @Rudi :: Coba di factory defaul/ kembali ke setelan pabrik terlebih dahulu. Apabila tetap tidak muncul silakan lakukan flashing/ update firmware.

  7. mba bbm saya dan aplikasi saya hilang ketika saya membuka homescreen bagaimana cara mengembalikannya??saya sudah coba mendownload tpi tidak bisa karna ruang penyimpanan tidak cukup.tolong bantu saya mba

    1. @Allungriaday :: kalau timbul error ruang penyimpanan tidak cukup berarti memori internal agan sudah penuh, coba hapus beberapa aplikasi yang tidak dipakai agar memori internalnya kembali lega.

      1. Maaf sblmnya ya mbk, berarti kalau BBM-nya hilang gara-gara habis mendownload game di Play Store, dan kepengin mengembalikan BBM-nya, di download di Play Store kembali ya mbx ?
        Truz maksud kalimat ini “Silahkan cari aplikasi yang terhapus atau hilang.”, itu berarti play store-nya di buka dan aplikasi BBM-nya sudah muncul disitu lalu diklik seperti pemasangan game-nya ya mbx ?
        Mksih

        1. @Imroatus :: Yaa, benar sekali. BBM bisa dengan mudah di download di Google Playstore.

          1. Ma’af mba klo almt email sama sandi sy lupa gmn spaya bsa gunain bbm lama lg

          2. @Arifin :: Bila email dan kata sandinya sudah lupa, berarti agan tidak akan bisa lagi menggunakan BBM lama tersebut.

  8. line saya tiba2 hilang saya download lagi
    di playstore tdk bisa memasang padahal memory nya masih kosong gimana caranya

    1. @Febrianalfari :: kalau error saat install aplikasi dari Playstore bisa disebabkan karena memori internal agan memang sedikit, coba hapus cache, data ataupun aplikasi yang tidak terpakai.

  9. Bu,kenapa instagram,semua foto,photo grid,musik,semua aplikasi terhapus semua,, apa masalahnyaa buu , tolong sayaa bu

    1. @Amanda :: ada kemungkinan os Android sis error, coba lakukan dulu update atau flash hp Androidnya pakai firmware terbaru.

  10. Mau tanya ini tiba2 aplikasi d hp saya pada hilang.. Dan sdh d download berkali kali di playstore ttap gk bs.. Selalu dibilang memori penuh.. Padahal memori eksternal n internal sya nya msi byak banget… 🙁
    Tolong ksih saran donk..
    Terimakasih

  11. Tau gk gmna cara nya buat ngembaliin apk bawaan android yg terhapus contohnya aplikasi pemasangan paket aplikasi itu gk sengaja saya hapus trus pas saya mau masang aplikasi lain itu malah jdi gk bisa gmna itu tau gk .

    1. @Jafar :: Agan harus melakukan flash/ update firmware atau OS Androidnya, agar nanti kembali ke setelan pabrik.

  12. Sist bagaiman cara mengembalikan aplikasi pesan bawaan android hilang? Infonya ya makasi^^

    1. @Idafianna :: Cara seperti diatas, apabila tetap tidak bisa berarti agan harus melakukan update firmwarenya.

  13. Mbak saya beli buku dplaystore. Tp buku ny tiba2 hilang. Dplay book jg sdh gk ad. Buku ny lumayan mahal harganya. Mohon bantuanya mbak.

    1. @Raja :: coba logout dulu dari akun playstorenya, kemudian login lagi menggunakan akun yang sama agar kembali refresh riwayat pembeliannya.

    1. @Southcross :: Coba agan gunakan launcher atau theme android lain agar nanti icon sms nya otomatis akan muncul kembali.

  14. Aflikasi bbm sy terhapus.Dan says sudah men download aflikasi bbm kembali.tapi saya tidak tau Bagaimana caranya mengaktifkan bbm sy kembali. tolong beri tau saya cara.a Bagaimana?

    1. @Pianiska :: kalau sis ingat akun BBM yang dulu, tinggal sign in (masuk) menggunakan BBID yang sama yang tersebut sehingga nantinya kontak dan group BBM tidak hilang, tetapi jika sis lupa akun BBID yang lama, sis bisa langsung membuat BBID baru dengan resiko semua kontak akan hilang dan kembali nol.

    1. @Ratna :: coba gunakan terlebih BBM versi lama agar lebih ringan dan mudah-mudahan bisa mengatasi masalah yang sedang sis hadapi.

    1. @Duta :: agan bisa lakukan flash Android menggunakan firmware terbaru sesuai dengan type Android yang agan pakai.

  15. Saya mau ngembaliin permainan hayday saya d playstore ad tp gda perintah pasang cm ada tanda silang,bagaimana yak caranya

    1. @Putri :: masuk ke menu Pengaturan – Aplikasi pilih Hayday kemudian coba hapus dulu, setelah itu baru install lagi via Playstore. Nanti setelah berhasil di install, sis bisa masuk atau login menggunakan akun FB atau Playstore agar levelnya tetap sama seperti dulu tanpa harus mengulang dari awal

  16. Bu… FM radio saya krn error saya uninstall..kan itu bawaan LGnya.. Bisa ga qta balikkin lg?

    1. @Shinta :: untuk mengembalikannya sis harus melakukan proses flashing/ update firmware Androidnya.

  17. ini galaxy fame saya aplikasinya terhapus semua yg tersisa hanya pengaturan aja,gmn cara mengatasinya gan?
    ,trimakasih

    1. @Dwik :: Silahkan lakukan proses update/flash menggunakan ODIN ataupun Samsung Kies di Laptop atau Komputer sehingga nantinya Android agan akan kembali default seperti baru membeli.

    1. @elok :: apakah agan masih ingat dengan email dan kata sandi akun BBM-nya? kalau iya, tinggal masuk atau sign in menggunakan akun BBID tersebut sehingga nantinya kontak dan group BBM tidak hilang dan agan tidak harus membuat akun baru.

  18. Mau tanya nih, ikon aplikasi line saya tiba2 hilang tapi dipenyinpanan masih ada, saya coba uninstall lalu download lagi di playstore ikon aplikasi tetap tidak muncul. Mohon bantuannya

    1. @Iqe :: Coba rubah dulu tema atau launcher-nya ke defaul, siapa tahu ikon Line-nya memang di sembunyikan oleh launcher tersebut.

  19. Bu, mau tanya saya coba menghapus beberapa file di pengaturan lalu ternyata ada yang terhapus filenya. Untuk aplikasinya masih ada (Photo Grid), tetapi file foto dan video di gallery tidak ada. Bagaimana cara mengembalikannya ?
    Terima kasih atas jawabannya

    1. @Paramitha :: silahkan reinstall saja terlebih dahulu aplikasi tersebut. Untuk foto atau file yang sudah terhapus, biasanya akan sulit untuk dikembalikan.

  20. Punyaku setelah digunakan untuk kirim file di komputer pake kabel data,malahan aplikasi game dan line hilang semua.gimana ya caranya biar balik lagi ,pake parallel spaca?

    1. @Sandika :: kalau sudah di reset, data yang ada di Androidnya biasanya tidak akan bisa dikembalikan atau restore.

  21. Hp saya rusak mati total.. tapi bbm saya ingin di aktifkan kembali di hp yg baru padahal bbm yg lama belum di hapus pemasangan .. itu gimana ngaktivin bbm itu ke hp baru saya ?

    1. @Icha :: Caranya sangat mudah, sis tinggal sign in (masuk) aja menggunakan email dan password BBID yang sama.

  22. Aplikasi aku sebagian ada yg hilang sebenarnya aku engak ngapus aplikasinya tpi tiba tiba aja hilang pass aku nyalain hp lg,, ,,tpi pas aku matiin hp aku, truss aku nyalain lg malah gantian yg hilang aplikasinya,Apa ga bisa di benerin apaa,, masa iya aku bawa ke konterr,, padahall penting semua aplikasinya klo di download lg nanti daftar lg aja klo kata sandi aku lupa,,, mnta bantuannya dong kakk:'(:’):'(

    1. @Rani :: Coba update aplikasi tersebut ke versi terbaru, instal aplikasi tersebut di memori internal jangan di sd card.

    1. @Rev :: Silahkan reset atau format Androidnya ke setelan pabrikan via recovery mode atau bisa juga di flash/ update firmwarenya.

    1. @Arista :: lihat di menu Setelan – Aplikasi lalu cari apakah ada Line atau tidak. Tidak bisa di install ulang bisa disebabkan karena masih ada Line versi lama di hp Androidnya.

  23. tampilan gtalk d screen sama tampilan jam saya khapus sis,,jadi sya harus gmna ? sya udh cba trik d atas tpi ga bsa sis

    1. @Yerias :: masalah yang dihadapi bisa disebabkan karena masih ada aplikasi dengan nama yang sama sudah terpasang di hp Android agan. Jadi solusinya pastikan bahwa agan sudah menghapus aplikasi lama tersebut dan menggantinya dengan yang baru.

  24. mohon pencerahannya, hp saya hilang beberapa hari yang lalu, trus saya ingin memindahkan smua aplikasi di hp saya ke komputer/pc dengan akun yang terhubung di hp saya yg hilang,apakah masih bisa, klo iya bisa mohon petunjuknya….trimaksih

    1. @Budi :: Login ke Playstore di handphone baru agan menggunakan akun yang sama, nanti agan akan melihat daftar aplikasi yang pernah di download.

  25. Aplikasi saya di hapus mau download lagi gak ketemu dan saya sudah lihat diaplikasi saya di semua tapi tidak muncul
    Tolong bantuannya?

    1. @Abdul :: coba cari di Google Play Store, semua aplikasi Android resmi akan ada disana kok.

  26. Camera bawaan hilang koq bs ya =-?
    Hp saya samsung ace 3 bu… caranya gmn ya ??! Tlg bantu ya 🙁

    1. @Akang :: bisa coba untuk melakukan proses restore atau update firmware menggunakan odin di laptop.

  27. Aplikasi system bawaan pabrik (kalkulator) saya hapus dgn cara pakai aplikasi link2sd (root) saat ini saya pengen mengembalikannya, kasih tau caranya? Di playstore logonya gk sama sprti aslinya, trims sblmnya,

    1. @Asep :: Flash atau Update firmware hp agan menggunakan stock rom untuk mengembalikan semua aplikasi bawaan Android yang terhapus

  28. Aplikasi kamera bawaan hp sy terhapus . Tiap kali sy coba buka tdk bs. Seterusnya yg muncul tulisan”kamera tdk ditemukan. Lalu bagaimana cara untk mengembalikan sprti semula??

    1. @Sabto :: flash atau update hp Android agan menggunakan ROM resmi atau stock rom juga bisa.

      1. Gimn cara memperbaiki hp saya.. Pengaturannya terhapus gan …..karna hp saya udh di root?

        1. @Ade :: Silahkan coba di update atau di flash menggunakan firmware resmi atau stock rom

    1. @Rahmat :: untuk mengembalikan aplikasi default silahkan reset atau factory default hp Android agan.

  29. Gimana cara nya nih ngembaliin apk kamera yg hilang/terhapus setelah sya mengembalikan ke setelan pabrik?

    1. @Syahrulsafar :: Silahkan coba untuk install ulang atau flash firmware Androidnya menggunakan stock ROM.

    1. @Rani :: Sis bisa coba untuk menggunakan aplikasi galeri lain yang bisa di dapatkan di Playstore atau sis bisa lakukan reset hp Androidnya ke pengaturan awal pabrik untuk mengembalikan semua aplikasi default termasuk galeri ini.

  30. maaf saya mau nanya ,kemarin saya kemalingan smartphone saya, nah ..kira” bisa gak mengembalikan pin bbm saya dari smartphone yang hilang tadi ke smartphone saya yg baru ??

    1. @Rizki :: untuk PIN BBM akan selalu berubah ketika kita sign in ke handphone baru. Selama agan masih ingat BBID yang dipakai, maka kontak BBM dan group akan tetap aman, tetapi untuk PIN pasti akan berubah.

  31. Mo minta bantu App COC saya hilang shortcutnya az di pengaturan mah ada gimana cara balikinnya lagi…..saya dah coba delete lalu download lagi tetep az ga ada….mohon bantuan gan…

    1. @Rudi :: Coba gunakan launcher lain terlebih dahulu, bisa jadi karena iconnya tersembunyi di launcher yang sekarang.

    1. @Anggi :: Coba di reset ulang ke pengaturan awal androidnya biasanya akan kembali lagi. Jika tidak, sis bisa coba untuk flash firmwarenya.

    1. @Nyno :: Harus di update / flash ulang firmware atau os Androidnya menggunakan stock rom

  32. Ka bbm,fb sama instagram gk bisa di buka padahall aplikasi lain kaya WA/Line bisa.kenapa ya’???

    1. @Nova :: Coba reinstall, atau hapus dulu aja kemudian install lagi dari Google Playstore

      1. Bagaiman y mba kok aplikasi sya yng di simpan di kartu sd ga k baca pdahal foto dan musik sudah kebaca,,,,?

  33. Mba bgaimana kok aolikasi yng di simpen di katu sd ga muncul seperti coc dll,,,tolong di bantu y mba,,,

    1. @Kirom :: Kemungkinan sd cardnya bermasalah atau mengalami error, coba di lepas dulu lalu pasang lagi.

    2. kak,kamera bawaan dihp saya tidak dapat terhubung trs di aplikasi ga ada kamera. Saya download aplikasi kamera diplaystore gabisa terhung juga. Itu kenapa ya?Dan gimana cara balikinnya? terimakasih sebelumnya

      1. @Nurul :: biasanya karena kameranya sudah rusak, atau bisa juga karena firmwarenya yang bermasalah. Coba aja dulu di update firmwarenya.

  34. Kak kok aplikasi pengaturan saya gk ada yaa
    Entah kemanaaa tpi klo di cari di file manager sih ada tpi gk ada di halaman aplikasinya mohon pencerahanya ya kak!!!!

    1. @Rafi :: Coba reset dulu Androidnya ke default setelan pabrik, atau bisa juga flash atau install ulang firmware Androidnya.

  35. Kak, saya tidak sengaja menghapus beberapa aplikasi di android dan akibatnya volume androidnya tidak seperti biasa, volumenya kecil sekali. Mohon petunjuk kak…

    1. @Loyal :: Mudah aja kok solusinya, factory reset atau lakukan flash menggunakan stock rom.

    1. @Voni :: Coba di format ke setelan pabrik hp Androidnya via Recovery Mode. Apabila setelah di reset ulang masih tetap hilang, mbak bisa coba lakukan proses flashing menggunakan stock rom

  36. Kak gimana caranya ngmbaliin akun instagram yg udah ke hapus.sudah aq download ulang tapi malah jadi akun yg baru.saya mau masuk dg akun yg lama gak mau.

    1. @Yugek :: kalau sudah dihapus secara permanen tidak akan bisa dikembalikan soalnya sudah terhapus dari database instagramnya.

  37. Ini gimna aplikasi medsos sperti bbm, facebook, path, coc dan parahnya playstore aku juga hilang. Mohon bantuannya.

    1. @Arief :: Coba gunakan launcher lain, siapa tahu cuma ikon aplikasinya yang tersembunyi. Apabila nanti tetap hilang, solusi termudah adalah format ulang android ke setelan pabrik.

  38. Aplikasi kamera d hp saya ilang,saya lihat d pengaturan aplikasi ga ada,tp d menu ada,itu gmna kak? Mksh

    1. @Basir :: Format ulang hp Android agan ke setelan pabrik, untuk mengembalikan semua settingan dan aplikasi bawaan ke default.

  39. Kak, aq memori hp aq tiba2 ga kebaca, lalu apps yg disimpen disitu jg ke uninstall, mau download di play store ga bisa, pasti unduhan ditunda mulu. Bagaimana cara mengatasinya kak? Tolong bantuannya ya…

    1. @Prameswari :: yang tidak terbaca memori eksternal/ SD Card? kalau iya, coba ganti terlebih dahulu menggunakan sd card baru. Namun apabila memori internalnya yang engga kebaca, cocba di factory default hp Androidnya lewat recovery mode terlebih dahulu.

  40. Aplikasi di android aku tiba tiba hilang, udah aku reboot tp msh gk ada. Musik aku juga gk bisa diputar,apa ada kaitannya dgn aplikasi yg hilang itu?? Tolong bantuannya..

    1. @Yeclpuds :: Coba cek di menu Pengaturan – Aplikasi lalu lihat pada tab Nonaktifk, siapa tahu tanpa sengaja aplikasi tersebut di nonaktifkan. Apabila nanti tetap terjadi error, solusi terakhir adalah agan harus format ulang Android ke setelan pabrik untuk mengembalikan semua aplikasi bawaan yang hilang tersebut.

    1. @Yoyok :: Bisa di install lagi via Playstore atau minta kembali ke teman aplikasi tersebut.

  41. Saya kehilangan aplikasi pengaturan hp saya jadi aneh dan berbeda gimana cara mengembalikan aplikasi pengaturan,kan aplikasi pengaturan itu dari pabriknya ada….

  42. Hp sony x j saya terhapus sistemandroidnya atau apanyalah jadi hp sya itu ga konek biasanyakan kalo buka kunci langsung keluar menu2 dan kita tinggal pilih..nah sekarang bleng gak ada menu sama sekali…katanya sistem wigadnya kehapus…mohon pencerahanya kaka

    1. @Zaki :: Coba di reset terlebih dahulu factory default lewat Recovery Mode pilih Wipe Data dan Cache. Apabila setelah di factory reset tetap error, berarti agan harus flash ulang hp androidnya.

  43. Help dong ka,, aplikasi aq g ilang, awalnya memang di unninstal karna sering eror, kmudian setelah di instal, aplikasi itu tidk ada dimana mana, sya cek k google playstore masih ad dan masih bsa dbuka,, hanya sja icon nya tidak ada,, gimana caranya ya? Repot skali kalau mau buka aplikasi trsebut hrus buka playstore dulu,, tlong dong ka,, thx

    1. @Sekar :: Coba gunakan launcher atau tema Android lain, bisa saja ikon aplikasinya tersembunyi oleh launcher yang sekarang.

  44. Gmn cara mngatasi apl bbm yg k.hapus datany?
    Setiap saya buka selalu….
    Ups
    Pindhlah k.area dgn cakupn lbih baik, / coba hubungkan k.jringan wi-fi.
    Coba lagi
    Pdhal dah sya hapus n sya install kmbali… tetep aja masih sama…

    1. @Sunni :: Masalah yang agan hadapi karena koneksi internet yang tidak stabil atau lambat, coba gunakan internet yang lebih cepat.

  45. Bagaimana cara membuat bbm yg baru ,karena aplikasinya sudah terhapus tapi saya buat bbm baru lagi dengan email yg sama kok tidak bisa,tolong bantu caranya

    1. @Fika :: Mbak tidak bisa membuat akun BBM baru dengan menggunakan email yang sudah pernah dipakai sebelumnya, tapi harus memakai email baru. Untuk aplikasi BBM bisa coba di unduh lagi via Google Playstore.

  46. Gun hp j5 saya bnyak aplikasi bawaan yg hilang.saya jg gak tau terhapus atau gmn
    Tp saya lihat di aplikasi manager tidak ad
    Gmn solusi nya gun
    Tlng di bantu

    1. @Zamzami :: Coba reset Android Samsungnya via recovery mode pilih Wipe Data/Factory reset. Apabila nanti masih tetap error, update saja firmwarenya pakai odin

    1. @Jumi :: Cara tercepat yaitu format ulang Android ke setelan pabrik, apabila masih tetap hilang lakukan proses flashing.

    1. @Jhon Thor :: Agan harus coba factory reset terlebih dahulu untuk mengembalikan semua aplikasi bawaan ke default termasuk aplikasi kamera Android. Apabila setelah factory reset tetap hilang berarti harus di flash ulang firmwarenya menggunakan stock rom

  47. Tolong bantu Saya, saat Saya me reboot handphone Saya, tiba sosial media saya hilang semua, tetapi masih ada di pengaturan. Maksudnya tidak tampil dilayar handphone Saya. Apa yang harus Saya lakukan?

    1. @Hipsta :: Coba gunakan launcher atau tema lain terlebih dahulu seperti Nova ataupun Launcher lainnya.

  48. Tolong bantu saya…saya sudah menghapus default di menu setelan dan di setiap aplikasi saya…dan sekarang saya tidak bisa megunduh kembali…apa yang harus saya lakukan????

    1. @Hobbi :: Silahkan coba untuk factory defaulkan saja hp Androidnya, namun apabila nanti masih hilang aplikasi sis harus melakukan flash ulang firmwarenya.

    1. @Akbar :: Coba dulu caranya seperti diatas, atau agan bisa coba untuk unduh ulang dari Google Playstore

  49. Mba,pengaturan hp samsung itu hilang , gimana cara ngembaliin aplikasi pengaturan itu, tolong bantuannya

    1. @Donny :: Coba terlebih di reset ke pengaturan pabrik via Recovery – Wipe Data dan Cache. Apabila nanti masih tetap hilang, berarti harus di update/ flashing ulang firmwarenya.

    1. @Haerul :: Kemungkinan OS atau firmwarenya bermasalah, coba di flash atau update firmwarenya menggunakan stock rom.

  50. aplikasi office ( word,excel,pp) saya tiba-tiba menghilang, pas saya buka play store ternyata harus install lagi. Tapi anehnya, memori internal hp tidak bertambah kalau seandainya terhapus sendiri oleh android. Dan ketika saya buka file word ternyata bisa kebuka oleh aplikasi word, tetapi anehnya aplikasi itu pas di lihat di sistem tidak ada. Itu kenapa yah ?

    1. @Sanrasyid :: Caranya seperti diatas, masuk ke menu Setelan – Aplikasi lalu cara pada tab non aktif pilih aplikasi Pesan. Apabila tetap error dan hilang, coba di lakukan factory default hp Androidnya.

  51. Bantu yaa.. bbm sya terhapus sblmnya sempet dimainin pknakan, dn masalahnya bbm trsbt bkn berasal dari playstore ho sya, dlu share it lewat teman, karna kontaknya penting semua, biar gk hilang, gmn cara balikinya yaa'(

    1. @Maulanaenda :: Apakah agan masih ingat dengan akun BBID (Email dan kata sandinya)? Apabila iya, agan bisa unduh ulang BBM dari Playstore kemudian masuk atau sign in menggunakan akun BBID milik agan tersebut.

      1. Mb lalu tetep aja egk bisa gmna ya mb padahal udh saya lakuin kyk perintah mb di atas,saya dapet bbmnya dari shert it

    1. @Maulanaenda :: keterangan errornya bagaimana apakah kesalahan memasukan email atau kata sandi? Apabila salah kata sandi, agan bisa coba lakukan dulu reset kata sandi BBM via email, namun pastikan bahwa dulu saat pertama kali membuat akun BBID tersebut, agan pernah melakukan konfirmasi email. Apabila email agan belum terkonfirmasi, maka akun BBM agan tidak akan bisa dibuka kembali.

  52. oppo saya banyak aplikasi saya hilang dan menjadi punah dan kehilangan data dan juga hang…lalu gimana cara memperbaikinya?

    1. @Weliam :: Coba di format aja ke factory default terlebih dahulu, apabila masih tetap error dan tetap kembali aplikasinya silahkan dilakukan proses flash/update menggunakan stock rom.

  53. disamsung tab saya kartu sd tak terbaca dan kehilangan data dan tidak bisa pindah kartu sd.minecraft pe saya tidak diinstal… lalu file tidak valid lalu kartu sd tidak bisa diinstall padahal bisa berkata(kartu sd rusak)padabal coba di samsung j7.lalu jika dipindah berisi com.name lalu dibuka app crash di samsung tap saya banyak yang hilang saya dipindah gimana perbaikinya?

    1. @Vari :: ada kemungkian OS Androidnya bermasalah, coba di di update atau flash menggunakan Odin atau KIES.

  54. Samsung tab saya video di yutube gk terbaca (there was a problem while playing tap to retry) dan gk bisa memutar film , itu masalah nya kenapa iia ?

    1. @Dimas :: Kalau keterangan seperti itu biasanya ada masalah dengan koneksi internet di handphone agan. Apabila nanti masih tetap error, agan bisa coba menggunakan player lain yang banyak tersedia di playstore.

  55. Kalau aku hapus cache kok tiba-tiba terhapus data semua sih lalu (w..j sonf th 6 menjadi lost village)kenapa selalu hapus cache menjadi ikut hapus datanya juga.padahal saya tak hapus data.lalu saya masuk kegoogle play saya masuk dibila (kesalahan membuka id yang masuk)namun banyak terjadinya.dicoc saya.kenapa bisa begitu ya?

    1. @Weliam :: Apabila agan masih ingin sama akun playstorenya, coba untuk logout dulu dari playstore dengan cara hapus data di playstoer. Setelah agan coba kembali untuk masuk ke playstore dengan akun tersebut. Dengan cara seperti ini nanti seharusnya agan sudah bisa masuk lagi ke coc menggunakan akun tersebut.

  56. Kenapa saya masuk minecraft pe di asus tab saya tiba-tiba (world can’t be oppened,invalid world)padahal saya sudah restart.gimana perbaikinya?

  57. kok facebook tiba-tiba hilang sendiri dan( sayangnya com.katanaa.facebook telah berhenti)cara memperbaikinya gimana?

    1. @Ahuang :: Di hapus dulu facebook yang sekarang kemudian download ulang dari playstore, apabila nanti setelah reinstall masih tetap juga error, ada baiknya pakai facebook versi lama terlebih dahulu.

  58. Gimana ni aflikasi galeri default saya hilang waktu mau di perbaharui terus waktu sedang menginstal saya stop lalu di lihat malah hilang aflikasi galeri default nya,gmna cara mengembalikan aflikasinya lagi spya ada lagi,makasih

    1. @Athep :: Coba cara seperti diatas, bisa atau tidak? apabila tetap tidak bisa berarti agan harus format ulang Androidnya ke default.

  59. Hp sya di root trus gk sngaja aplikasi bawaanya trhpus… Truus sya restart pabrik malah aplikasi rootnya ilang,, truss stiap sya instal aplikasi gkbbsa

    Apkh bisa d bntu gan

    1. @Rio :: Ada kemungkinan hp Android agan harus di flash ulang menggunakan stock rom.

  60. Mba, saya kan habis nyopot kartu sd, trs tak pasang lagi kartu sdnya apl shortcutnya hilang, padahal di setting>apl kartu sd masih ada. Cara ngembalikannya gmana? Kalo harus download ulang di playstore padahal tulisannya udah terpasang.

      1. Udah aku coba tetep ngga bisa mba, trs aku coba copot pemasangan apl di playstore trs tak coba instal lagi tetep ngga muncul di layar aplnya.

        1. @Shena :: Coba gunakan launcher atau tema Android lain terlebih dahulu seperti Nova Launcher siapa tahu masalah yang sis hadapi disebabkan karena ikon aplikasinya tersembunyi.

  61. Gimana ni gan pas saya memperbaharui google aplikasi yang saya download tiba tiba hilang..coba beri penjelasannya??

  62. Hp saya sudah di root dan File manager bawa’an hp saya ak hapus, tapi setelah ak ingin pakai lagi dan download di play store kok untk pemindahan filenya sudah gak berfungsi lagi.
    Cara agar dapat berfungsi lagi gimana..?

    1. @Syarif :: Agan bisa coba menggunakan file manager lain seperti ES Pengelola Berkas yang ada di Play Store.

  63. Kalau ES pengelola berkas sih bisa, malah dari semua yg ku coba cuma ES pengelola berkas yg bisa pindah file saya. Tapi aku ingin gunakan yg lain, gimana caranya ya..?

    1. @Syaeff :: Cek di bagian permission bisa jadi karena masalah permission sehingga file manager yang agan tidak bisa memindahkan file. Pastikan file manager tersebut sudah mendapatkan akses root biar nantinya bisa bebas memodifikasi file termasuk tentunya memindahkan file.

  64. Cara download bbm lama gimana si? Sebelumnya pake bbm transparan . Tapi pas bbm transparannya dihapus, mau download lg bbm yg biasa malah ga bisa. Selalu gagal udah didownload

    1. @Ihiya :: Ada kemungkinan karena BBM yang lama belum benar-benar terhapus sehingga dianggap bahwa agan sudah menginstall BBM.

  65. Mbak saya punya keluhan pada android saya di Smartphone Asus dimana aplikasi yg sudah saya unduh lewat Playstore biasanya hanya bertahan sekitar 6 jam atau selama masih di operasikan, atau kalau di unduh pd malamnya besok pagi sdh hilang semua, seperti fb, ig, sing wa dll ini terjadi selalu sementara ini saya hanya menyiapkan APK yg sya simpan di eksternal memory, utk menginstal kembali di Android, o ya sya sdh coba hard reset bahkan sdh 2x bawa ke t4 flasher tapi hasilnya ttp aja gk mau berubah, kira2 gimana lagi solusinya, tks mbaq salam sukses..

    1. @Adit :: Ada kemungkinan hardwarenya terutama di bagian eMMC sudah bermasalah jadi sebaiknya di bawa ke service center saja.

  66. Ini saya pake hp oppo, tidak sengaja menggabung icon kr dalam 1 folder
    Setelah saya keluarkan dr folder, kedua icon applikasi tersebut hilang tetapi aplikasi masih ada, tidak tet uninstall

    Mohon bantuannya

  67. saya sudah melakukan seperti cara di atas tapi tulisan “AKTIFKAN” tidak ada trus saya harus bagaimana?

    1. @Sasabila :: berarti sis harus coba untuk melakukan proses flashing ulang Android menggunakan stock rom untuk mengembalikan semua aplikasi bawaan yang sudah terhapus.

  68. sis, hp sy android Lolipop, ikon Galerinya hilang ndak tau kmn hbs di mainin si kecil..
    cara ngembalikannya gmn ya?

    1. @Alya :: Coba masuk ke pengaturan – aplikasi lalu cari galeri nanti sis bisa coba untuk mengaktifkan kembali. Atau sis bisa coba menggunakan launcher atau peluncur lain terlebih dahulu, siapa tahu iconnya cuma tersembunyi.

      1. cara menggunakan launcher atau peluncur gmn ya ? punya sy jg hilang tp sy cek di aplikasi yg smua masih ada cuma ga mau tampil di folder n’ sy cek statusnya jg aktif

        1. @Dhani :: agan tinggal unduh salah satu peluncur atau launcher yang ada di Playstore seperti Nova Launcher, nanti setelah berhasil di install agan bisa langsung menggunakan launcher tersebut. tekan tombol Home, nanti ada pilihan launcher yang akan agan gunakan.

          1. @Dhani :: bisa jadi karena tanpa sengaja di drag and drop sama agan.

  69. Afwan mao tanya ,hp saya abis saya remove recovery ,,trs saya mao sign in bbm tapi lupa email dan pass nya apa itu bisa pulih dengan cara yg lain..

    1. @Ahmad :: Apabila agan pernah mengaktifkan pertanyaan rahasia untuk pemulihan kata sandi, agan bisa coba menggunakan pertanyaan rahasia tersebut untuk reset kata sandi BBM.

    1. @Kholiq :: Caranya seperti diatas masuk ke pengaturan aplikasi lalu aktifkan kembali. Apabila tetap tidak bisa, berarti agan harus melakukan flash ulang Android.

  70. mba mau tanya…BBM saya sempat terhapus..tp sudah saya download lagi di playstore….tp saat diminta masukin email dimasukan malah gk bisa.gmn donk mba?

    1. @Nur :: pastikan sis sudah login menggunakan alamat email dan kata sandi yang benar, error yang sis hadapi bisa jadi karena kesalahan email dan kata sandi.

  71. Mbak inii waktu saya video call tiba-tiba hp saya mati teruss ada tulisan waktu nyala dan pas saya buka aplikasi ilang semua tinggal ig aja mbak tapi foto yang kesimpan di hp masih ada semua cuma aplikasinya aja yang hilang ituu cara kembalikanya gimanaaa mbak tolong bantuanyaa

    1. @Bintang :: Coba lakukan seperti cara diatas, bisa tidak? apabila tetap tidak bisa berarti agan harus lakukan factory default atau flash ulang Androidnya menggunakan stock rom.

    1. @Bintang :: agan bisa lakukan proses flashing lewat komputer, semisal bila hp Android merk Samsung gunakan ODIN, untuk Xiaomi pakai MiFlash.

  72. Kak saya mau nanya kira2 akun playstore saya masih bisa dibuka atau masih ada kah,??? Sebab akun playstore sy sudah terbilang lama tidak dibuka kuranglebih 3 tahunan tapi sebelumnya itu blm pernah dihapus kalo memang masih bisa dan ada sy mau pake akun itu aja…Tapi salahnya sy,sy tidak ingat sama sekali email dan passwordnya yg sy ingat cuma Nicknamenya saja kak…Mohon batuanya kak terimakasih sebelumnya

    1. @Candra :: kalau tidak ingat email dan kata sandinya, sebaiknya buat akun baru saja karena akan sangat sulit untuk proses reset kata sandinya.

  73. Kamera sistem saya terhapus.cara ngembaliinnya gimana dan apk trsb tdk ad di playstore

  74. Mbak semua aplikasi di hp saya kenal remove sama ponakan saya. Gimana cara mengembalikan lagi.?

    1. @Diana :: Coba di download ulang via Google Playstore, namun apabila aplikasi bawaan yang terhapus kemungkinan besar sis harus melakukan proses flashing ulang Androidnya.

    1. @Mas :: Coba dulu di reset ke pengaturan pabrik, bila tetap tidak muncul berarti harus di flash ulang.

  75. Bbm kehapus …udah dcoba upgrade..lupa sandi..trus ada perintah suruh ketik kolom “anak”…maksudnya apa yaa

    1. @Remy :: maksudnya sis harus menjawab pertanyaan rahasia untuk pemulihan kata sandi tersebut, bisa nama, tanggal atau jawaban lainnya.

  76. Mbak , pengaturan dan jam saya hilang dari menu . Sudah pernah di kembalikan ke pengturn pabrik sam saja . Minta solusinya

    1. @Muhammad :: Apabila setelah di pengaturan pabrik tetap hilang, berarti solusi terakhir adalah lakukan proses flashing menggunakan stock rom via komputer.

  77. Sis numpang nanya game gameku hilang padahal tidak di hapus sama sekali pas udah di download ulang saya kira datanya masih ada,tapi udah hilang jadi harus download lagi,tapi data akun Gmail, Bbm& FB tidak hilang gimana cara betulinnya?

    1. @Ayfprisma :: Solusinya harus di unduh ulang gan dari Playstore, soalnya kalau game engga bisa di restore apabila sudah terhapus.

  78. Mba ,, aplikasi BBM saya kehapus, saya downloads lg terus akun bbm saya hilang dan lupa lagi ,, gmna solusinya agar kembali lagi mba??

    1. @Aden :: agan masih ingat dengan BBID yang dulu? apabila iya, coba login menggunakan email dan kata sandi BBID tersebut.

    1. @Rizkii :: Apabila sudah terhapus permanen (bukan di nonaktifkan) maka harus di flash ulang menggunakan stock rom.

  79. Maaf numpang tanya…smartphone saya coolpad A116..galeri dan kamera bawaan nya hilang secara tiba tiba…
    Setelah aku refresh..,muncul lage galeri dan kamera bawaannya…
    Trus tuk beberapa saat galeri seketika berhenti trus lambat laun apk nya hilang lage…direfresh muncul lagi dan ilang lagei…
    Begitu setrusnya…
    Dan saat saya bosan saya kembalikan ke pengaturan pabrik…
    Muncul lage ..tpi beberapa jam kemudian ilang lagi..setelah di refresh pun aplikasi tersebut tetap hilang..bg mana ya ga tuk mengembalikannya
    .

    1. @very :: Coba di flash ulang aja hp Androidnya menggunakan stock rom, kemungkinan ada masalah di OS Androidnya.

  80. hp android saya samsung Z2 tidak bs membuka pesan, yg tertulis menginisialisasi pesan. mohon bantuannya. terima kasih

  81. Numpang tanya tab(hp) saya aplikasinya tiba tiba hilang dan akun pun juga hilang caranya bagaimana

  82. Kak gimana caranya biar aplikasi di hp vivo y35 kembali lagi ?? Waktu aq ngebersihin.virus di hp ku apilkasi bmm,line,dll juga ikut hilang

  83. Kak mau tanya , kemarin hp saya tak pengaturan pabrik habis itu galery nya hilang ngga tau kemana ? Gimana cara ngembaliin ya?

  84. Ka,kan saya kan downlaod aplikasi facebook,pas di download berhasil,tapi ketika di tampilan hp tidak ada aplikasi facebook padahal barusan saya abis download,tapi pas di lihat di tampilan/menu utama tidak ada aplikasi facebooknya

    1. @Zahran :: Coba rubah dulu launcher atau peluncur di hp Android agan semisal pakai Nova ataupun Google Launcher terlebih dahulu, siapa tahu icon aplikasinya tersembunyi (hidden) di launcher yang saat ini dipakai.

  85. Kak siti saya mau bertanya hp android saya belum di reset pas saya nyalain ehh apknya udah hilang nah pertanyaan saya gimana sih cara mengatasi agar semua aplikasi saya kembali dan tak perlu download soalnya saya udah ngetest download di playstor apl tidak terpasang mohon bantuannya ya kak siti

    1. @Firman :: agan bisa coba dulu untuk melakukan factory default untuk mengembalikan semua aplikasi bawaan Android. Apabila nanti tetap hilang, berarti harus flash menggunakan stock rom.

  86. Stelah melakukan mode reboot aplikasi saya hilang dan di pojokan ada tulisan mode aman bagaimana cara aplikasi kembali ?

    1. @Muhammad :: Apabila Android agan masuk ke Mode Aman, silahkan restart handphonenya dengan menekan tombol Power selama beberapa nanti agar nanti bisa restart ke mode normal kembali.

  87. Mau nanya hp saya menu pesan & tlpnya tau2 g ada. Tp pas d buka d setting ada tulisan jeejen. Jd si pesan dan tlp nya ada d dalam apl jeejen. Kira2 gmn y cara ngembaliinnya?
    Terima kasih

    1. @Carolina :: Coba aja terlebih dahulu di format ulang hp Androidnya ke default setelan pabrik.

  88. Teh ini aplikasi saya bawaan google play kehapus semua termasuk play storenya, gimana ya cara ngebalikinya?

    1. @Husna :: Coba di factory default terlebih dahulu, apabila nanti tetap hilang berarti harus di flash ulang hp Android agan menggunakan stock rom via komputer.

  89. Ka saya sudah download fb,instagram danlainnya tapi tidak muncul di menu tablet sya,,
    itu knapa ya ka

    1. @sri :: Coba gan dulu launcher atau peluncur Androidnya, siapa tahu icon aplikasinya tersembunyi (hidden) di launcher yang sekarang dipakai.

  90. Cara mengembalikan aplikasi sistem yg di apus karena di root gimana yah? Padahal udh di backup, pake titanium backup tapi kok gak bisa di restore yah, ada nggak aplikasi buat restoring app sistem yg di apus selain titanium?terima kasih

    1. @Yudis :: banyak kok gan di Playstore. Coba cari aja di Google Play “Backup and Restore”

  91. Saya mau Tanya nih mbak aplikasi saya bbm saya sudah saya hapus lalu saya hapus juga di play store… Trus saya mau ngembalikan lagi gimna caranya??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.