Fungsi Arsip Instagram Yang Jarang Diketahui

Pernahkah kamu ingin melihat kembali story atau cerita Instagram yang pernah kamu buat beberapa minggu yang lalu? atau ada kalanya kita ingin sebuah foto yang pernah di posting tidak lagi muncul di timeline Instagram kita, tapi kamu juga tak ingin menghapusnya?

Tenang saja semua keinginan kamu diatas bisa kok diwujudkan kok dengan beberapa langkah mudah berkat adanya menu arsip di Instagram. Bila kamu belum tahu dan tak pernah menggunakan fungsi arsip di Instagram, saatnya untuk mencoba.

Fitur arsip di Instagram bukanlah hal baru karena sudah cukup lama ada. Sesuai dengan namanya, arsip yang fungsinya tentu saja menyimpan semua foto yang pernah kita posting di Instagram. Asal kamu tahu, menu arsip di IG ini hanya bisa dibuka oleh akun yang bersangkutan, jadi tidak bisa dilihat oleh pengguna Instagram lainnya.

Arsip di Instagram bisa dibedakan menjadi dua macam yakni arsip story atau cerita yang pernah kita buat dan arsip foto yang pernah kamu posting di IG.

Khusus untuk menu Arsip cerita, syarat utamanya adalah kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu opsi Simpan ke Arsip di menu Pengaturan Instagram – Privasi lalu pilih Cerita.

fungsi arsip di instagram

Setelah mengaktifkan opsi arsipkan cerita maka secara otomatis saat kita membuat sebuah story atau cerita di IG, akan disimpan di arsip yang bisa kita lihat kembali di lain waktu. Masuk ke menu Arsip lalu ubah ke Cerita.

fungsi archive di ig

Di Arsip Cerita Instagram kamu bisa melihat kembali semua story yang pernah dibuat, lengkap dengan tanggal, jam dan tentu saja jumlah orang yang melihat cerita yang kita buat tersebut.

Arsip Instagram yang kedua adalah arsip postingan, ini khusus untuk kamu yang tidak ingin menghapus foto yang pernah di posting di IG, namun juga tidak ingin orang lain melihat foto tersebut di timeline kamu. Solusinya adalah menyimpannya ke arsip agar tidak hilang.

Caranya pilihan foto yang pernah kamu posting di Instagram, lalu di pojok kanan atas postingan tersebut tap opsi Arsipkan, seperti tampak pada gambar dibawah ini.

cara arsipkan postingan di Instagram

Fitur arsipkan postingan di Instagram ini tentu saja sangat berguna terutama bila kamu tidak ingin kehilangan sebuah foto momen penting dalam hidup kita, yang hanya ingin bisa dilihat khusus oleh kita.

Leave a Reply