Arti GPU Di Android

Bagi yang suka selfie menggunakan handphone tentu saja saat akan membeli sebuah smartphone Android hal pertama yang diperhatikan adalah berapa megapiksel kamera depannya dan apakah sudah dual kamera belakang atau belum, agar nantinya bisa mendapatkan hasil foto yang maksimal dan bagus. Berbeda bila kamu senang bermain game, hal pertama yang dilihat ketika akan mengganti smartphone adalah RAM dan CPU namun terkadang melupakan satu hal yang sangat penting yaitu GPU.

Sebenarnya apa arti GPU pada Android? karena seperti kita ketahui fitur yang satu ini jarang sekali diperhatikan dibandingkan fitur lainnya seperti besar layar, RAM, CPU, megapiksel pada kamera. GPU merupakan singkatan dari Graphics Processing Unit secara sederhana bisa diartikan sebagai pengolah grafis yakni chip pada kartu grafis yang berperan untuk melakukan perhitungan faktual yang diperlukan untuk proses mengolah dan menampilkan gambar.

apa arti gpu di android

Dengan GPU yang berkelas di ponsel Android maka kamu bisa mendapatkan kualitas tampilan grafis atau gambar yang maksimal dan menakjubkan di ponsel Android. Tentu kamu pernah melihat perbedaan tampilan di sebuah ponsel, dimana tampilan di handphone yang satu terlihat kurang detail sedangkan di smartphone Android dengan GPU kelas atas tampilannya sangat mendetail sekali sehingga sangat nyaman dilihat.

Perbedaan tersebut disebabkan karena jenis GPU yang digunakan. Beberapa ponsel kelas menengah ke bawah hanya menggunakan GPU kelas bawah sehingga jangan heran bila kamu tidak akan mendapatkan kinerja grafis yang maksimal terutama saat bermain game. Sedangkan di ponsel kelas atas seperti Samsung Galaxy S9 Plus sudah menggunakan GPU kelas atas seperti Mali-G72 MP18 dan Adreno 630.

arti gpu pada android

Beberapa seri GPU atau Graphics Processing Unit kelas atas diantaranya adalah Seri PowerVR GT7XT, PowerVR GXA6850, Nvidia Tegra X1, Qualcomm Adreno 540, ARM Mali-T880 MP12 namun jangan heran semakin bagus GPU yang digunakan di sebuah ponsel Android maka tentu saja harga dari ponsel tersebut akan semakin mahal. Kinerja GPU akan lebih maksimal lagi bila didukung juga dengan memori RAM yang besar semisal 4GB atau 6GB, juga CPU atau dapur pacu yang juga kelas atas.

Jadi bagi kamu yang sering bermain game di Android, selain memperhatikan besarnya layar, RAM dan CPU jangan lupa untuk mengecek GPU atau Graphics Processing Unit yang digunakan oleh ponsel tersebut agar nantinya bisa mendapatkan tampilan grafis yang maksimal saat bermain game di Android.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest