Fungsi Autentikasi Dua Faktor Instagram

Bagi pengguna smartphone baik itu Android atau iPhone tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Instagram dan WhatsApp. Keduanya seolah telah menjadi aplikasi wajib yang harus dimiliki agar kita bisa tetap update dengan berbagai macam info dan berita menarik. Di WhatsApp kita bisa berkomunikasi dengan teman dan kerabat sampai rekan kerja sampai berbagi info lewat Grup WA, sedangkan di Instagram sifatnya lebih umum lagi karena merupakan salah media sosial dimana semua informasi yang berkaitan dengan berbagai macam hal akan selalu ada dan mudah ditemukan di Instagram.

Informasi apapun yang kamu butuhkan dan ingin dapatkan bisa dengan cepat dan mudah kita peroleh di Instagram mulai dari hal serius yang berhubungan dengan pekerjaan sampai hal sepele sekedar kata-kata motivasi, kalimat ungkapan rasa cinta dan sayang ataupun bermacam tips dan trik yang berhubungan dengan teknologi dan ilmu pengetahuan lainnya. Untuk kamu yang merasa kagum dengan tokoh masyarakat, public figure tertentu ataupun orang terkenal lainnya, bahkan bisa dengan mudah mengikuti akun Instagram resmi mereka agar nantinya bisa selalu mengikuti aktivitas sehari-harinya.

Tak hanya itu, bahkan Instagram dan WhatsApp juga sangat berguna dan bermanfaat bagi mereka yang memiliki bisnis online. Mereka bisa mudah berkomunikasi dengan calon pelanggan lewat WA yang berhubungan dengan transaksi yang akan dilakukan, sedangkan lewat Instagram para pemilik bisnis online memiliki media yang cepat dan mudah untuk mempromosikan berbagai macam produknya ke pengguna Instagram yang tepat.

Memiliki sebuah akun Instagram kini seolah telah menjadi keharusan bagi pengguna smartphone, terlepas nantinya apakah mereka akan selalu update status atau mengunggah foto aktivitas sehari-sehari di story Instagram atau hanya sekedar digunakan untuk melihat dan mencari informasi yang dibutuhkan saja. Memang, meski kita memiliki akun Instagram, tidak ada aturan yang mengharuskan kita harus update status, karena ternyata banyak juga yang telah memiliki akun Instagram selama beberapa tahun tapi postingannya cuma satu atau bahkan tidak ada sama sekali.

Setelah memiliki sebuah akun Instagram, langkah berikutnya adalah kewajiban pengguna untuk menjaga agar akunnya tersebut tetap aman tanpa disalahgunakan oleh orang lain yang tidak berhak. Salah satu fitur keamanan yang akan menjaga akun Instagram kamu lebih aman adalah autentikasi dua faktor, yang merupakan fitur keamanan tambahan yang dibutuhkan saat kamu login atau masuk ke akun Instagram tersebut.

Secara default saat fitur autentikasi dua faktor tidak aktif, maka kamu bisa langsung masuk atau login ke akun tersebut dengan cara cukup memasukan email atau nama pengguna dan password yang benar. Berbeda bila fitur autentikasi dua faktor aktif, maka selain harus memasukan email dan kata sandi, kamu juga wajib memasukan kode verifikasi yang dikirim lewat SMS atau menggunakan Google Authenticator untuk proses autentikasi bahwa orang yang melakukan login tersebut adalah pemilik sah dari akun tersebut, bukan orang lain.

Dari penjelasan diatas, sudah cukup jelas bahwa fungsi autentikasi dua faktor tersebut adalah sebagai fitur keamanan tambahan yang akan menjaga akun Instagram kamu tetap aman karena nantinya proses login akan membutuhkan sebuah kode yang dikirim via sms disamping harus memasukan email dan kata sandi yang benar. Bila satu dari ketiga syarat utama tersebut tidak terpenuhi, misalkan kamu tidak bisa memasukan kode autentikasi dua faktor maka proses login tidak akan berhasil meski telah memasukan email dan kata sandi yang benar.

Mengaktifkan autentikasi dua faktor di Instagram sangatlah mudah yakni masuk ke menu Pengaturan Instagram pilih opsi Keamanan selanjutnya tap pada Autentikasi Dua Faktor untuk memulai langkah yang dibutuhkan agar fitur ini aktif di akun Instagram kamu.

fungsi autentikasi dua faktor instagram

Di langkah berikutnya kamu bisa menentukan media untuk proses mendapatkan kode autentikasi. Disini kamu bisa memilih SMS atau pakai aplikasi autentikasi seperti Duo Mobile atau Google Authenticator, tentu saja pilih sesuai kebutuhan.

cara mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor IG

Apabila kamu telah berhasil mengaktifkan autentikasi dua faktor di Instagram misalkan dengan memilih metode autentikasi lewat sms, maka mulai saat itu juga maka kamu akan membutuhkan kode keamanan tambahan saat melakukan proses login ke akun Instagram. Tanpa adanya kode autentikasi tersebut, maka sudah bisa dipastikan tidak akan berhasil login.

Leave a Reply