Android Tidak Cukup Ruang Penyimpanan

Apakah kamu pernah mengalami error Android tidak cukup ruang penyimpanan saat akan update aplikasi di Google Play Store? Masalah seperti ini bisa terjadi bila memori internal Android kamu kecil atau penuh. Lalu bagaimana dong solusi untuk mengatasi masalah Android error seperti ini? Apakah Androidnya harus diformat atau factory default atau apakah Androidnya harus di root?

Solusi Android tidak cukup ruang penyimpanan, sangatlah mudah. Karena masalah ini disebabkan oleh penuhnya memori internal, maka solusi satu-satunya adalah mengkosongkan memori internal kamu supaya memori cukup ketika akan melakukan update atau install aplikasi baru. Bagaimana cara mengosongkan memori internal Android?

Untuk mengosongkan memori internal, bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu pertama kamu bisa pindahkan semua data mulai dari foto, filem dan filenya dari memori internal ke SD Card (memori eksternal) seperti kita ketahui gambar/foto yang diterima via BBM, WhatsApp dan Line biasanya tersimpan ke memori internal, oleh karena itu coba pindahkan foto atau file tersebut ke SD Card agar memori internal kamu menjadi kosong kembali.

Kedua, hapus aplikasi dan game Android yang tidak digunakan. Yups, cek satu persatu aplikasi dan game yang jarang dipakai, daripada membuat memori internal penuh, sebaiknya hapus saja aplikasi dan game yang tidak pernah kamu gunakan. Selain itu kamu juga sebaiknya hapus aplikasi bawaan Android yang tidak pernah jalankan.

Ketiga, Pindahkan game atau aplikasi dari memori internal ke SD Card. Cari game dan aplikasi yang bisa dipindahkan ke SD Card, setelah ketemu silahkan move atau pindahkan aplikasi tersebut ke memori eksternal. Caranya? Masuk ke pengaturan (kelola) aplikasi kemudian lihat aplikasi yang bisa dipindahkan ke SD Card.

Keempat, bila kamu tidak ingin menghapus aplikasi atau game yang sudah ada, salah satu triknya kamu bisa menghapus data atau cache dari aplikasi tersebut. Dengan menghapus data atau cache aplikasi Android, kamu bisa mengkosongkan memori internal Android. Namun perlu diingat dengan melakukanĀ  Hapus Data dan Hapus Cache, ketika kamu menjalankan kembali aplikasi tersebut, kamu akan diminta untuk Sign In kembali.

Android Tidak Cukup Ruang Penyimpanan

Itulah beberapa solusi Error Android Tidak Cukup Ruang Penyimpanan, dengan melakukan trick diatas, maka ketika kamu akan update COC atau game lainnya tidak akan mengalami error karena memori internal yang habis terpakai.

13 Responses to “Android Tidak Cukup Ruang Penyimpanan”
  1. Iyan 13/11/2015
    • Siti Syarah 14/11/2015
  2. lucia dewi 20/11/2015
    • Siti Syarah 20/11/2015
  3. juandi 21/02/2016
    • Siti Syarah 21/02/2016
  4. linlily 23/02/2016
  5. ainy 15/07/2016
    • Siti Syarah 15/07/2016
  6. Abi 26/09/2016
    • Siti Syarah 26/09/2016
  7. atika dwi romadhani 07/07/2019
    • Siti Syarah 08/07/2019

Leave a Reply