Mengatasi Masalah Whatsapp Tidak Bisa Akses Kamera

Selain berkomunikasi via teks seperti layaknya SMS di aplikasi WhatsApp juga kita bisa melakukan aktivitas seperti nelpon dan tentunya video call atau lebih dikenal dengan istilah vc yang bisa dilakukan bersama dengan teman, kerabat ataupun rekan kerja. Dibandingkan dengan nelpon biasa, video call lewat WA memberikan keuntungan tersendiri selain kinerja lebih stabil dibandingkan dengan aplikasi serupa, juga dengan VC kita bisa melihat secara langsung ekspresi dari orang yang diajak berkomunikasi.

Bahkan kini proses video call di WhatsApp bisa dilakukan bersama dengan 4 orang sekaligus sehingga sangat cocok bagi mereka yang ingin video conference bersama dengan rekan kerja. Namun seperti kita ketahui tak selamanya WA berjalan dengan sempurna terkadang muncul error tak terduga salah satunya yang sering terjadi adalah masalah WA tidak bisa akses kamera sehingga kamu tidak dapat melakukan video call ataupun sekedar update status di WhatsApp.

Mengatasi masalah tidak bisa akses kamera di WhatsApp tidaklah terlalu sulit, masalah ini muncul karena kita tidak memberikan izin akses kamera ke aplikasi WA. Untuk pengguna Android, silahkan masuk ke menu Pengaturan lalu Aplikasi kemudian pilih WhatsApp untuk melihat lebih detail tentang aplikasi ini. Selanjutnya tap tepat di bagian Izin dan pastikan WA diberi izin untuk mengakses kamera.

tidak bisa akses kamera di wa

Sedangkan bagi kamu pengguna iPhone, mengatasi WA tidak bisa akses kamera caranya hampir sama seperti Android yakni masuk ke menu Pengaturan lalu geser ke bagian paling bawah, lalu tap pada WhatsApp. Disini kamu juga harus memastikan bahwa WhatsApp diberi akses atau izin untuk kamera di iPhone.

whatsapp tidak bisa akses kamera di iphone

Dengan satu langkah mudah seperti diatas seharusnya kamu sudah bisa dengan cepat dan mudah mengatasi masalah WA tidak bisa akses kamera. Izin akses kamera untuk WhatsApp di Android atau iPhone sangat dibutuhkan terutama bila kita ingin mengirimkan foto yang diambil secara langsung lewat kamera, melakukan video call sampai update status yang berupa foto. Dan bagi yang sering menggunakan WhatsApp Web, akses kamera juga dibutuhkan agar kita bisa Scan Barcode WhatsApp Web yang muncul di layar komputer atau laptop kita.

Untuk kamu yang selalu menggunakan WA sebagai sarana komunikasi utama dengan rekan kerja, kerabat sampai teman jangan lupa untuk selalu meluangkan waktu melakukan proses Backup Kontak WhatsApp agar nanti bila suatu hari kamu berganti hp baru ataupun terjadi masalah dengan handphone yang saat ini digunakan maka proses komunikasi via WA akan tetap bisa berjalan dengan normal ketika kita berhasil melukan instalasi ulang WhatsApp tanpa harus menambahkan kontak secara manual tapi cukup restore atau lakukan sinkronisasi kontak.

Seperti kita ketahui pengguna WhatsApp memang semakin banyak apalagi dari hari ke hari WA selalu memperkenalkan fitur dan menu terbaru yang bisa membuat komunikasi lebih lancar dan menyenangkan seperti baru-baru ini diperkenalkan fitur sticker WhatsApp yang sudah lama dinantikan. Memang di aplikasi lain seperti Telegram, Line dan BBM, fitur sticker ini telah lama ada, namun bagi pengguna WhatsApp, fitur yang satu ini bisa dibilang baru dan bisa menambah seru saat kita berkomunikasi terutama di grup WA.

Leave a Reply