Wajib Tahu Inilah Beda Rekening Ponsel dan Rekening Tabungan Biasa

Pernahkah kamu selalu mengalami kesulitan saat mengingat nomor rekening ketika akan melakukan transaksi? Saat membuka sebuah rekening tabungan di sebuah bank, kita akan mendapatkan nomor rekening random yang tentunya sedikit sulit untuk diingat. Beruntung bila kita mendapatkan nomor cantik, bagaimana bila dapat nomor acak maka akan sangat sulit untuk bisa selalu ingat dengan no rekening tersebut.

Kehadiran rekening ponsel merupakan sebuah jawaban bagi kamu yang ingin memiliki nomor rekening tanpa ribet dan tentu saja mudah diingat. Secara sederhana, rekening ponsel bisa diartikan menjadikan nomor handphone yang setiap hari kita pakai sebagai nomor rekening kita. Jangan salah meskipun pakai no hp sebagai rekening, fungsinya tidak jauh berbeda dengan rekening tabungan biasa dimana kita bisa kirim atau menerima transfer dari bank lain.

Tcash yang berganti jadi LinkAja dan Mandiri E-Cash (LinePay) adalah beberapa contoh dari rekening ponsel yang memanfaatkan no hp sebagai rekening kita. Cara daftar rekening ponsel juga tidak seribet rekening tabungan biasa, cukup unduh aplikasi rekening ponsel di PlayStore atau App Store lalu daftarkan no hp kamu maka dalam hitungan detik kamu sudah memiliki sebuah nomor rekening ponsel. Untuk pengguna basic atau biasa, rekening ponsel bisa digunakan untuk beberapa transaksi seperti pembelian kuota internet, pembayaran digital sampai beli pulsa.

Agar kamu bisa menggunakan nomor rekening ponsel secara penuh seperti akses untuk kirim/ transfer uang maka perlu melakukan verifikasi data sesuai dengan KTP. Tak usah khawatir karena kini, proses verifikasi pun tidak harus datang ke kantor cabang tapi bisa dilakukan secara online. Cukup foto KTP, lalu selfie sambil memegang KTP tersebut sebagai contoh adalah upgrade Tcash tanpa harus ke Grapari dimana prosesnya tidak lama dan bahkan dalam hitungan jam akun rekening ponsel kita bisa digunakan secara penuh untuk berbagai macam transaksi keuangan.

cara tarik tunai rekening ponsel

Bila di rekening tabungan biasa kita mendapatkan fasilitas buku tabungan dan tentu saja kartu ATM maka di rekening ponsel kita tidak mendapatkan itu semua. Tidak dapat buku tabungan apalagi ATM. Karena sifatnya digital, maka semua akses ke semua layanan finansial bisa dilakukan lewat aplikasi rekening ponsel. Kalau tanpa ATM apakah rekening ponsel bisa tarik tunai? jawabannya tentu saja bisa, di aplikasinya kita bisa pilih menu tarik tunai baik lewat anjungan ATM atau merchant yang sudah diajak kerjasama seperti Indomaret atau Alfamart.

cara tarik saldo tcash

Menjaga keamanan rekening ponsel menjadi sebuah hal yang wajib dilakukan, jangan sampai nomor PIN dan bahkan nomor hp yang dijadikan sebagai sebagai rekening ponsel tersebut hilang atau habis masa berlakunya. Beberapa transaksi biasanya cukup memasukan nomor PIN untuk bisa di proses, tapi tak jarang ada transaksi yang membutuhkan kode konfirmasi yang dikirim via SMS. Bila terjadi hal yang tak diinginkan seperti kamu kehilangan handphone, maka sesegera mungkin untuk melakukan proses penggantian kartu dari nomor yang hilang tersebut agar nantinya tidak terjadi penyalahgunaan terhadap rekening ponsel yang kamu miliki tersebut.

Dari sisi kemudahan, rekening ponsel memang lebih unggul dibandingkan dengan rekening tabungan biasa. Mulai dari proses pembuatan sampai verifikasi data yang bisa dilakukan secara online. Namun tentunya kamu jangan berharap bisa mendapatkan buku tabungan atau ATM seperti layaknya rekening biasa. Karena tidak memperoleh ATM atau fasilitas lain tentu berpengaruh terhadap biaya Administrasi. Umumnya rekening ponsel itu tanpa biaya admin bulanan dan tidak atas batasan saldo minimal, cukup menarik bukan? dan satu lagi, di rekening ponsel kita juga tidak mendapatkan bunga bank. 

Jadi bila kamu menyimpan uang sebesar 10ribu rupiah di rekening ponsel, maka saldo tersebut tidak akan berubah meskipun selama 5 bulan atau lebih kita tak pernah menggunakan rekening ponsel. Saldonya tidak akan berkurang karena tidak ada biaya admin bulanan juga tidak bertambah sebab tak ada bunga bank. Berbeda bila kita memiliki besar saldo yang sama di rekening tabungan biasa, maka dalam waktu 2 bulan saja sudah hampir habis oleh biaya admin.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest