Menyimpan Kontak HP di Google

Selalu terhubung dan berkomunikasi dengan teman ataupun keluarga merupakan hal penting dalam kehidupan kita. Nah, tentunya menyimpan semua kontak atau phonebook dengan aman di Android menjadi sesuatu yang penting kita lakukan agar tetap terhubung dengan mereka. Apa jadinya bila kita lupa nomor telepon ataupun email yang bisa dihubungi, tentu saja nantinya kita akan kehilangan komunikasi.

Menyimpan phonebook secara lokal hanya di handphone ataupun kartu SIM memang sangat beresiko, apabila hp kita error atau hilang, tentunya semua kontak juga akan hilang. Agar semua kontak atau phonebook aman dan bisa kita akses kapanpun dan dimanapun maka sebaiknya mulai dari sekarang kita simpan kontak hp di gmail atau akun Google, bagaimana sih cara menyimpan kontak Android di Google?

Untuk menyimpan kontak hp di akun Google bukanlah hal sulit karena kamu bisa melakukannya dengan mudah dan cepat. Untuk menyimpan atau menambah satu kontak langkah pertama sentuh tanda plus (tambah), selanjutnya di bagian atas pilih akun gmail dimana kamu akan menyimpan kontak tersebut.

cara menyimpan contact ke gmail

Setelah selesai maka secara otomatis kontak yang baru saja kamu buat akan tersimpan di akun Google kamu secara online, bukan tersimpan di sim card ataupun phonebook kamu. Dengan menyimpan kontak secara online di akun gmail maka kamu bisa dengan mudah memindahkan kontak dari Android ke iPhone karena nantinya hanya perlu melakukan sinkronisasi kontak saja di iPhone.

Bagaimana bila kita terlanjur menyimpan kontak di hp atau sim card? Bisakah kita memindahkan seluruh kontak hp ke akun Google? Jawabannya tentu saja bisa sekali. Pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan backup atau cadangkan kontak yang ada di handphone ke dalam bentuk file vcf yang nantinya akan tersimpan di memori card.

cara menyimpan kontak android ke akun google

Masuk ke phonebook lalu pada menu opsi di pojok kanan atas pilih Import dan Eksport karena kita akan melakukan backup phonebook ke memori card terlebih dahulu maka pilih Eksport ke Penyimpanan.

cara menyimpan kontak android ke gmail

Pilih semua kontak yang akan kamu cadangkan atau backup, nanti hasil backup tersebut akan tersimpan di memori Android kamu dalam bentuk file vcf seperti pada gambar di bawah ini.

menyimpan kontak ke akun gmail

Sekarang waktunya untuk melihat kontak yang tersimpan di akun Google kamu, pilih akun Google kamu dimana nantinya kamu akan menyimpan atau memindahkan phonebook yang tersimpan di hp ke akun Google.

menyimpan phonebook ke gmail

Terlihat bahwa di akun gmail kamu belum ada kontak alias masih kososng, langkah berikutnya adalah melakukan restore atau memindahkan kontak dari Phonebook hp ke akun gmail tersebut, dengan memilih menu import dan eksport.

memindahkan kontak dari hp ke google

Import dari Penyimpanan untuk mulau memindahkan kontak dari phonebook di hp Android kamu ke akun Google.

backup kontak ke gmail

Setelah proses restore berhasil maka secara otomatis kini kontak hp di Android kamu semuanya akan tersimpan ke akun gmail, itu artinya kontak atau phonebook kamu akan lebih aman dan bisa kamu akses dimanapun dan kapanpun kamu berada, yang terpenting kamu selalu ingat dengan email dan kata sandi dari akun Google tempat kamu menyimpan phonebook tersebut.

backup kontak hp ke akun gmail

Bagaimana cukup mudah bukan untuk menyimpan contact ke akun gmail di hp Android kamu. Keuntungan menyimpan kontak secara online di akun google adalah kamu bisa dengan mudah memindahkan kontak tersebut dari Android ke iPhone atau smartphone lainnya lewat fitur sinkronisasi kontak.

1 Comment

  1. penjelasannya sangat bagus, ada gambarnya lagi….. cakep dehhh :)) terima kasih ya

    Reply

Leave a Reply

Pin It on Pinterest