Mengatasi Masalah Android Aplikasi Tidak Menanggapi

Tentu kamu pernah mengalami masalah saat akan menjalankan sebuah aplikasi atau game Android, ternyata cuma loading terus yang pada akhirnya hanya muncul error sayangnya aplikasi telah berhenti atau tidak menanggapi alias kembali lagi ke menu utama. Sudah dicoba beberapa kali tetap saja muncul error seperti ini, yang pada akhirnya kamu jadi tidak bisa menjalankan aplikasi tersebut. Bagaimana sih solusi untuk mengatasi masalah Android aplikasi tidak menanggapi?

Apabila kamu mengalami masalah aplikasi tidak menanggapi di Android salah satu penyebabnya adalah karena terlalu banyak game dan aplikasi yang berjalan secara bersamaan sehingga membuat Android kamu menjadi berat atau kehabisan RAM karena itulah sebaiknya kamu rutin untuk menutup aplikasi yang pernah dijalankan di handphone Android. Agar aplikasi yang pernah kamu jalankan otomatis di tutup, di menu Opsi Pengembangan kamu bisa mengaktifkan jangan simpan kegiatan sehingga nantinya tidak akan ada aplikasi yang berjalan di latar belakang.

solusi android aplikasi tidak menanggapi

Penyebab kedua masalah error Aplikasi Android tidak menanggapi bisa disebabkan karena spesifikasi hp Android kamu rendah sedangkan aplikasi terbaru yang akan kamu jalankan membutuhkan specs yang tinggi, akibatnya Android kamu menjadi tidak mampu menjalankan aplikasi tersebut karena terlalu berat. Solusi terbaik untuk mengatasi masalah aplikasi yang berat ketika dijalankan adalah dengan menginstall versi lama dari aplikasi tersebut. Semisal, bila BBM terbaru sangat berat dan sering error tidak menanggapi, maka sebaiknya kamu gunakan dan install BBM versi lama yang lebih ringan di Android.

Masalah aplikasi Android tidak menanggapi atau berhenti juga bisa disebabkan karena memang aplikasinya bermasalah. Untuk mengatasinya kamu bisa coba untuk melakukan Hapus Data dan Cache di menu Pengaturan – Aplikasi cari aplikasi yang error kemudian lakukan Hapus Cache dan Data seperti di bawah ini. Dengan cara ini maka aplikasi tersebut akan kembali ke setelan pabrik atau default karena itulah sebelum melakukan langkah ini sebaiknya kamu backup dulu data penting di aplikasi tersebut.

aplikasi android tidak menanggapi

Memori internal Android kamu hampir habis juga bisa menyebabkan Aplikasi Android tidak menanggapi, seperti kita ketahui saat sebuah aplikasi dijalankan maka aplikasi tersebut akan memanfaatkan cache untuk mempercepat proses loading, nah ketika ruang penyimpanan habis, maka otomatis aplikasi tersebut tidak bisa membuat cache yang pada akhirnya muncul error aplikasi Android tidak menanggapi.

Leave a Reply