Cara Mengganti Sidik Jari di HP Android Terbaru

Menggunakan sebuah smartphone baik itu yang bersistem operasi Android ataupun iOS dari Apple tentu saja harus dibarengi dengan kepintaran atau smart dari penggunanya sehingga nantinya bisa memanfaatkan semua fitur dan menu yang ada di handphone pintar tersebut dengan maksimal. Jangan sampai kamu sudah memakai OS terbaru seperti Android 10 atau iOS12 tapi ternyata hanya sedikit saja fitur yang kita manfaatkan, smartphone hanya dipakai untuk sms dan kirim WhatsApp saja sambil sekali-kali dipakai nelpon tanpa pernah mau mencoba fitur penting lainnya yang sangat berguna untuk membantu semua aktivitas sehari-hari kita.

Empat atau lima tahun lalu sebuah smartphone dengan fitur fingerprint sangatlah jarang dan termasuk ke smartphone dengan harga yang lumayan mahal. Saat itu untuk menjaga keamanan smartphone kita dari tangan yang tidak berhak terbatas hanya memakai pola ataupun passcode, yang tak jarang kita sendiri sebagai pengguna smartpone tersebut malah seringkali lupa dengan pola yang telah kita buat. Namun kini, ada banyak cara untuk mengunci smartphone mulai dari face unlock dan tentu saja yang sudah sangat umum adalah menggunakan sidik jari atau fingerprint.


Fitur fingerprint di sebuah smartphone saat ini sudah merupakan fitur standar yang wajib ada, bahkan untuk hp Android dengan harga yang murah dibawah satu jutaan. Kita bisa mudah kunci Android dengan Sidik Jari disamping menggunakan passcode. Kelebihannya fingerprint di Android adalah kita tidak harus mengingat pola atau passcode karena cukup menggunakan jari tangan kita sendiri untuk membuka kunci yang aktif di smartphone yang kita pakai, praktis dan tentunya lebih cepat dibandingkan kita harus membuat pola atau memasukan passcode.

Menambah atau mengganti sidik di hp Android seperti Xiaomi, Oppo ataupun Vivo juga tidaklah sulit karena bisa lakukan dengan beberapa langkah mudah. Sudah bukan rahasia lagi, bila di sebuah smartphone dengan fitur fingerprint kita bisa menambahkah beberapa sidik jari sesuai dengan kebutuhan. Khusus untuk kamu yang baru saja membeli sebuah hp Android baru ataupun second dan ingin menambahkan atau ganti sidik jari di Android, silahkan ikuti langkah mudah berikut ini.

Pertama, untuk proses menambahkan data sidik jari di Android masuk ke menu Pengaturan atau setelan di smartphone kamu tersebut selanjutnya tap pada Keamanan dan Lokasi. Karena kita akan mengatur fingerprint di Android maka pilih didik jari, untuk lebih jelasnya kamu bisa lihat pada gambar di bawah ini.

cara ganti sidik jari di Android

Kedua, pada layar berikutnya kita bisa langsung memilih opsi untuk menambahkan sidik jari kemudian kamu hanya perlu mengikuti setiap langkah yang diminta yakni menempatkan jari tangan yang diinginkan ke bagian fingerprint di hp Android kamu. Pastikan kamu melakukan setiap perintah yang diminta dengan baik dan benar agar nantinya sidik jari kamu bisa terdata dengan benar di smartphone tersebut.

cara tambah sidik jari di fingerprint android

Setelah berhasil menambahkan sidik jari sesuai dengan yang diinginkan, mungkin saja kamu tidak membutuhkan data sidik jari lama yang aktif di smartphone tersebut. Selanjutnya untuk mengganti sidik jari di fingerprint Android kamu bisa menghapus data sidik jari lama dengan memilih icon hapus.

hapus sidik jari di hp Android

Jangan khawatir kamu juga bisa kok tidak menghapusnya karena seperti dijelaskan diatas bahwa di setiap smartphone entah itu Android atau iPhone kita diberi kesempatan untuk menambahkan beberapa buah data sidik jari sesuai dengan yang diinginkan. Kamu bisa menggunakan jari di tangan kiri dan kanan untuk proses fingerprint sehingga nantinya bisa dengan menggunakan smartphone tersebut dengan salah satu tangan, tanpa perlu ribet harus membuka terlebih dahulu sidik jari menggunakan tangan lainnya. 

Apabila smartphone yang kamu gunakan juga sudah mendukung fitur keamanan lainnya seperti face unlock ada baiknya kamu mengaktifkannya juga agar lebih efektif dan praktis saat menggunakan smartphone tersebut. Namun perlu diingat agar keamanan smartphone kamu lebih terjaga, jangan lupa untuk pilih passcode yang sulit untuk ditebak oleh orang lain. Hindari memakai kombinasi angka tanggal dan tahun lahir, ataupun nomor rumah dan data lainnya yang mudah ditebak oleh orang lain, karena seperti kita ketahui sebelum bisa mengaktifkan fitur fingerprint ataupun face unlock, kita tetap harus menggunakan passcode.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest