Sim Card Tidak Terdeteksi di HP Android

Sang pacar ngomel dan marah karena SMS engga dibalas, bukannya kamu tidak ingin membalas sms sang pacar tapi pas kamu memasukan sim card ke hp Android malah tidak terdeteksi di Android, alhasil sms dari sang pacar pun tidak keterima. Bingung deh jadinya, padahal kemarin masih lancar-lancar, tapi hari ini pas kamu mencoba menyalakan hp Android malah no signal dan lebih parah lagi sim card tidak terdeteksi di Android, bagaimana dong solusinya?

Penyebab pertama sim card tidak terdeteksi di hp Android bisa disebabkan karena sim card kamu emang rusak. Yups, karena keseringan gonta ganti handphone alhasil chip sim cardpun menjadi rusak dan tergores. Solusinya chek kondisi chip yang berwarna keemasan di kartu sim kamu, apabila ada bekas goresan atau kotor, coba dulu untuk membersihkan sim card tersebut dengan kain yang lembut. Setelah dibersihkan coba kembali untuk memasukannya ke hp Android, ke detek atau tidak.

sim card tidak terdeteksi di Android

Kedua, bisa diakibatkan karena slot sim card di hp Android kamu longgar dan kotor. Yups, terlalu sering gonta ganti sim card di handphone Android akan menyebabkan slotnya menjadi longgar dan kotor, coba bersihkan slot kartu sim di hp kamu menggunakan kain yang bersih, juga pastikan bahwa kondisinya tinggal longgar ketika kamu memasukan sim card. Jika longgar, coba beri sedikit ganjal entah dengan sehelai kertas tipis atau plastik mika, agar sim card kamu benar-benar terpasang dengan pas tidak longgar.

Solusi ketiga, kamu bisa mencoba menggunakan sim card baru terlebih dahulu untuk mengecek kondisi handphone Android. Apabila sim card baru ini terdeteksi dengan baik oleh hp Android kamu, berarti masalah ada di kartu sim card lama kamu, tetapi apabila menggunakan sim card baru tetap tidak terdeteksi, maka masalah ada di hp Android kamu, bisa karena dudukan sim card longgar juga kotor atau masalah hardware lainnya.

Keempat, Apabila kamu menggunakan hp Android baru semisal oleh-oleh dari luar negeri dan ketika kamu memasukan kartu sim, tidak terdeteksi di hp Android tersebut, ini bisa disebabkan karena hp Android tersebut dalam kondisi lock alias terkunci. Seperti kita ketahui bahwa ada beberapa ponsel yang memang dibundling dengan operator tertentu, itu artinya kamu hanya bisa menggunakan kartu sim dari operator yang membudling hp Android tersebut. Solusinya kamu harus unlock hp Android tersebut terlebih dahulu agar bisa bebas menggunakan sim card apapun.

Setelah mencoba beberapa tips diatas, sim card tetap tidak terdeteksi di hp Android maka solusi terakhir adalah coba untuk melakukan proses hard reset Android atau mengembalikan Android ke setelan pabrik agar nantinya semua setingan di Android kembali ke awal seperti baru beli dari toko. Namun, sebelum melakukan hard reset ini, pastikan kamu telah melakukan backup kontak, foto dan data lainnya yang ada di ponsel Android kamu.

kartu sim tidak terdeteksi di android

Sudah melakukan factory default atau kembali ke setelan pabrik, sim card tidak terdeteksi juga di Android, maka sudah bisa dipastikan bahwa hp Android kamu mengalami kerusakan hardware, solusi terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membawa ke service center untuk diperiksa lebih lanjut.

Leave a Reply