Apa Itu HDR Pada Kamera iPhone dan Android

Saat akan mengambil foto dengan menggunakan kamera iPhone ataupun Android, mungkin saja kamu merasa heran dengan adanya pilihan hdr dan sedikit bertanya apa itu hdr pada Android dan iPhone. Terus kalau mengaktifkan mode hdr bagaimana hasil foto yang kita dapatkan, apakah menjadi lebih bagus, lebih besar ukurannya? Apa perbedaannya antara foto hdr dengan foto biasa yang kita ambil?

HDR adalah singkatan dari high dynamic range secara sederhana adalah teknik mengambil serangkaian gambar atau foto, masing-masing foto diambil dengan eksposur yang berbeda dari gelap ke ringan, untuk kemudian HDR menggabungkan bagian terbaik dari foto-foto (gelap, terang dan seimbang) tersebut sehingga menghasilkan foto yang benar-benar dramatis dengan pencahayaan sempurna, tidak terlalu terang juga tidak terlalu gelap.

apa itu hdr pada kamera android dan iphone

Biar tidak bingung coba lihat gambar diatas ini, perbedaan antara hasil foto yang menggunakan hdr dan foto biasa yang diambil tanpa hdr. Untuk foto yang menggunakan hdr tampak pencahayaan lebih sempurna, tidak terlalu gelap juga tidak terlalu terang, latar belakang foto terlihat jelas. Berbeda dengan foto tanpa hdr, latar belakang foto terlihat sangat terang karena cahaya matahari.

Ketika kamu mengambil foto dengan mode hdr aktif jangan heran bila waktu pengambilan foto lebih lama dibandingkan tanpa hdr. Ini bisa dimaklumi karena hdr akan menggabungkan terlebih dahulu beberapa foto sebelum akhirnya menjadi sebuah foto yang sempurna. Terus mungkin kamu bertanya kapan sih waktu yang tepat menggunakan fitur hdr di kamera Android dan iPhone? Nah, HDR bisa kamu gunakan saat memotret dengan mode landscape seperti pengunungan, pantai atau tempat lainnya. Saat kamu mengambil foto di bawah cahaya matahari yang terang.

Namun apabila kamu memotret objek bergerak seperti kendaraan, orang yang sedang berjalan juga ketika objek yang kamu foto terlalu berwarna warni dan kontras sebaiknya hindari menggunakan fitur hdr karena akan menghasilkan foto yang kurang menarik. Bagaimana sudah sedikit mengerti tentang apa arti hdr pada kamera iPhone dan Android kan?

Leave a Reply

Pin It on Pinterest