Tidak Bisa Screenshot Android

Apa sih manfaat screenshot Android? Nah apabila kamu ingin menjadikan obrolan BBM sebagai DP BBM, atau ingin menyimpan percakapan SMS, WA ataupun Line dalam bentuk gambar agar nantinya bisa di unggah ke medsos seperti FB atau Twitter maka cara terbaik adalah dengan mengambil screenshot tampilan layar Android. Untuk mengambil screenshot Android caranya cukup tekan kombinasi tombol Power dan Volume Bawah, tapi khusus bagi pengguna hp Android Samsung bisa tekan tombol Home dan Power secara bersamaan.

tidak bisa ambil screenshot android

Namun bagaimana bila kamu malah mengalami masalah tidak bisa ambil screenshot di Android dan hanya muncul keterangan error seperti tidak dapat menyimpan hasil screenshot atau unable to save screenshot usb storage may be in use ataupun error lainnya, sehingga akhirnya kamu tidak berhasil untuk menyimpan tampilan layar Android kamu?

Solusi pertama mengatasi masalah tidak bisa screenshot Android adalah pastikan bahwa kamu sudah memasang SD Card dengan benar dan lancar. Maksudnya gunakan SD Card yang terbaca dengan baik oleh hp Android kamu. Kenapa? karena biasanya sistem Android akan secara otomatis menyimpan hasil screenshot di kartu memori eksternal, jadi apabila sd card kamu tidak terbaca alias error maka tentu saja kamu tidak akan bisa ambil screenshot di Android.

Kedua, coba buat folder screenshot di sdcard ataupun memori internal kamu. Gunakan file explores atau pengelola berkas dan silahkan buat folder Pictures – Screenshots seperti pada gambar di bawah ini. Namun khusus bagi pengguna Xiaomi pastikan kamu buat folder  di /sdcard/DCIM/screenshots/.

tidak bisa screenshot android

Ketiga, apakah memori internal atau eksternal kamu sudah penuh? Tidak bisa mengambil screenshot bisa disebabkan karena memori penyimpanan di hp Android kamu sudah penuh sehingga tidak bisa lagi menyimpan hasil screenshot yang akhirnya kamu bakal mengalami error saat mencoba mengambil tampilan layar Android.

Solusi keempat, coba gunakan aplikasi khusus untuk screenshot yang banyak tersedia di Google Playstore. Apabila setelah menggunakan kombinasi tombol tetap error tidak bisa ambil screenshot sudah saatnya kamu untuk mencoba mengambil screenshot pakai aplikasi, meskipun mungkin akan ribet dan tidak praktis.

10 Responses to “Tidak Bisa Screenshot Android”
  1. Keita 08/10/2017
    • Siti Syarah 09/10/2017
  2. anzhell 16/12/2017
    • Siti Syarah 16/12/2017
  3. Rikaamalia 20/12/2017
    • Siti Syarah 20/12/2017
  4. dannyfajarnathanugraha 15/01/2018
    • Siti Syarah 15/01/2018
  5. Lathifah S 19/11/2019
    • Siti Syarah 30/11/2019

Leave a Reply