Kelebihan dan Fungsi Dark Mode di Android

Saat ini banyak sekali aplikasi Android yang sudah menyertakan fitur dark mode untuk penggunanya, bahkan di sistem operasi terutama Android Pie telah mulai diperkenalkan fitur ini yang tentunya menjadi kabar baik untuk mereka yang menyukai dark mode. Sebenarnya apa sih bedanya antara tampilan mode biasa dengan dark mode ini? Apakah cuma fitur biasa yang merubah tampilan antarmuka dari terang menjadi gelap ataukah memiliki fungsi dan kelebihan tersendiri?

Secara sederhana dark mode atau dalam bahasa Indonesianya disebut mode gelap adalah tampilan antarmuka dimana latar belakangnya berwarna gelap sedangkan teks tampilannya berwarna terang. Tentu saja mode ini tidak hanya sekedar kebalikan dari mode terang (normal) tapi juga memberikan beberapa kelebihan untuk penggunanya yang tidak ditemukan di mode biasa.

Salah satu kelebihan dari dark mode adalah tampilan menu di layar smartphone kamu menjadi lebih jelas sehingga kita bisa lebih fokus pada teks yang kita baca, ini tentunya bisa menghindari kita dari kesalahan membaca dan mengakses sebuah menu. Tampilan latar belakang yang berwarna gelap juga akan membuat mata tidak cepat lelah sehingga kita bisa beraktivitas lebih lama di depan layar smartphone entah itu sekedar untuk membalas pesan, akses sosial media maupun aktivitas lainnya. Itu berarti dari sisi kesehatan terutama mata, dark mode memberikan keuntungan tersendiri dibandingkan saat kita memakai mode terang biasa.

Konon tampilan dark mode di smartphone Android juga bisa lebih menghemat konsumsi daya baterai. Tak heran memang, karena dengan mode gelap itu artinya layar akan sedikit mengkonsumsi daya dibandingkan ketika layar terang, alhasil bukan tidak mungkin bila akhirnya dark mode ini akan lebih hemat baterai meski mungkin cuma beberapa persen saja.

Ada banyak aplikasi yang menawarkan mode gelap salah satu contohnya adalah di browser bawaan Android yakni Chrome. Untuk mengaktifkan dark mode di Google Chrome sangatlah mudah yakni masuk ke menu setelan lalu pilih Tema. Dari tiga opsi yang tersedia kamu bisa langsung pilih mode gelap. Kini tampilan Chrome kamu akan berubah menjadi dark mode.

cara dark mode di chrome android

Tak hanya di aplikasi Chrome, kamu bisa mengaktifkan mode ini beberapa aplikasi Google lainnya seperti Youtube. Langkahnya tidak sulit yaitu pertama jalankan aplikasi Youtube di hp Android kamu lalu akses menu Setelan – Umum, kemudian pilih opsi tema gelap agar nantinya tampilan di aplikasi Youtube menjadi dark mode yang akan membuat kamu lebih nyaman dan mata menjadi tidak cepat lelah.

mengaktifkan dark mode di aplikasi youtube android

Seperti telah dijelaskan diatas, saat ini dark mode tidak hanya terbatas pada aplikasi saja namun sistem operasi Android juga mulai memperkenalkan mode gelap terutama di Android 9 Pie. Di pengaturan masuk ke menu Tampilan lalu tema perangkat selanjutnya pilih tema gelap. Di beberapa custom rom resmi seperti MIUI, ColorOS atau ZenUI mungkin sedikit berbeda untuk mengaktifkan fitur dark mode ini.

Mengaktifkan dark mode di android pie terbaru

Setelah mengetahui secara singkat tentang fitur dark mode,  apakah kamu lebih memilih mode gelap atau bahkan mungkin mending bertahan memakai mode terang biasa? Bila kamu baru pertama kali menggunakan dark mode mungkin akan sedikit kaku, namun setelah beberapa jam bisa dipastikan kamu akan lebih memilih mode gelap ini.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest