Lima Layanan Uang Elektronik Terbaik di Indonesia

Penggunaan uang elektronik untuk transaksi non tunai ataupun online saat ini meningkat pesat, apalagi dengan hadirnya berbagai macam layanan elektronik yang banyak bermunculan sehingga pengguna menjadi banyak pilihan ketika akan mulai menggunakan uang elektronik. Semakin banyaknya UMKM, rekan usaha, bisnis online dan institusi keuangan yang menerima pembayaran menggunakan uang elektronik, membuat layanan ini semakin mendapatkan tempat di masyarakat.

Tahukah kamu bahwa uang elektronik bisa dibedakan menjadi dua jenis yakni pertama uang elektronik yang berbasis server atau lebih dikenal dengan e-wallet contohnya Gopay, TCash, Dana, Ovo sampau LinePay. Kedua, uang elektronik berbentuk kartu fisik (chip) seperti Sakuku, Flazz dan Mandiri e-Money. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Uang elektronik berbasis server (e-Wallet) terbilang lebih aman karena dilindungi oleh PIN saat akan melakukan transaksi sehingga tidak sembarang orang bisa menggunakan rekening uang elektronik kita. Berbeda dengan uang elektronik dalam bentuk fisik, ketika kartunya hilang maka otomatis saldo pun akan lenyap karena orang lain bisa dengan mudah menggunakan kartu tersebut.

Kenapa harus pakai uang elektronik?berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kita menggunakan uang elektronik untuk berbagai macam transaksi diantaranya adalah

  • Kemudahan dalam penggunaan, dimana pengguna uang elektronik tidak perlu lagi repot membawa uang tunai yang lebih rentan hilang, juga saat melakukan transaksi online, pembayaran pakai uang elektronik bisa dilakukan dengan instan.
  • Simple dan Efisiensi Waktu. Bayangkan saat kamu belanja online terus pembayaran dilakukan lewat transfer bank lewat ATM? lama dan tentunya menyita waktu, berbeda bila kita pakai uang elektronik maka proses transaksi bila dilakukan saat itu juga.
  • Lebih aman. Tidak bisa dipungkiri bahwa memiliki uang elektronik lebih aman dibandingkan jika kita harus bawa uang tunai.
  • Promo dan Insentif. Faktor lain yang menjadi daya tarik uang elektronik adalah banyaknya promo dan insentif yang ditawarkan. Siapa sih yang tidak mau, saat kita belanja online kita dapat cashback sebesar 50 persen?

Setelah membaca beberapa alasan kenapa kita harus pakai uang elektronik pasti kamu tertarik kan untuk mulai menggunakan uang elektronik terutama yang berbasis server (e-wallet) dan bila kamu masih bingung berikut ini adalah beberapa uang elektronik yang bisa kamu pilih.

Go-Pay

Jangan salah meski kamu jarang atau tidak pernah menggunakan layanan Gojek dan Go-Car namun Go-Pay hadir untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan kamu mulai dari pulsa, bayar PDAM dan Listrik, Asuransi sampai belanja online di beberapa e-commerce di Indonesia. Kelebihan lain dari Go-Pay adalah kemudahan proses top up atau isi saldo mulai dari transfer bank, sms dan internet banking, lewat Alfamart dan tentunya bisa lewat Driver Go-Jek.

layanan uang elektroni terbaik di Indonesia

T-Cash

Layanan uang elektronik berbasis server dari Telkomsel ini awalnya memang ditujukan khusus untuk pengguna nomor Telkomsel namun kini kita bisa Daftar Tcash Pakai nomor operator lain sehingga pengguna Tcash semakin banyak apalagi dengan makin maraknya berbagai rekan usaha yang mulai menerima pembayaran pakai Tcash. Seperti layanan uang elektronik lainnya, Tcash juga bisa dipakai untuk berbagai transaksi online dengan berbagai macam promo dan cashback menarik.

kenapa harus pakai uang elektroni

LinePay

Pengguna setia Line tentu sudah lama tahu tentang LinePay yang awalnya hanya ditujukan untuk pembelian dalam aplikasi saja seperti tema dan sticker Line, namun sejak terintegrasi dengan Mandiri e-Cash kini LinePay bisa juga dipakai untuk berbagai macam transaksi online tak jauh berbeda seperti Tcash dan Gopay.

rekening ponsel terbaik di Indonesia

Dana

Pengguna BBM dan Tix Id yakni pesan tiket nonton online tentu sudah tak asing lagi dengan layanan uang elektronik Dana. Aplikasi cukup simple namun tetap bisa dipakai untuk berbagai pembayaran online selain untuk pesan tiket nonton di Tix Id. Dana juga sudah menjadi salah satu opsi pembayaran resmi di Bukalapak sehingga kamu bisa dengan cepat belanja online di Bukalapak dengan opsi pembayaran pakai Dana.

beli tiket nonton online di tix id pakai dana

Ovo

Jika layanan uang elektronik lainnya biasanya diperkenalkan lewat sebuah aplikasi, berbeda dengan Ovo yang langsung menggebrak dengan berbagai macam promo menarik sehingga banyak orang yang merasa tertarik untuk mulai menggunakan layanan uang elektronik lainnya.

promo uang elektronik ovo

Apakah bisa satu nomor hp dipakai di beberapa layanan uang elektronik seperti Gopay, Ovo, TCash, Dana sampai LinePay? Jawabannya tentu saja bisa. Kamu tidak harus pakai nomor hp yang berbeda hanya sekedar untuk daftar dan mulai menggunakan berbagai layanan uang elekronik tersebut.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest