Solusi iPhone Tidak Bisa Diaktifkan Karena Masalah Server

Berbeda dengan Android yang bisa langsung digunakan ketika selesai melakukan factory reset atau waktu pertama kali digunakan, untuk iPhone dengan sistem operasi iOS dari Apple, pengguna harus melakukan proses aktivasi terlebih dahulu agar bisa memakai perangkat tersebut. Proses aktivasi dibutuhkan saat kamu membeli sebuah iPhone baru, atau ketika selesai melakukan proses restore via iTunes dan juga saat perangkat tersebut di reset ke setelan pabrik.

Proses aktivasi iPhone biasanya berjalan dengan otomatis ketika pertama kali iPhone dinyalakan dan terhubung ke internet baik lewat koneksi seluler atau via Wifi. Cukup menunggu beberapa menit dan bahkan detik, aktivasi akan selesai dan iPhone siap digunakan dengan terlebih dahulu memasukan akun Apple lama ataupun memilih opsi untuk membuat Apple ID baru bagi mereka yang pertama kali menggunakan iPhone.

solusi iPhone tidak bisa diaktifkan karena masalah server aktivasi

Namun ternyata proses aktivasi iPhone tidak selamanya berjalan lancar karena tiba-tiba di tengah prosesnya malah muncul error iPhone tidak dapat diaktifkan karena server aktivasi tidak dapat dijangkau. Alhasil kamu pun tidak dapat langsung menggunakan iPhone tersebut karena terkendala di layar aktivasi yang selalu error. Tidak bisa masuk ke menu utama dan juga tidak dapat menambahkan akun Apple di iPhone tersebut.

Dari keterangan error yang muncul yakni server aktivasi tidak dapat dijangkau sudah sangat jelas menandakan bahwa ada masalah dengan koneksi internet yang digunakan di iPhone tersebut. Solusinya ternyata sangatlah mudah yakni gunakan alternatif sambungan internet yang lain. Sebagai contoh apabila saat melakukan proses aktivasi kamu memakai koneksi seluler, maka bisa dicoba untuk menggunakan koneksi Wifi terlebih dahulu. Cara ini biasanya cukup ampuh dan iPhone bisa diaktivasi tanpa kendala.

Bagaimana bila di tempat kamu tidak ada koneksi Wifi? Tak usah khawatir, kamu bisa tetap menggunakan koneksi internet seluler dengan syarat coba ganti kartu sim dari operator lain terlebih dahulu. Memakai koneksi internet dari operator yang berbeda bisa memperbesar peluang kamu untuk sukses saat proses aktivasi iPhone, sebab bisa saja operator yang selalu kamu gunakan sedang mengalami gangguan, lemot sehingga akhirnya sulit terhubung ke server aktivasi iPhone.

solusi aktivasi iPhone error

Menggunakan Wifi dan mengganti kartu SIM sudah dilakukan namun ternyata kamu tetap mengalami masalah iPhone tidak bisa diaktifkan karena server aktivasi tidak dapat dijangkau. Masalah yang kamu hadapi bisa juga disebabkan karena iPhone tersebut masuk memakai sistem operasi jadul. Silahkan lakukan proses update OS terlebih dahulu ke iOS terbaru menggunakan iTunes di PC atau komputer. Ketika iPhone disambungkan ke komputer nantinya iTunes akan otomatis mendeteksi pembaruan sistem terbaru untuk iPhone dan kamu bisa langsung melakukan proses update tersebut dengan syarat komputer yang digunakan terhubung ke jaringan internet.

Sistem operasi di sebuah iPhone menjadi hal utama yang harus diperhatikan karena merupakan inti dari lancar atau tidaknya kinerja iPhone. Ketika perangkat kamu masih menggunakan iOS jadul misalkan iOS10 sedangkan saat ini sudah ada iOS12 tentu saja hal tersebut bisa menyebabkan proses aktivasi iPhone menjadi terkendala, oleh sebab itu selalu pastikan bahwa memakai iOS terbaru di iPhone tersebut. 

Leave a Reply

Pin It on Pinterest