Android Tidak Cukup Ruang Penyimpanan

Apakah kamu pernah mengalami error Android tidak cukup ruang penyimpanan saat akan update aplikasi di Google Play Store? Masalah seperti ini bisa terjadi bila memori internal Android kamu kecil atau penuh. Lalu bagaimana dong solusi untuk mengatasi masalah Android error seperti ini? Apakah Androidnya harus diformat atau factory default atau apakah Androidnya harus di root?

Solusi Android tidak cukup ruang penyimpanan, sangatlah mudah. Karena masalah ini disebabkan oleh penuhnya memori internal, maka solusi satu-satunya adalah mengkosongkan memori internal kamu supaya memori cukup ketika akan melakukan update atau install aplikasi baru. Bagaimana cara mengosongkan memori internal Android?

Untuk mengosongkan memori internal, bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu pertama kamu bisa pindahkan semua data mulai dari foto, filem dan filenya dari memori internal ke SD Card (memori eksternal) seperti kita ketahui gambar/foto yang diterima via BBM, WhatsApp dan Line biasanya tersimpan ke memori internal, oleh karena itu coba pindahkan foto atau file tersebut ke SD Card agar memori internal kamu menjadi kosong kembali.

Kedua, hapus aplikasi dan game Android yang tidak digunakan. Yups, cek satu persatu aplikasi dan game yang jarang dipakai, daripada membuat memori internal penuh, sebaiknya hapus saja aplikasi dan game yang tidak pernah kamu gunakan. Selain itu kamu juga sebaiknya hapus aplikasi bawaan Android yang tidak pernah jalankan.

Ketiga, Pindahkan game atau aplikasi dari memori internal ke SD Card. Cari game dan aplikasi yang bisa dipindahkan ke SD Card, setelah ketemu silahkan move atau pindahkan aplikasi tersebut ke memori eksternal. Caranya? Masuk ke pengaturan (kelola) aplikasi kemudian lihat aplikasi yang bisa dipindahkan ke SD Card.

Keempat, bila kamu tidak ingin menghapus aplikasi atau game yang sudah ada, salah satu triknya kamu bisa menghapus data atau cache dari aplikasi tersebut. Dengan menghapus data atau cache aplikasi Android, kamu bisa mengkosongkan memori internal Android. Namun perlu diingat dengan melakukan  Hapus Data dan Hapus Cache, ketika kamu menjalankan kembali aplikasi tersebut, kamu akan diminta untuk Sign In kembali.

Android Tidak Cukup Ruang Penyimpanan

Itulah beberapa solusi Error Android Tidak Cukup Ruang Penyimpanan, dengan melakukan trick diatas, maka ketika kamu akan update COC atau game lainnya tidak akan mengalami error karena memori internal yang habis terpakai.

13 Comments

  1. Mbak Siti, setelah saya pindah fto2 dri memori internal ke external WA saya kok masih blm bisa di perbarui padahal memori internalnya msih ada 1,4gb.keterangn memori anda tidk mencukupi, apa yg harus saya lakukan?

    Reply
    • @Iyan :: masalah yang agan hadapi disebabkan memori internal system-nya sudah habis atau kecil, coba lakukan clear cache terlebih seperti langkah diatas. Sisa 1.4GB itu adalah memori internal penyimpanan data bukan untuk sistem.

      Reply
  2. mb siti, memori ponsel saya penuh karena data whatsapp
    lalu jika sata pilih Hapus Data, apa yang akan terjadi?
    apakah akun whatsapp saya juga ikut terhapus? sehingga saya harus buat akun lagi?
    terimakasih

    Reply
    • @Lucia :: yups semua data whatsapp akan terhapus mulai dari history chat whatsapp dll. Apabila melakukan Hapus Data, maka whatsapp akan kembali ke default seperti baru download dari Google Playstore. Jangan khawatir, apabila menggunakan nomor yang sama maka otomatis kontak tidak akan hilang meski harus membuat akun baru.

      Reply
  3. Mbak siti play store punyaku tk bisa download apk masalah memory internal kosong jadi samsung apoplo gt 58101 kena virus?

    Reply
    • @Juandi :: Coba lakukan dulu cara diatas, langkah demi langkah 😀

      Reply
  4. Pny sy ldebih sering full memory internal jd sy uninstall aja apps yg ga kepake yg di memory internal

    Reply
  5. mbak,, kartu sd ku masih kosong 11 giga tp kok nggk bisa download, katanya ruang penyimpanan tidak mencukupi

    Reply
    • @Ainy :: Ada kemungkinan memori sistem untuk penyimpanan aplikasinya yang penuh, coba aja terlebih dahulu cara seperti diatas.

      Reply
  6. Mbak siti knpa ga bsa donlod fb ya.. Ad keterangan kode2 gtu

    Reply
    • @Abi :: Bisa disebabkan karena koneksi internet yang tidak stabil, coba gunakan koneksi wifi terlebih dahulu. Selain itu pastikan bahwa memori internal agan masih kosong tidak penuh.

      Reply
  7. Maaf mb mau tanya HP saya samsung j1 mini aplikasi yg terpasang cuma youtube, ig, WA, sama fb tapi kenapa ruang penyimpanan internalnya penuh ya dan ada tulisan ruang penyimpanan hampir habis, padahal data dan cache sudah saya bersihkan.. Mohon bantuannya ya mbak.. Sebelumnya Terima kasih 🙏

    Reply
    • @Atika :: Aplikasi WhatsApp biasanya yang paling banyak menghabiskan memori internal terutama bila mbak banyak masuk ke grup WA karena secara otomatis file media akan tersimpan di memori internal.

      Reply

Leave a Reply

Pin It on Pinterest