Cara Menghapus Folder Aplikasi dan Game di HP Oppo Terbaru

Untuk kamu pengguna smartphone terbaru maupun type lama dari Oppo tentu pernah menemukan sebuah folder aplikasi dan game yang berbeda dengan folder lainnya dimana kita cukup sulit bahkan tidak ada opsi untuk menghapusnya secara langsung. Folder yang berisi aplikasi dan game bawaan dari Oppo ini tujuan awalnya adalah untuk mempermudah pengguna menemukan berbagai macam aplikasi yang menarik dan layak install di smartphone miliknya tersebut bahkan tanpa harus menggunakan akun Google sekalipun.

Sudah bukan rahasia lagi bila vendor ponsel pintar teranyar saat ini sudah menyertakan tempat alternatif untuk menginstall aplikasi dan game selain dari Google Play Store sebagai contoh pengguna Oppo tentu sudah mengetahui tentang Oppo App Store dimana kita bisa dengan cepat dan mudah menginstall berbagai aplikasi seperti WhatsApp, Instagram dan Facebook bahkan game terbaru untuk Android. Sedangkan pengguna Xiaomi sudah lama dilengkapi dengan Mi Store yang fungsinya sama persis seperti Google Play Store namun hanya tersedia khusus untuk pengguna ponsel dari Xiaomi.

Adanya game dan App Store bawaan dari vendor smartphone memang memberikan keuntungan tersendiri karena membuat penggunanya tidak tergantung kepada Google Play Store, selain itu kita juga bisa memakai ponsel pintar dari vendor tersebut tanpa harus memakai akun Google atau Gmail. Saat pertama kali membeli smartphone, kita bisa langsung menggunakannya tanpa harus lagi melakukan rutinitas seperti membuat akun atau login terlebih dahulu.

Namun disisi lain keberadaan app store di Android bawaan dari vendor ponsel tersebut seperti Mi Store atau Oppo App Store tak jarang justru membuat menu di ponsel kita penuh dengan aplikasi dan game yang tak diinginkan yang pada akhirnya membuat kita merasa tak nyaman karena terlalu banyaknya ikon aplikasi dan game di beranda Android kita. Seperti sudah disebutkan di awal tadi, pengguna Oppo tentu pernah merasa kesal dan ingin menghapus folder aplikasi dan game bawaan karena membuat penuh tampilan ikon di menu utama.

hapus folder aplikasi dan game di oppo

Sebenarnya untuk proses hapus folder game dan aplikasi di Oppo terbaru seperti seri F11 atau tipe yang lebih lama seperti Oppo F9 dan F7 sangatlah mudah namun tidak bisa dilakukan seperti menghapus folder biasa di Android. Langkah pertama adalah masuk ke menu Oppo App Store yang ada di beranda Android kamu, lalu pilih tab akun saya di bagian kanan bawah layar ponsel Android kamu.

pengaturan oppo app store

Langkah selanjutnya menghapus folder aplikasi bawaan dari Oppo adalah pilih menu Pengaturan dan kemudian hilangkan ceklis pada opsi folder aplikasi di layar beranda seperti tampak pada gambar di bawah ini.

cara menghapus folder game dan aplikasi di hp oppo

Setelah melakukan beberapa langkah singkat diatas, kini di layar beranda smartphone Android kamu tidak akan ada lagi folder game dan aplikasi bawaan dari Oppo sehingga membuat tampilan menu di Android lebih rapi dan nyaman untuk dilihat.

menghilangkan folder aplikasi dan game di oppo terbaru

Sekali lagi, keberadaan app store bawaan dari vendor smartphone memang bisa memberikan keuntungan tersendiri namun di sisi lain, jika kita tidak teliti justru akan membuat smartphone Android yang kita pakai menjadi penuh dengan game dan aplikasi yang justru tidak kita inginkan. Solusi terbaiknya kamu harus rajin dalam mengatur dan merubah setelan default hingga nantinya tampilan dan kinerja Android bisa maksimal sesuai dengan keinginan kita.

Leave a Reply