Bagaimana Merubah Jaringan Android dari E ke H

Sudah sedang membeli Zenfone dan Android One niatnya mau dipakai untuk internetan, update medsos sampai ngobrol bersama teman-teman di BBM dan Line. Tapi ketika mulai mengakses menu internet kok yang muncul hanya sinyal E alias Edge bukan H (HSDPA) alhasil koneksi internetpun lemot dan loading banget. Untuk upload foto ke twitter saja butuh waktu 3 menit lebih, udah gitu ngobrol di BBM sering pending dan ceklis. Bagaimana dong solusinya agar jaringan berubah dari E ke H, sehingga bisa lebih mempercepat koneksi internet di Android? berikut adalah tips singkatnya.

Pertama pastikan bahwa di daerah kamu sudah ada jaringan 3G/HSDPA. Seperti kita ketahui bahwa tidak semua wilayah atau daerah ada jaringan HSDPA, sebagian besar masih menggunakan koneksi EDGE. Jadi meskipun kamu telah membeli sebuah ponsel Android 3G/HSDPA, tetapi apabila di daerah kamu tidak ada jaringan HSDPA maka secara otomatis hp Android kamu akan menggunakan jaringan yang ada yaitu EDGE.

Apabila kamu menggunakan hp Android dual sim semisal Zenfone 5 pastikan kamu memasang kartu SIM yang dipakai untuk koneksi internet di SIM 1, kenapa? Karena tidak semua hp Android Dual SIM, mendukung koneksi 3G/HSDPA untuk kedua slot kartu simnya. Koneksi HSDPA biasanya hanya untuk sim1 sedangkan sim2 biasanya hanya mendukung koneksi EDGE. So, bila sinyal internet di hp kamu yang muncul adalah E, ada kemungkinan bahwa kamu memasang kartu sim untuk internet di slot sim 2 yang hanya mendukung koneksi edge.

Cek pengaturan jaringan, apakah kamu sudah mensettingnya untuk terkoneksi ke 3G? Masuk ke menu Setelan Jaringan Seluler dan pastikan pada Jenis Jaringan yang dipilih kamu sudah memilih 3G bukan 2G (EDGE).

cara mengubah jaringan android dari e ke h

Dengan pengaturan yang tepat, maka sinyal E di hp Android kamu akan berubah menjadi H yang tentunya koneksi internetpun akan lebih cepat 10 kali lipat lebih, alhasil kamupun bisa lebih nyaman untuk internetan di Android.

cara merubah koneksi android dari e ke h

Bagaimana cukup mudah bukan untuk mengubah jaringan android dari E ke H alias HSDPA. Dua hal yang perlu diperhatikan adalah pastikan bahwa di daerah sudah ada jaringan HSDPA dan hp kamu juga sudah mendukung koneksi HSDPA/3G.

9 Responses to “Bagaimana Merubah Jaringan Android dari E ke H”
  1. Nawi Awi 08/09/2016
    • Siti Syarah 08/09/2016
  2. yuliatiningsih 27/12/2016
    • Siti Syarah 27/12/2016
    • boy 25/03/2017
  3. Ary setiawan 09/07/2017
    • Siti Syarah 10/07/2017
  4. Iga Rusae 24/07/2017
    • Siti Syarah 24/07/2017

Leave a Reply