Mengaktifkan Instagram Mode Gelap di iPhone

Tampilan smartphone yang lagi trend saat ini adalah dark mode, konon dengan tema gelap ini pengguna bisa lebih menghemat penggunaan baterai sehingga nantinya bisa lebih lama beraktivitas tanpa harus bawa powerbank. Di sistem operasi Android terbaru bahkan di iOS paling anyar yakni iOS13, kini kita bisa dengan mudah mengaktifkan mode gelap tanpa harus lagi memakai custom rom atau aplikasi tambahan dari pihak ketiga. Dari sisi tampilan, memang dark mode ini lebih nyaman digunakan dibandingkan kita memakai tema cerah biasa.

Seiring dengan dukungan sistem operasi baik itu iOS atau Android terhadap tema gelap ini, maka tak mengherankan bila kemudian berbagai macam aplikasi mulai dari Instagram, Gmail sampai Telegram telah menyediakan opsi atau pilihan tema gelap, tentu saja agar nantinya tampilannya bisa menyesuaikan dengan dark mode dari sistem operasi tersebut. Pengguna smartphone lebih nyaman karena tema gelap tersebut tidak hanya sebatas di menu pengaturan ataupun tampilan beranda saja tapi saat menggunakan sebuah aplikasi pun bisa terus menggunakan memanfaatkan mode ini.

Salah satu contoh adalah ketika Apple mulai menerapkan mode gelap di iOS 13 terbaru, maka berbagai aplikasi yang tadinya tidak dan belum menawarkan dark mode kini satu persatu mulai melakukan update dan menyediakan opsi untuk merubah tampilan ke mode gelap untuk menyesuaikan dengan tampilan mode gelap dari iOS13. Instagram misalnya, cuma berselang beberapa hari dari rilis resmi iOS 13, penggunanya kini bisa merasakan tampilan mode gelap di Instagram versi terbaru.

Untuk bisa menggunakan mode gelap di Instagram, pengguna diwajibkan untuk mengupdate aplikasi Instagram ke versi paling baru di App Store. Apabila kamu saat ini masih memakai IG versi lama, silahkan untuk melakukan pembaruan aplikasi tersebut ke versi terbaru. Lalu bagaimana untuk mengaktifkan Instagram mode gelap di iPhone dengan sistem operasi IOS13 ini? karena di menu pengaturannya ternyata tidak ada opsi dark mode?

cara mengaktifkan instagram mode gelap di iPhone

Jangan khawatir secara otomatis Instagram akan menyesuaikan tampilan sesuai dengan mode atau tema yang kamu pilih di iPhone tersebut. Pertama kamu harus mengaktifkan mode gelap di iPhone di menu Pengaturan – Tampilan dan kecerahan lalu dibagian paling atas pilih mode gelap seperti tampak pada gambar di bawah ini.

mengaktifkan mode gelap di iPhone

Apabila tampilan atau tema di iPhone kamu sudah berubah menggunakan dark mode, maka secara otomatis Instagram pun akan mengaktifkan mode gelap ini tanpa perlu lagi mengaktifkanya secara manual. Tampilan Instagram akan selalu menyesuaikan dengan tema kamu yang gunakan di iPhone tersebut. Sebagai contoh, apabila kamu merubah tampilan iPhone kembali ke mode terang atau biasa, maka Instagram akan sama memakai mode terang tersebut.

Khusus untuk kamu yang belum mengenal tentang dark mode tidak adalah mengetahui apa fungsi dan manfaat mode gelap di iPhone atau Android, agar nantinya tidak kebingungan saat akan mengaktifkan mode ini. Seperti dikatakan di awal tadi, bahwa salah kelebihan dari mode gelap ini adalah kita bisa lebih menghemat penggunaan baterai di samping dari sisi kesehatan, mata kita tidak akan cepat lelah ketika harus beraktivitas lama di depan layar smartphone.

Mode gelap saat ini sudah tersedia secara resmi untuk kamu yang menggunakan iPhone 6S sampai iPhone paling anyar dengan cara melakukan update sistem operasi ke iOS 13 baik lewat iTunes ataupun OTA Update. Sedangkan pengguna smartphone dengan OS Android, silahkan tunggu update OS terbaru dari vendor handphone tersebut, berbeda bila kamu membeli sebuah smartphone baru dengan sistem operasi Android 10 biasanya tema gelap ini sudah tersedia di menu pengaturan.

Leave a Reply