Fungsi Sinkronisasi di Android

Di setiap smartphone baik yang hadir dengan sistem operasi iOS seperti iPhone ataupun yang memakai OS Android selalu dilengkapi fitur sinkronisasi data yang tersimpan di cloud (server) dengan data yang ada di smartphone tersebut. Bila di iPhone kita biasa menggunakan akun Apple untuk proses sinkronisasi tersebut, nah di Android kita memanfaatkan akun Google agar bisa melakukan sinkronisasi semua data tersebut.

Sebenarnya apa manfaat dan fungsi sinkronisasi di Android tersebut dan kenapa begitu penting untuk digunakan? Bila kamu masuk menu Pengaturan – Akun lalu pilih Google disini kamu bisa melihat berbagai macam opsi sinkronisasi mulai dari data aplikasi, detail kontak, dokumen, kalender sampai Google Play Buku yang disinkronisasikan ke akun Google yang digunakan di handphone tersebut.

fungsi dan manfaat sinkronisasi di android

Salah satu fungsi sinkronisasi di Android adalah untuk menyamakan data yang tersimpan di server dengan data yang ada di Android. Sebagai contoh bila kamu memiliki daftar kontak yang tersimpan di akun Google, maka dengan melakukan proses sinkronisasi nantinya data kontak tersebut akan muncul di phonebook Android kamu. Begitu juga sebaliknya, saat kamu menambahkan sebuah kontak di phonebook, nantinya kontak yang baru tersebut akan diunggah dan disinkronisasikan otomatis ke akun Google.

Khusus untuk yang senang bermain game melakukan proses sinkronisasi data game ke akun Google sangatlah penting, kenapa? Karena nantinya save game tersebut akan tersimpan di akun Google yang artinya kamu bisa dengan mudah meneruskan bermain game di ponsel lain tanpa harus mengulang lagi dari awal tapi cukup meneruskan save game yang sudah tersimpan dan disinkronisasikan ke akun Google.

Saat ini hampir semua aplikasi dan game online selalu memanfaatkan fitur sinkronisasi untuk menyimpan semua data dengan tujuan agar pengguna tidak kehilangan data yang pernah dibuat di game atau aplikasi tersebut. Ini tentunya memberikan keuntungan tersendiri terutama bagi mereka yang ingin mengganti ponsel lama ke handphone baru, karena bisa memindahkan data dengan cepat cukup dengan login menggunakan akun yang sama.

Jadi, bila kamu ingin kontak tersimpan dengan aman dan bisa di restore dengan mudah ke ponsel baru, menyimpan dokumen dan data kalender sehingga nantinya bisa diakses di gadget atau handphone sampai tidak ingin kehilangan data game yang sedang dimainkan maka proses sinkronisasikan ini wajib diaktifkan di hp Android kamu, agar semua data yang dibutuhkan bisa terhubung ke akun Google.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest