Apakah WhatsApp Bisa Aktif Tanpa Sim Card

Kehadiran WhatsApp memang telah membuat pengguna Smartphone entah itu Android atau iPhone seakan lupa dengan fitur sms dan nelpon yang harus selalu membutuhkan pulsa. Bagaimana tidak, cukup dengan koneksi internet baik itu seluler atau Wifi, kita sudah bisa berkomunikasi teks sebagaimana layaknya sms namun dengan dukungan fitur yang lebih canggih seperti kirim dokumen, file foto dan berkas lainnya. Tak hanya itu, kita juga bisa kirim voice chat dan tentu saja nelpon yang tidak lagi membutuhkan pulsa.

Maka tidak mengherankan bila kemudian WhatsApp sudah dianggap sebagai aplikasi penting yang harus dimiliki agar kita bisa tetap berkomunikasi dengan teman, rekan kerja dan keluarga. Hal pertama yang ditanyakan saat kita bertemu dengan teman lama, adalah nomor WhatsApp yang bisa dihubungi agar nantinya bisa terus berkomunikasi baik lewat japri atau grup WhatsApp. Dibandingkan dengan aplikasi Chat lainnya, WhatsApp memang memiliki satu kelebihan yakni pengguna bisa langsung memakai nomor hp yang aktif untuk daftar WhatsApp tanpa lagi harus pakai email dan username.

Jangan salah, WhatsApp juga bisa digunakan tanpa kartu sim di hp, ini artinya meski sim card nomor handphone yang dipakai di WhatsApp tidak digunakan seperti cuma disimpan di laci meja atau di tempatnya lainnya, kamu tidak usah khawatir karena teman, atau rekan kerja masih tetap bisa kirim pesan, nelpon via WhatsApp ke nomor sim card tersebut. Selama kamu tidak logout, maka akan tetap dianggap bahwa nomor tersebut masih tetap aktif dan sedang login ke WhatsApp.

Tidak hanya itu, bahkan banyak sekali terjadi nomor yang digunakan di WhatsApp telah hangus dan masa aktifnya telah habis, meski demikian nomor tersebut masih tetap bisa aktif di WhatsApp selama kita tidak logout. Kesimpulannya adalah bahwa nomor sim card yang dipakai di WhatsApp tidak harus selalu dipakai di hp tersebut tapi bisa digunakan di hp lain dan tidak dipasang di handphone apapun. Nomor hp hanya dipakai untuk login pertama kali saat kita menggunakan WhatsApp.

whatsapp tanpa kartu sim di hp

Bisakah Daftar WhatsApp Tanpa Kartu SIM?

Jawabannya jelas tidak bisa karena proses login atau daftar WhatsApp membutuhkan kode konfirmasi yang dikirim lewat SMS ke nomor yang akan didaftarkan tersebut. Tanpa adanya kode konfirmasi tersebut maka proses login atau daftar WhatsApp tidak akan berhasil. Jadi keberadaan sim card hanya dibutuhkan waktu pertama kali daftar atau login WhatsApp, setelah itu maka kita tidak lagi membutuhkan sim card tersebut kecuali apabila suatu hari nanti kita ganti hp, maka kartu sim tersebut akan dibutuhkan kembali untuk proses login.

Apabila kamu telah berhasil login atau daftar WA dan bisa berkomunikasi dengan teman atau rekan kerja maka selanjutnya WhatsApp bisa tetap aktif tanpa sim card. Sebagai contoh, kamu bisa langsung mengganti kartu sim di hp Android dengan sim card dari operator lain yang cuma digunakan untuk berlangganan paket internet yang lebih murah. Meski di kemudian hari kamu gonta ganti sim card di smartphone atau iPhone tersebut, nomor WhatsApp akan tetap sama yakni pakai nomor yang pertama.

Saat kamu menggunakan sebuah nomor di WhatsApp sebaiknya jaga baik-baik nomor tersebut, jangan sampai masa aktifnya habis. Meski sim card dari nomor tersebut tidak dipasang di hp, sebaiknya tetap isi pulsa secara rutin agar masa aktifnya terus bertambah, karena jika suatu saat kamu ganti hp atau melakukan format ulang hp ke factory default maka sim card tersebut akan kembali dibutuhkan untuk menerima kode konfirmasi yang dikirim lewat sms saat kita akan login ke WhatsApp.

Bila kamu tidak ingin lagi memakai nomor tersebut sebaiknya lakukan proses ganti nomor HP WhatsApp agar nantinya akun tetap sama tapi nomor berubah sehingga kita tidak kehilangan grup WA, riwayat chat sampai daftar kontak yang selama ini kita pakai. Prosesnya tidak sulit kok, yang terpenting pastikan nomor lama dan baru keduanya aktifnya, untuk proses konfirmasi lewat sms bahwa kamu benar-benar pemilik nomor tersebut.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest