Android Cepat Panas dan Lemot

Baru dipakai internetan dan BBM-an selama setengah jam saja, Android kamu sudah panas dan lemot. Memang sangat menyebalkan bila Android yang sering kita pakai cepat panas ditambah lagi semakin lemot dari hari ke hari. Bagaimana solusi Android lemot dan cepat panas? Apakah harus ganti handphone? Kalau ganti handphone apakah ada jaminan handphone Android baru kamu tidak akan mengalami masalah yang sama?

Android cepat panas dan lemot bisa disebabkan karena terlalu banyaknya aplikasi yang berjalan di background, solusinya adalah cek apakah kamu menjalankan banyak aplikasi atau game? Cara ceknya cukup mudah  yaitu cukup tekan tombol Home beberapa saat, sehingga akan muncul Task Manager yang berisi aplikasi dan game apa saja yang sedang berjalan. Sebaiknya hentikan saja (dengan cara geser ke arah kiri) aplikasi yang sudah dipakai.

Solusi Android Cepat Panas

Android lemot dan cepat panas juga bisa disebabkan karena ada setingan yang selalu aktif padahal tidak diperlukan. Semisal Hotspot Wifi selalu aktif, Bluetooth selalu ON, Sinkronisasi real time dan juga GPS yang aktif terus padahal tidak pernah kita pakai. Coba buka Quick Setting (Slide dari atas notifikasi bar ke bawah) untuk menampilkan quick setting dan kamu non aktifkan setingan yang emang tidak perlu.

Solusi Android Lemot

Dalam contoh diatas GPS, Bluetooth, Hotspot, Sinkronisasi  dan kecerahan layar (otomatis) selalu aktif padahal tidak diperlukan, jadi biar Android kamu tidak lemot dan cepat panas sebaiknya nonatifkan setingan diatas menjadi seperti di bawah ini.

Android Lemot dan Cepat Panas

Biar Android tidak lemot, ada baiknya kamu juga hapus aplikasi dan game yang jarang dan bahkan tidak pernah digunakan. Karena meski tidak pernah digunakan, terkadang aplikasi tersebut bisa aktif di background kapan saja hanya untuk memberikan notifikasi yang tidak penting.

Lakukan Wipe Cache Partition di Menu Recovery seperti di bawah ini. Jangan khawatir Wipe Cache Partition tidak akan menghapus data apapun di Android kamu.

Tips Mengatasi Android Lemot dan Cepat Panas

Khusus yang Android sudah di Root, Install Aplikasi NoBloat untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak diperlukan. Seperti kita ketahui, ketika membeli sebuah handphone Android, kita bakal menemukan berbagai macam aplikasi yang aneh dan terkadang tidak diperlukan. Pas mau dihapus di manager aplikasi tidak karena aplikasi tersebut merupakan aplikasi bawaan system. Nah, untuk menghapus aplikasi bandel yang tidak bisa dihapus, kita gunakan aplikasi NoBload untuk uninstall/ hapus aplikasi bawaan android tersebut.

Solusi Android Lemot dan Cepat Panas

Tips lain agar Android kamu tidak lemot dan cepat panas, sebisa mungkin gunakan koneksi Wifi dibandingkan dengan koneksi 3G atau HSDPA. Dengan menggunakan koneksi Wifi dan menonaktifkan 3G/HSDPA maka Android kamu tidak akan bekerja terlalu ekstra.

Leave a Reply