Siti Syarah
Info, Aplikasi, Games, Tutorials untuk Android dan iPhone

Cara Beli Aplikasi Android Pakai Pulsa Telkomsel

Sebuah kabar gembira bagi kamu, karena kini kamu bisa membeli aplikasi dan game Android menggunakan Pulsa Telkomsel. Yups, pakai pulsa, engga harus lagi pakai kartu kredit. Keuntungan lain, kamu juga bisa membeli iAP (in App Purchase) seperti membeli uang di game COC menggunakan pulsa telkomsel. Jadi ketika kamu membeli sebuah game atau aplikasi dari Playstore, maka secara otomatis pulsa kamu akan terpotong sejumlah harga aplikasi tersebut.

Bagaimana cara beli aplikasi Android pakai pulsa Telkomsel, simak tips berikut ini. Yang jelas, pastikan bahwa kamu telah menggunakan kartu SIM Telkomsel.

Jalankan Playstore, lalu masuk pengaturan akun kamu dan aktifkan Enable Telkomsel Billing sebagai metode pembayaran.

Beli game android pakai pulsa

Sentuh Send, lalu isi biodata data berikut nomor telepon yang akan digunakan sebagai media pembayaran di Playstore.

Beli aplikasi android pakai pulsa

Setelah selesai, kini kamu bisa beli aplikasi dari Playstore menggunakan Pulsa. Kita coba membeli sebuah game.

cara beli aplikasi playstore pakai pulsa

Sentuh Buy (Beli) selanjutnya masukan password akun Playstore kamu untuk konfirmasi pembelian. Selesai.

240 comments

  1. Mau tanya, kalo pas beli ada tulisan “your mobile payment service isn’t available now. Please try again later or contact your provider.” Itu kenapa ya? Tulisannya warna merah gitu .

    Sy mau beli game yg harganya 79.000 .

    1. @CCP :: pastikan kamu telah mengaktifkan terlebih pembayaran melalui Telkomsel Billing, pas pertama mengaktifkan metode ini akan ada verifikasi nomor telepon via sms ke nomor 99477, pastikan saat proses verifikasi ini kamu telah memasukan nomor yang benar (lihat gambar kedua diatas). Apabila kamu telah melakukan verifikasi nomor, tapi tetap mengalami error, coba gunakan dulu koneksi Wifi untuk proses pembelian game di Playstorenya, juga bisa dicoba untuk melakukan Clear Data dan Clear Cache di pengaturan aplikasi Playstorenya – http://sitisyarah.info/macam-macam-google-play-error-di-android/

  2. Itu no telkomsel yg kita pakai untuk membeli aplikasi di play store harus no yang di pakai buat paket kouta android nya, atau bisa pakai no lain yang kita pakai di hp lain? (Bukan di hp android nya)

    1. @Den :: untuk nomor bebas, bisa menggunakan nomor telkomsel lain di dipakai di handphone lain. Yang penting nomornya sudah diverifikasi untuk digunakan di akun google play store.

    1. @Suharto :: Ketika mendaftarkan nomor telkomsel untuk pembayaran, Anda akan dikirimi kode verifikasi, selanjutnya Anda bisa memasukan kode verifikasi tersebut pada saat pendaftaran.

  3. Di hp saya ko tetep aja ngga ada pilihan yang pake pulsa ya? padahal udah di clear data clear cache playstore sama layanan playstorenya, trus di vertivikasi ulang udah tapi tetep ngga bisa? kenapa tuh gan?

    1. @Fadly :: Apakah ponsel Androidnya Dual SIM? kalau Dual SIM coba pakai satu SIM Card saja dulu yakni pake kartu Telkomsel. Bila tetap error coba dulu pakai kartu telkomsel yang lain dulu.

  4. saya sudah masukin nomor dan sudah save tp tdk ada kirim kode verikasi dan skrng sy mau edit no hp ga bisa lg.. kira2 sampai kpn kode verifikasinya dikirim dan masukinnya gmna? mohon pencerahanny.. mksh

    1. @Gatan :: Tunggu beberapa saat kemungkinan ada delay dari operatornya. Apabila kode verifikasi tetap tidak ada juga, coba masukan kembali nomornya dan kali ini coba pakai awalan +62 dan hilangkan angka 0 di depan nomornya.

    1. @Alya :: pastikan hanya menggunakan satu SIM telkomsel di hp Androidnya. Bila tetap tidak muncul pilihan Enable Telkomsel Billing coba ganti dulu menggunakan sim card telkomsel yang lain (baru).

    2. Sama nih kak kok saya gk ada juga ya padahal saya pakenya baru beli kemarin loh.

      1. @Wilson :: Coba edit metode pembayarannya di Google Wallet, juga pastikan agan menggunakan alamat Indonesia bukan negara lain.

  5. mba ijin tanya, pas isi biodata nomor dan alamat. tapi g ada google play want to send verification bla bla bla yang seperti di gambar 2. itu kenapa ya? soalnya dah baca artikel ini berulang ulang dan mempraktekannya saya beli app berbayar juga error insufficient balance padahal saldo lebih dari cukup

    1. @Ardi :: Pasti hp Android kamu menggunakan satu kartu yaitu sim card telkomsel. Bila tetap error, coba sign out atau keluar dulu dari Google Playstore. Bersihkan dulu cache/data di aplikasi playstore, caranya masuk ke pengaturan (setelan) – Aplikasi pilih Google Playstore lakukan Clear (hapus) Data. Setelah itu baru Login/ masuk ke playstore menggunakan akun yang sama, dan coba untuk Enable Telkomsel Billing kembali.

  6. permisi mau tanya knp ya saya mau beli game berbayaran dengan menggunakan metode pembayaran telkomsel tidak bisa bertuliskan TIDAK DAPAT MEMVERIFIKASI AKUN ANDA COBA LAGI NANTI mohon solusi nya

    1. @wahyu :: itu artinya akun playstore agan statusnya unverified. Pastikan ketika membuat akun playstore menggunakan data diri yang benar (tidak asal-asalan), juga telah melakukan verifikasi nomor telepon (SMS)

  7. mau nanya dong sis… ak jg troublenya sama TIDAK DAPAT MEMVERIFIKASI AKUN ANDA COBA LAGI NANTI
    dan email ak bener kok.. ak sampe buat baru ttp sama begitu, knp ya??

    1. @Shella :: Ketika membuat akun playstore apakah sudah melakukan verifikasi nomor telepon? Biasanya kode verifikasi akan dikirimkan ke nomor telepon yang dimasukan pada saat kita melakukan pendaftaran. Apabila tetap terjadi error, coba lakukan dulu clear (hapus) data di aplikasi playstorenya.

  8. Itu pake nomor lain bisa kan
    kenapa pas beli app di playstore nomor nya cuma itu aja ga bisa di ganti?
    Tolong solusinya.

    1. @Leon :: bisa. Silahkan masukan ke menu akun saya di playstore, pada metode pembayaran bisa menambahkan metode pembayaran lain, termasuk menambahkan nomor lain yang ada di beda hp.

  9. maaf mau tnya.. saya sudah aktifin telkomsel billing nya tp ada tulisan “you have insufficient balance, plase top up your mobile account”.. mksudnya gmna ya?? thx…

    1. @Johan :: Maksudnya, pulsa tidak akan mencukupi untuk melakukan pembelian di Playstore.

      1. Mba saya mengalami hal yg sama. Padahal pulsa saya cukup mba. Harganya 14.000 + 1.400 pajaknya kan = 15.400. Pulsa saya ada 30.000 tapi tetep dapet masalah kaya gitu. Pencerahannya dong

        1. @Insan :: bisa jadi karena operator yang agan pakai sedang bermasalah, atau item yang akan agan beli sistem berlangganan atau subscribe. Pastikan saat melakukan pembelian dengan menggunakan pulsa di Playstore, hanya item yang sekali beli bukan yang berlangganan.

  10. kak hp aku kan dual sim. tapi aku cuma make satu simcard aja, tapi kok di Google play ku ngga ada metode telkomsel itu ya? 😐 mohon bantuannya kak

    1. @Amelia :: Lakukan dulu clear (hapus) data di aplikasi Playstorenya, masuk ke menu Pengaturan Aplikasi – Pilih Playstore lalu Hapus Data. Kemudian sis, biar keluar (logout) dulu dari email (gmail) yang dipakai sekarang. Setelah itu coba dulu untuk membuat akun Playstore baru, menggunakan data diri yang benar (tidak asal-asalan) dan juga lakukan verifikasi akun via SMS.

        1. @Amirul :: kalau demikian, ada kemungkinan errornya terjadi dari pihak operator, bukan dari hp Android agan.

        2. Aku jg Gitu kemaren, saran saya kamu login aja ke Good Wallet pake akun Google yg jg akun play store, setelah itu remove no yg kemaren kamu daftarkan, kemudian buka aplikasi play store>my account, daftarkan lagi no tsb tapi jgn lupa kasih kode awalan +62 (tanpa angka 0). Insyaallah berhasil…

          1. @Indra :: saran dan masukan yang sangat bermanfaat. Semoga bisa membantu teman-teman lain yang sedang mengalami kesulitan membeli aplikasi di playstore pakai pulsa.

    1. @Rizky :: silahkan coba masuk ke Playstore – lalu pilih Akun Saya kemudian pada Metode Pembayaran, agan bisa menambahkan metode pembayaran lain ataupun menghapus metode pembayaran yang sudah ada.

  11. Saya sudah masukkan kartu TELKOMSEL saya tapi kenapa masih belum muncul tulisannya ‘enable billing TELKOMSEL’

    1. @Yudisfirdaus :: Coba lakukan dulu clear data di aplikasi playstore, selain itu juga bisa logout atau keluar dulu dari akun playstore yang sekarang.

  12. Sy gantk kartu .. pdhl di kartu sebelumnya sy sudah di daftar. Nah cara untuk mengubahke no baru nya gmn?

    1. @Asya :: masuk ke Playstore lalu akses menun Akun Saya, pada metode pembayaran pilih Setelah pembayaran lain. Nanti sis akan diminta untuk Login/masuk ke akun playstore, selanjutnya nanti bisa merubah metode pembayaran dan menghapus nomor yang dipakai sebagai media pembayaran, lalu bisa mengganti/ memasukan nomor lain.

  13. klo pas masuk mau masuk ke metode payment malah kaga ada tulisan begitu min ,, langsung verifikasi sms code gak ada tulisan buat daftar nomornya dulu .. gimana tuh

  14. Kalo misal gak ada option enable telkomsel di my account gimana?
    Mau beli diamond game super dancer nih. Tolong bantuuuuuuu

    1. @Mogardi :: Pastikan agan sudah menggunakan kartu telkomsel, bila hp agan dual sim pastikan gunakan dulu satu sim card saja. Juga pastikan akun playstore agan sudah terverifikasi via sms/telepon menggunakan nomor telkomsel yang sekarang agan pakai. Bila semua langkah sudah dilakukan dan tetap tidak muncul pilihan Enable Telkomsel Billing, sebaiknya agan clear/hapus data dulu pada aplikasi playstorenya.

  15. Min mau tanya nih, kok pas saya daftar penagihan kartu telkomsel saat sudah selesai kok ada tulisan ” metode pembayaran ini ditolak” itu kbp yaa??

    1. @Iq :: pastikan yang akan dibeli bukan metode berlangganan seperti langganan PIN BBM tapi aplikasi atau game yang sekali beli. Juga pastikan bahwa saldo mencukupi ketika akan melakukan pembelian. Apabila masih tetap muncul error, coba dihapus dulu metode pembayaran yang pernah dimasukan, lalu agan bisa menambahkan lagi metode pembayaran lainnya.

  16. Numpang nanya, klo ” pembayaran beresiko tinggi, tunggu 30 menit lg. ” itu gmn ya ?

    1. @Ace :: itu artinya akun agan dianggap tidak aman, coba pakai akun playstore yang lain atau membuat akun baru saja.

      1. Saya udh buat akun berkali” tp tetp g bisa. Apakah ada solusinya atau saya harus menghubungi 188 ?

        1. @Ace :: Coba masuk ke _https://wallet.google.com dari komputer agan, selanjutnya login menggunakan akun playstore yang dipakai sekarang. Pada bagian alamat (address) pastikan sudah memilih negara Indonesia, memasukan alamat yang lengkap beserta nomor teleponnya. Pada bagian metode pembayaran hapus dulu semua metode yang pernah dimasukan (input). Setelah selesai simpan perubahan yang baru saja dibuat. Lalu di hp Android masuk ke pengaturan Aplikasi pilih Google Playstore lalu Hapus Data. Setelah semua selesai coba masuk ke Playstore kembali, aktifkan metode pembayaran pakai pulsa, dan coba melakukan pembelian. Pastikan koneksi internetnya lancar dan menggunakan koneksi HSDPA/3G pada saat melakukan pembelian, jangan pakai wifi.

          1. Muncul tulisan ” pesan dari penyedia seluler anda : you have or will exceeded the maximum amount of allowed transaction. ” itu knapa ya ? Internet udh laju gk pke wifi, pulsa jg banyak. Mohon solusinya

          2. @Ace :: itu artinya transaksi pembelian di playstore agan melebihi dari batas maksimum yang ditetapkan oleh operator. Kalau sekarang agan pakai sim card lama, coba ganti aja dulu pakai sim card baru dari operator tersebut. Terus sgar transaksi lancar, coba agan masukan dulu metode pembayaran lain, semisal kartu kredit sebagai backup pembayaran jangan hanya menggunakan pembayaran pakai pulsa saja.

  17. sis .. saya udah pake telkomsel tapi kok di method payment nya ga muncul muncul ya telkomsel billingnya ?? itu gimana ya , mohon pencerahan dong kk

    1. @Diva :: sebelum menghapus data, coba lakukan dulu proses reset kata sandi akun playstore (google), setelah nanti passwordnya berubah baru sis bisa melakukan hapus data.

  18. Mba mau nanya…kode yang d smsin 99477 itu d masukin dimana?
    Kalo udah trlanjur sampai kluat dri pndaftaran harus gimana? Terima kasih

    1. @Ika :: Kalau sudah terlanjur keluar dari pendaftaran, sis bisa langsung saja memasukan data nomor handphone di pengaturan akun saya di _https://myaccount.google.com

  19. Kak aku kan hp nya smartfren ni, dual sim. Untuk koneksi internet mesti cdma kak. Nah satu lgi aku pake telkomsel kok kak.pas buka my account di googleplaystore nya, kenapa ga muncul pilihan pembayaran telkomsel itu kak? Mohon dibantu

    1. @Bintang :: Seharusnya bisa, koneksi internet tidak berpengaruh terhadap metode pembayaran. Pakai Wifi juga masih tetap bisa melakukan pembayaran dengan pulsa.

  20. selamat siang, saya mengalami error saat akan mengaktifkan telkomsel billing, mengalami error saat akan menirim pesan.

    1. @Wahyu :: Coba edit dulu metode pembayarannya via Google wallet, pastikan agan menggunakan alamat Indonesia, jangan pakai negara lain.

  21. Saya sudah ikutin caranya sist… Tpi tetap aja gk bisa… Msh di bilangnya you have insufficient balance…. Pdhal pulsa lebih…. Gk ad cara lain sist??

    1. @Chen :: Coba gunakan akun playstore baru, pastikan akun yang baru sudah diverifikasi via sms dan sis/agan memasukan alamat Indonesia bukan negara lain.

    1. @Siti :: asalkan sis menggunakan kartu telkomsel/indosat di SIM2, seharusnya bisa.

  22. mau tanya nich…. klw keterangannya “sms verifikasi akun tidak dapat dikirim. silahkan coba lagi”
    itu kenapa ya??

    1. @Ima :: biasanya karena adalah masalah dengan jaringan operator yang sis pakai. Solusi termudahnya sis bisa coba menggunakan kartu dari operator lainnya.

      1. Sis, aku dpet sms verifikasi dr google utk akun baru playstore nya.
        tapi aku gak dapet sms verifikasi utk telkomsel payment yg 99477 itu ya..
        aku jadi gagal terus transaksi.
        laporannya “unsuccesful, please top up ur mobile account”. Padahal pulsa lebih dari cukup..
        Gimana ya itu, mohon bantuannya. Thanks..

  23. ganz kalo masalah nya pas verifikasi akun di method payment. kluar tulisan eror “can’t verify your acount. try again later”

    1. @Tomy :: dari keterangan errornya kayaknya adalah masalah dari operatornya, bisa jadi karena saat agan melakukan verifikasi server operator yang agan pakai sedang overload.

        1. @Dok :: bisa coba pakai kartu baru terlebih, akun playstore baru dan juga bila hp agan dual sim gunakan sim1 saja.

  24. Min mw tanya, saya telah menggunakan nomer lain buat top up, itu udh berhasil, tetapi itu di nomer yang saya pake paketan, trus saya ganti nomer buat paket baru (tetep telkomsel), nah mw top up lagi emang harus yg diisi pulsa nomer yg lama?? Soalnya gk bisa nih , padahal udh aq isiin pulsa di nomer yg baru, apa gk ada cara buat resetting nomer my bill telkomsel? Klo ada gmn caranya??

    1. @Noname :: error yang agan hadapi karena pulsa tidak mencukupi untuk melakukan pembelian di google playstore.

  25. Kenapa setiap mau aktifin billing telkomselnya gak bisa yah pas memverifikasi akun balsan tidak dapat meverifikasikan akun anda.coba saat lagi,padahal emailnya udah lengkap semua verifikasi no hpnya udah,kira2 apa yah kendalanya, mohon soulusinya

    1. @Ade :: ada kemungkinan jaringan sedang sibuk. Apabila tetap error, coba gunakan akun playstore yang lain terlebih dahulu

  26. Gimana kalo nga muncul buat isi aplikasi data tapi payment pembayaran via hp dah tersave nga bs di rubah gimana tuh mba solusinya

  27. Mba saya mau tanya. Kok di “my account” gaada pilihan “ennable telkomel billing”

  28. Min mau tanya , saya kan transaksi pembelian dalam aplikasi dengan pulsa indosat ,slama ini sih berjalan baik2 saja , tpi kok brusan ada tulisan merah seperti ini min “metode pembayaran i i tidak dapat digunakan untuk pembelian ini” kenapa ya kira2 , sebelumnya smua transaksi brjalan baik2 saja ,mohon pencerahannya min thx

    1. @Felix :: Coba agan gunakan terlebih kartu kredit, setelah itu baru menggunakan metode pembayaran pulsa lagi.

      1. Min, maksud gunakan terlebih dahulu kartu kredit, apakah saya harus melakukan transaksi dengan kartu kredit dulu, apa hanya untuk menambahkan metode pembayarannya aja min?trimakasih

        1. @Felix :: Cuma untuk menambahkan metode pembayaran saja. Agan bisa pakai VCN BNI apabila tidak punya kartu kredit. Update terbaru, Indosat saat ini sedang mengupgrade sistem layanannya, ada kemungkinan error yang timbul karena pengaruh proses upgrade tersebut, agan bisa coba beberapa hari ke depan untuk melakukan transaksi.

    1. @Made :: kan diatas sudah dijelaskan caranya, tinggal ikuti langkah demi langkahnya.

  29. Mba misalnya lalu aku udh pernah mendaftar pke nomor lama,trus mw gnti ke nomor yg bru gmn?
    mohon bantuannya

    1. @Dicky :: agan bisa coba hapus dulu nomor lama untuk diganti dengan nomor baru lewat Google Wallet _http://sitisyarah.info/tidak-ada-pilihan-telkomsel-billing-di-playstore/

  30. Bertanya lg mba,klw misalnya mw ubah metode pembayaran ke akun lain gmn?krena akun punya sy ad dua

    1. @Dicky :: agan tinggal logout dari akun yang sekarang, kemudian login kembali menggunakan akun yang lain.

    1. @Dian :: untuk beli aplikasi iPhone saat ini hanya bisa pakai Kartu Kredit atau iTunes Gift Card. Namun bila agan punya rekening BNI agan bisa coba menggunakan VCN BNI untuk membeli aplikasi dari App Store.

    1. @Ranii :: Coba sis pakai satu sim card saja semisal Telkomsel atau Indosat. Bila tetap tidak muncul, bisa coba membuat akun playstore yang lain tapi dengan biodata yang sesuai.

  31. Min saya pake indosat hp xiaomi dual sim , yg dipake cuman sim 1 indosat , pas saya mau pembelian apk smule sing VIP lewat pulsa kok gini terus “tidak bisa memverifikasikan akun anda . Coba lagi nanti” kenapa yah?

    1. @Ardhi :: itu artinya nomor agan memang belum diverifikasi, pastikan saat mengaktifkan metode Penagihan Indosat di Playstore agan telah melakukan verifikasi sms ke 99091

  32. Assalaamu’alaikum
    kak mau nanya, kan saya nge-remove metode pembayaran dengan pulsa telkomsel berapa kali gitu, saya nge-remove nya lewat pc, pas saya mau atur lagi (mau nge-aktifin pembayaran lewat pulsa telkomsel) lewat hp, kok tulisan untuk pembayaran lewat pulsa telkomsel ngga ada lagi ya kak (hilang)?
    tolong solusinya πŸ™‚
    terimakasih

    1. @Anggitahp :: Sis bisa coba menggunakan operator lain seperti Indosat atau XL, setelah bisa menambahkan operator lain nanti sis bisa berpindah lagi pakai Telkomsel sebagai alat pembayaran di Playstore.

  33. Gan mohon pencerahan nya. Saya mau bayar kok tidak bisa trus ya? Memverifikasi coba lagi trus. Udah di klik berpuluh puluh kali tetep aja gak bisa. Knpa ya?

    1. @Faishal :: agan bisa coba untuk menggunakan nomor lain terlebih dahulu semisal Indosat atau XL

  34. Gmna nih q dah ikuti petunjuknya dgn hapus data pada play store dan layanan google play tp tetap gak muncul jg menu pembayaran enable telkomsel billing pada google play

  35. kalau saya buka play store > akun saya > metode Pembayaran > namun tidak muncul Enable Telkomsel Billing itu bagaimana solusinya ? HP saya smart frend andromax ( CDMA-GSM ) CDMA smartfrend | GSM TELKOMSEL

    1. @Frengky :: masalah agan bisa disebabkan karena kartu telkomsel tidak diletakan pada SIM1 di hp Androidnya.

  36. Kartu saya pake xl sma telkomsel… ane aktifin paket data d telkomsel… mw beli app muncul “use telkomsel billing” bukan “enable telkomsel billing” tapi pas dia kirim sms verifikasi 99477 muncul “the account verification sms could not be sent”
    Udh ane pake cara2 clear data & cache + masuk k wallet.google.com tetap ga bisa… itu solusi gmana ya?

    1. @Bayu :: sudah dicoba untuk menggunakan akun Playstore lain? pastikan saat membuat akun playstore agan memasukan data yang sesuai dan memilih negara Indonesia.

  37. Ko pas mau beli ada tulisan begini “You have insufficient balance,please top up your mobile account” kenapa ini ?

    1. @Sandi :: artinya pulsa agan tidak mencukup untuk melakukan pembelian di Playstore.

  38. Kalau di suruh rubah metode pembayaran .. gmn solusi nya
    Soalnya.. saya mau pakai pulsa aja

    1. @Iam :: Caranya seperti diatas untuk mengaktifkan pembayaran di Playstore pakai pulsa.

  39. @sitisyarah.info ada peringatatan dari IAI, bahwa metode ini tidak bisa melakukan pembayaran.
    Mohon bantuannya, saya mau membeli paket vip pada salah satu aplikasi penyedia di play store.

    1. @Ivan :: apabila sistemnya berlangganan tidak akan bisa pakai pulsa, harus menggunakan kartu kredit.

  40. Mau tny aja…apakah transaksi pembayaran pulsa telkomsel ada limitnya untuk beli di google play.. utk game INVASION..selalu muncul you have or will exceeded amount max of transaction..

    1. @Orlando :: apakah agan sering melakukan pembelian pakai pulsa di playstore? error yang agan alami bisa disebabkan karena agan telah mencapai limit pembelian yang diperbolehkan.

  41. Sist kok gak bisa belu coin sih? Padahal aku pakai tsel -,- tp gak ada metode pembayaran melalui pulsa

  42. di google wallet itu gaada pilihan pake telkomsel billing (yang masih unverified) jadi gimana dong

    1. @Naufal :: pastikan akun Playstore agan sudah terverifikasi dan agan memakai alamat negara Indonesia bukan negara lain.

  43. Saya Mau Membeli Aplikasi Tiba 2 Ada Tulisan Warna Merah:Metode Pembayaran Ini Tidak Dapat Digunakan Untuk Pembayaran Ini (IAI)

    Bagaimana Solusinya
    NB:Saya Pernah Membeli Apk Sblmnya nmun berhasil mengap skrng tdk?

    1. @Cio :: apakah yang akan agan beli sistemnya berlangganan? kalau iya, untuk saat ini berlangganan memang harus pakai kartu kredit tidak bisa pakai pulsa.

  44. mbak mau tanya
    Udah ikutin cara itu tapi ada tulisan tidak dapat memverifikasi akun anda. Tapi padahal semuanya udah benar dgn cara di atas. Mohon pencerahannya mbak
    Dan tidak ada gambar nomor 2 yg mengisi nama dan no telpon

    1. @Dewina :: Apabila akun playstore sis belum terverifikasi tentunya akan mengalami kegagalan ketika melakukan pembayaran pakai pulsa di playstore. Pastikan ketika membuat akun playstore, langsung lakukan verifikasi sms.

  45. Saya sudah verifikasi akun juga mbak ygada smsnya dari google, tp tetep gak bisa meskipun sudah bikin akun baru dan nomor baru tetap aja begitu. Kira kira itu gimana ya mbak?

    1. @Dewina :: kemungkinan ada gangguan dari pihak operatornya. Karena seharunya akun yang sudah terverifikasi sms bisa melakukan pembelian.

  46. mbak ini saya mau Verifikasi Akun buat Penagihan telkomsel kok selalu gagal ya ? Dan muncul kata “SMS verifikasi akun tidak dapat dikirim . Silahkan coba lagi” . mohon pencerahannya mbak

    1. @Ridho :: kalau akun agan tidak bisa di verifikasi tentu saja tidak akan bisa mengaktifkan penagihan telkomsel. Pastikan proses verifikasinya lancar.

      1. Cara memvertifikasi akun ke nomer telkomsel gmna min? Sebenarnya pertama saya pakai nomer yg beda truss nomer itu saya ganti dengan nomer telkomsel yg lain nahh trus saya hapus nomer yg lama di google wallet nah selanjutnya saya mau beli apk melalui bill telkomsel nahh saya menggunakan nomer yg baru namun tidak bisa gmna solusinya min?

  47. Permisi kak, kalo boleh tau kartu perdana nya memang harus telkomsel aja, gak bisa yang lain gitu? Soalnya aku pake kartu tri dan gak ada enable billing tri? Apa memang cuman kartu yang udh diakui aja? Mohon bantuannya πŸ™‚

    1. @Egi :: agan bisa coba Indosat atau XL selain Telkomsel, untuk Tri kayaknya belum bisa.

  48. Ka aku mau tanya deh kan aku udah verif tapi habis itu gadisuruh ngisi biodata atau apa tiba-tiba udah aja gitu

    Tapi pas aku coba buat beli langganan sing smule gabisaaa ditolak katanya itu gimana ya?? Makasih:)

    1. @Rin Rin :: kalau Smule biasanya sistemnya berlangganan jadi engga bisa pakai pulsa harus pakai kartu kredit. Yang bisa pakai pulsa hanya aplikasi yang sekali beli alias tidak berlangganan tiap bulan.

  49. Salam…
    Saya sudah mencoba banyak cara tpi gagal.. kesalahan mungkin pada handphone saya (xiaomi mi3). Mohon solusinya..

    1. @Restu :: sangat kecil kemungkinan bila error pada hp-nya, tapi agan bisa coba untuk mengaktifkan dulu metode pembayaran pakai pulsa di hp lain terlebih dahulu, setelah nanti berhasil memasukan metode pembayaran pakai pulsa, kemudian agan bisa coba memindahkan lagi kartu dan akun google-nya ke hp xiaomi yang sekarang. Jadi, hp lain tersebut hanya dipakai sebagai media untuk mendaftarkan nomor pembayaran di Playstore saja.

  50. Sekedar berbagi info, direct billing Telkomsel sudah tidak mendukung app-in purchase yang berbentuk subcription (pembelian yang dilakukan otomatis tiap bulan) sejak bulan februari kemarin. XL, dll masih bisa.

  51. Kak mau tanya kok aku tulisannya bukan ENABLE TELKOMSEL BILLING , tapi USE TELKOMSEL BILLING.. itu aneh . Itu berpengaruh ga sih sama verifikasi ? Soalnya aku udah berkali2 coba verif akun selalu gagal dan di suruh coba lagi nanti. Tolong kasih pencerahannya . Aku lagi kebingungan sendiri nih. Hehe. Thank you before.

    1. @Dian :: sebenarnya sama aja, apabila proses verifikasi gagal terus ada kemungkinan operatornya sedang bermasalah.

  52. tolong bantuannya saya mau udah pernah beli gems pake telkomsel billing tapi sekarang ada tulisan your mobile payment service isn’t available now. Please try again later or contact your provider apakah gangguan atau?

    1. @Yessy :: itu artinya bahwa pembelian di game tersebut harus menggunakan kartu kredit tidak bisa pakai pulsa lagi.

  53. Permisi sist mau tanya, saya sudah ikutin langkah2 yg remove dlu ke Google wallet, kemudian hpus data playstore, trus saya coba pilih metode pembayaran Telkomsel, tp setelah saya klik setuju tidak diminta masukkan nomor, tiba2 langsung terpilih saja metode pembayaran itu, padahal saya mau ganti no dg +62 di depannya, thx

    1. @Arrifqi :: Setelah menghapus metode pembayaran di Google Wallet, agan coba untuk menambahkan metode pembayaran via Google Play Store, pastikan kartu yang akan dipakai sebagai metode pembayaran dipasang di SIM1

  54. Gak sengaja malah kepencet cancel,, bukan sendiri,, jadinya sekarang saya gak bisa verifikasi,, gimana ya sisi

    1. @Riska :: hapus dulu nomor yang dipakai sekarang via Google Wallet kemudian sis bisa menambahkan ulang nomor tersebut sebagai alat pembayara di Play store.

  55. Hpku tetep aja nggak bisa buat beli aplikasi sis..pdhl sudah ngikuti cara yg kyak diatas itu. Mohon solusinya. Matursuwun πŸ™‚

    1. @Zarlasi :: keterangan errornya bagaimana? terus apakah agan sudah coba menggunakan kartu sim card dari operator lain terlebih dahulu? juga pakai akun play store yang baru?

  56. Saya tidak punya pulsa tapi saya iseng pecet tagihan akun indosat . terus bisa. Saya beli iap sampai 500.000 apakah indosat akan menagih saya??

    1. @Hans :: Kalau pulsa tidak mencukupi seharusnya transaksi akan gagal, tetapi kalau agan menggunakan kartu pasca bayar, tentu saja akan masuk tagihan indosat.

  57. Mbak saya baru beli diamond game cryisis harga nya 137 ribu. sudah saya beli,tetapi kenapa diamond nya gak bertambah, padahal sudah di smsin bahwa anda sukses. tetapi diamond saya tidak betambah itu kenapaya 1lagi ada sms dari 99477 katanya dcb_association itu kenapa ya

    1. @Jamil :: Coba di komplain ke cs operator yang agan pakai kemungkinan ada error dari pihak operatornya.

    1. @Indy :: Sis bisa coba untuk membuat akun Playstore baru dengan data yang lebih lengkap dan memakai alamat Indonesia.

  58. Dear siti syarah

    Saya mau membeli gems coc pakai pulsa ko gagal terus . Di situ ada tulisan tagihan melalui akun pulsa telkomsel tidak valid …
    Emang sih awalnya saya beberapa kali salah memasukan pasword akun saya karena saya lupa . Tapi paswordnya udah saya ganti . Buat login ke akun google yang lain ajah lancar tapi ko buat beli aplikasi lewat google play tetep gga bisa yah .. mohon bantuannya …

    Terima kasih ..
    Artian ..

    1. @Artian :: agan sudah coba untuk menggunakan operator lain terlebih dahulu semisal Indosat, atau sekarang agan bisa coba pakai Kode Voucher Google Playstore yang bisa dibeli dari Indomaret terdekat di kota agan, sehingga proses pembayaran lebih mudah dan dijamin berhasil bila pakai voucher.

    1. @Arga :: masa sih? agan sudah pakai Google Play Store versi terbaru? juga akun playstore agan sudah memakai alamat Indonesia?

  59. Saya coba beli GEMS coc, tapi di metode pembayaran yang keluar malah akun email kantor, gimana ya cara mengganti akun di metode pembayaran sesuai akun pribadi yang saya daftarkan di playstore/Google wallet?

    1. @Anwar :: Coba agan email kantornya di hapus dulu di handphonenya, setelah itu lakukan clear data dan cache pada aplikasi Play Storenya.

    1. @Muhammad :: apalah pulsa agan mencukupi? biasanya pembayaran ditolak karena pulsa tidak mencukupi. Juga bisa disebabkan karena alamat akun playstore agan bukan Indonesia.

  60. Min kenapa ya saat klik bill telkomsel tulisannya tidak dapat vertifikasi akun anda coba lagi nnti itu solusinha gmna min saya mau beli apk

    1. @Mergo :: ada kemungkinan operator yang agan pakai sedang bermasalah atau mengalami gangguan. Selain itu pastikan bahwa alamat di akun agan sudah memakai negara Indonesia bukan negara lain.

    1. @Momogi :: ada kemungkinan operatornya sedang bermasalah, atau agan bisa coba menggunakan nomor dari operator lain terlebih dahulu.

    1. @Dul :: ada beberapa kemungkinan 1. akun agan tidak memakai alamat Indonesia; atau 2. operatornya sedang bermasalah

      1. hmmm kalau pakai kartu tri bisa ga ??? terus playstore ku sdh dlm bentuk versi baru jadi gada kolom enable indosat billing ?? trus gmncara beli app klu gada kolom enable indosat billing nya yah ??

  61. Kan udh aktifin payment telkomsel Kok pas cek di account trus ke payment method ada tulisan your mobile payment sevice isn’t available.try again later or contact your mobile operator padahal sebelum sebelumnya normal beli apa aja bisa tapi tiba tiba begitu,udh nyoba buat akun baru msh gitu billing telkomselnya

    1. @Hanif :: Kemungkinan adalah masalah dengan operator yang agan pakai, sudah dicoba untuk memakai operator lain terlebih dahulu semisal Indosat Ooredoo ataupun XL/ Axis.

  62. Saya sudah tlp k operator telkomsel. Nomer saya tidak bermasalah. Saya sudah hapus chace data segala macem. Sampai google wallet juga. Tapi tetap tulisannya tidak dapat mengirim sms verifikasi. Itu kenapa ya. Salah dimananya

    1. @Agus :: Agan harus coba terlebih pakai akun baru dan juga nomor baru dari operator lain.

        1. @Aria :: bisa, agan dapat menggunakan operator lain seperti Indosat Ooredoo ataupun XL/Axis

  63. kak, saya udh melakukan semua cara di atas, pas verifikasi akun, malah langsung ada tulisan simpan, kok ga ada masukin nomor hp dsb? dan juga pas beli game di blng pulsa ga cukup, padahal pulsa saya banyak, mohon solusinya

    1. @Erviyanti :: apakah sim yang mbak pakai sudah di letakkan di SIM1? apabila masih tetap error, coba gunakan akun Playstore lain dan sim card dari operator lain terlebih dahulu untuk mengetesnya.

  64. Kak,artikelnya bagus…tapi saya mengalami kendala…saya sudah verif no telkomsel saya ke playstore billing…tapi tiap melakukan pembelian selalu muncul peringatan “pulsa anda tidak mencukupi” padahal pulsa saya sudah sangat mencukupi…misal dalam hal pembelian 26.100,- pulsa saya 50.000,- tapi tetap mendapat peringata pulsa tidak mencukupi…dan saya sudah mencoba ketiga solusi yang kaka tulis di halaman blog kaka yang saya scroll scroll …juga tetap tidak berfungsi…mohon penerangannya ka..

    1. @Fins :: Coba hapus dulu nomor yang dipakai sekarang, kemudian ditambahkan ulang. Juga agan bisa coba untuk menggunakan nomor dari operator lain terlebih dahulu, normal atau tidak, takutnya operator yang saat agan pakai sedang bermasalah atau gangguan sehingga selalu gagal melakukan pembelian dari Playstore.

      1. kalaw boleh tau, untuk sekarang ini operator dari kartu apa kak yang bagus untuk metode pembelian aplikasi dari google play store??
        saya lihat, banyak keluhan dari operator simpati….
        mohon pencerahannya….

        1. @Embun :: Sebenarnya pakai operator mana saja juga sama kok, baik itu Indosat Ooredoo, XL/Axis ataupun Telkomsel.

  65. Gan kok pas mau beli film di google play kok gak bisa..??? Tulisannya gini “SMS verifikasi akun tidak dapat terkirim. Silahkan coba lagi” bagaimana saya gak tahu

    1. @Reyno :: ada masalah dengan nomor yang agan pakai saat ini, coba gunakan nomor dari operator lain terlebih dahulu.

      1. saya juga bermasalah seperti itu.. sudah ganti dengan kartu lain tapi tetap sasja muncul tulisan “sms verifikasi akun tidak dapat dikirim. silakan coba lagi” lantas bagaimana,?

        1. @Wahyu :: Ada kemungkinan operator yang agan pakai sedang bermasalah atau gangguan, sudah dicoba menggunakan operator lain terlebih dahulu?

        1. @Aditia :: yups, kecuali apabila ingin cepat selesai agan bisa coba menggunakan kartu dari operator lain terlebih dahulu.

    1. @Zakisaja :: Seharusnya error tersebut muncul ketika agan terlalu sering melakukan pembelian di playstore sampai mencapai batas maksimal. Tunggu beberapa hari, apakah normal kembali atau tidak.

  66. kk kasih saran la gmna tu kok mau beli diamond atau aplikasi mngirim sms verifikasi,masuk memang sms nya tpi di acak” huruf nya,kyak kode gtu trus pun gk tau di bwwk kmna kode tu.
    kasih saran dong kk?

    1. @Wien :: diacak bagaimana? soalnya baru sekarang ada sms yang diacak seperti yang dialami oleh agan. Solusinya, coba lakukan proses verifikasi ulang/ konfirmasi.

  67. maksut saya kode nya di acak kk,hehe

    punyak saya udh bisa beli,rupnya kalo mau melakkukan transaksi harus 1 kartu jgn menggunakan 2 krtu,kmren krtu di hp saya 2 bisa tpi semenjak minggu ni transaksi 2 kartu tdk bisa,dan mlam kmren kwan saya gtu juga menggunakan telkomsel dgn indosat di krtu nya sama dgn saya,kami sama se x tdk bisa pdhal sebelum nya sudah bnyak kami beli diamond atau apilkasi lain nya,trus pas tdi pagi kwan saya bisa lakkukan transaksi,krtu nya satu cuman telkomsel trus sya kluarin krtu indosat saya lngsung bisa terbeli kk hehehe sekedar info buat kwan” yg lain juga. trimaksih

  68. Kok pas saya lagi mau verifikasi ada tulisan ” kesalahan ”
    “Tidak dapat memverifikasi akun anda. Coba lagi nanti” dan pesan itu selalu datang

    1. @Achmad :: Coba test menggunakan akun Playstore dan kartu dari operator lain terlebih dahulu normal tidak? Masalah yang agan hadapi biasanya karena ada kendala dari pihak operatornya.

      1. Cara merubah data di akun play store gimana yah ? Atau ganti no hp ?
        Mohon bantuannya

  69. Kak kok di account google play saya ga ada enable telkomsel billing ya?
    Cuma reedem code sama credit card aja -_-

    1. @Rofi :: pastikan agan sudah menggunakan alamat Indonesia, pasang kartu SIM Telkomsel di SIM1.

  70. Kak, kok di playstore aku gaada pilihan “enable telkomsel billing” itu ya? :'(

    1. @Humaira :: SIM Cardnya sudah diletakan di sim1 belum? selain itu coba gunakan terlebih dahulu akun playstore baru dengan alamat Indonesia.

  71. Kak kalau tulisannya gini “Kesalahan, sms verifikasi akun tidak dapat dikirim, silahkan coba lagi”, itu gimana ?

    1. @Muhammad :: ada masalah dengan operator yang agan pakai, kemungkinan sedang gangguan.

  72. Mohon bantuanya…. saya coba melakukan pembelian di dalam aplikasi. selalu gagal dan ada notifikasi di sms dari 99477…. isinya
    DCB_Association:Y389…….. (kode angka dan huruf)….
    kalo spt ini salahnya dimana ya?? padahal coba beli buku langsung dari play store Berhasil…

    1. @Dony :: Ada kemungkinan aplikasi tersebut tidak mendukung pembayaran menggunakan pulsa gan, apalagi yang sifatnya berlangganan (subscribe)

Leave a Reply

Your email address will not be published.