Apakah Akun Bisnis Instagram Berbayar dan Bisa di Privat

Saat kamu sedang asik melihat story di Instagram dari teman dan kerabat sudah bukan rahasia lagi bila tiba-tiba muncul story dari akun IG yang tidak kamu kenal yang isinya tentu saja sekedar iklan sebuah produk dan layanan digital. Sejak mulai diperkenalkan di tahun 2013 silam, keberadaan iklan di Instagram memang telah menjadi sesuatu yang biasa, keberadaanya tak hanya di story Instagram tapi juga di beranda dan bahkan saat kita melihat dan mencari berbagai macam postingan di IG akan selalu muncul iklan.

Semua pengguna Instagram tak terkecuali bagi kamu yang masih memiliki jumlah pengikut yang sedikit bisa kok membuat iklan yang nantinya bisa tampil di beranda dan bahkan story Instagram pengguna lain. Salah satu syarat utamanya agar kita bisa buat iklan sendiri adalah memiliki akun bisnis Instagram lalu pastikan bahwa akun IG tersebut terhubung ke Facebook karena nantinya semua proses untuk membuat iklan tersebut akan dilakukan di akun Facebook yang terhubung termasuk di dalamnya saat memilih metode pembayaran iklan untuk Iklan yang akan kita buat tersebut.

Bagaimana cara membuat akun bisnis Instagram? Apabila kamu sudah terlanjur membuat akun standar Instagram, jangan khawatir kita tidak harus membuat akun baru kok tapi bisa mengubah akun IG yang telah ada tersebut menjadi akun bisnis. Salah satu keuntungan saat kita mengubah ke akun bisnis adalah jumlah pengikut akan tetap ada, sehingga kita tidak perlu lagi bersusah payah untuk sekedar mencari follower untuk akun bisnis tersebut. Bandingkan bila kita harus membuatnya dari awal, membutuhkan waktu kembali untuk bisa mendapat jumlah follower di Instagram.

Langkah sederhana untuk mengubah akun Instagram biasa ke akun bisnis adalah silahkan masuk memakai akun IG yang telah kamu miliki, kemudian masuk ke menu Pengaturan – Akun dan dibagian paling bawah kamu akan melihat opsi untuk beralih ke akun profesional. Kita akan diminta untuk memasukan nama dari bisnis yang sedang dijalankan, termasuk tentunya alamat lengkap dimana bisnis kira berada. Pastikan sudah memasukan semua data dengan benar, agar nantinya pengguna Instagram lain bisa dengan mudah menemukan dimana pusat bisnis kamu berada.

apakah akun bisnis instagram itu berbayar atau tidak

Setelah berhasil beralih dari akun biasa ke akun bisnis di Instagram kini kamu bisa melihat opsi untuk membuat promosi dari setiap postingan yang telah dan akan dibuat. Agar bisa memilih metode pembayaran dari iklan yang dibuat, silahkan tautkan akun IG bisnis tersebut ke akun halaman Facebook, disini ada dua opsi yakni kamu bisa memilih halaman yang sebelumnya sudah dikelola dan dimiliki atau bisa juga membuat halaman Facebook baru sesuai dengan kebutuhan.

Bagi sebagian besar pengguna Instagram adalah hal yang selalu menjadi pertanyaan mendasar yakni apakah akun bisnis Instagram berbayar atau tidak? Jawaban adalah tentu saja gratis selama kamu tidak menggunakan fitur iklan atau promosi yang ditawarkan. Sekedar memiliki akun bisnis Instagram tidak akan dikenakan biaya apapun sama seperti halnya kita memakai akun IG versi biasa. Jadi untuk kamu yang masih ragu, mulai sekarang jangan khawatir lagi saat akan beralih dari akun biasa ke akun bisnis Instagram.

Perbedaan nyata antara akun bisnis dan biasa di Instagram adalah akun bisnis IG akan bersifat umum atau publik itu artinya semua orang tanpa harus menjadi teman terlebih dahulu bisa melihat semua postingan yang ada di akun bisnis tersebut. Berbeda dengan akun biasa, akun bisnis di Instagram tidak bisa kita privat, ini tentu saja memiliki keuntungan tersendiri karena nantinya setiap orang bisa mengakses dan melihat semua produk yang ada di akun bisnis tersebut sehingga bisa menarik minat pengguna Instagram.

Apabila di kemudian kamu ingin tetap menjaga privasi antara aktivitas bisnis dan kehidupan pribadi tidak ada salahnya memiliki dua akun Instagram dimana yang satu khusus untuk akun Bisnis Instagram sedangkan lainnya bisa dimanfaatkan untuk update status seputar kehidupan pribadi kita yang hanya bisa dilihat oleh teman, rekan kerja dan kerabat kita tanpa harus orang lain yang tak kamu kenal mengetahuinya.

Leave a Reply