Cara Melihat Aplikasi yang Terhubung dengan Facebook

Untuk kamu yang sering bermain game online entah itu di iPhone atau smartphone Android, tentunya sudah sangat mengetahui bahwa kita bisa menggunakan berbagai macam pilihan untuk login ke game tersebut mulai dari pakai akun sosial media seperti Facebook, menggunakan akun Google di Android atau bila kamu pengguna iPhone bisa pakai Apple ID. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, sebagai contoh bila kamu memilih memakai Apple ID untuk login ke sebuah game di iPhone, maka tentu saja nantinya akan sulit untuk beralih bermain game tersebut di Android, begitu juga sebaliknya.

Solusi terbaik agar kamu bisa tetap bermain game di iPhone atau Android dengan memakai akun yang sama adalah kita harus memilih opsi login menggunakan akun sosial media seperti Facebook ataupun memakai akun khusus yang disediakan oleh game tersebut. Jika ingin cepat, tentu saja kita bisa langsung pakai akun Facebook karena cukup sambungkan akun tersebut maka kita sudah bisa memain game yang diinginkan tanpa perlu lagi melakukan verifikasi email dan segala macamnya.

Keuntungan bermain game online dengan menggunakan akun Facebook adalah kita bisa dengan mudah beralih saat bermain yakni pakai iPhone atau smartphone Android selain itu foto profil kita biasanya akan otomatis jadi avatar di game tersebut. Keuntungan lainnya adalah kita bisa dengan mudah menemukan dan mencari teman Facebook yang juga sedang atau sudah bermain game tersebut, sehingga permainan akan lebih asik karena bisa bersama dengan teman yang sudah kita kenal sebelumnya di FB.

Sebenarnya tidak hanya game yang bisa terhubung akun Facebook tapi banyak juga aplikasi yang bisa kita akses dengan cara login pakai akun FB. Perlu diingat bahwa saat kita memilih untuk login pakai akun Facebook maka sejak saat itulah kita sudah mengizinkan sebuah game atau aplikasi untuk membaca dan mengakses data profil kita di akun sosial media tersebut, jadi pastikan bahwa kamu sudah yakin bahwa benar-benar ingin membagi data tersebut dengan game atau aplikasi yang diinginkan. Jangan sembarangan mengizinkan sebuah aplikasi yang tidak dikenal untuk bisa terhubung dengan akun milik kita, untuk mencegah hal yang tak diinginkan.

Bagaimana bila kita sudah terlanjur memberikan izin kepada sebuah aplikasi atau game dan kita tidak ingin lagi nama game tersebut? Tak usah khawatir karena di Facebook sendiri sudah ada menu untuk melihat aplikasi apa saja yang sudah terhubung ke Facebook milik kita sehingga nantinya kita bisa dengan mudah untuk menghapus aplikasi tersebut agar tidak lagi memiliki izin untuk bisa mengakses profil dan data akun sosial media milik kita.

Untuk melihat aplikasi terhubung Facebook, pertama silahkan jalankan aplikasinya di Android atau iPhone kemudian masuk ke menu Pengaturan di bagian kanan lalu tap pada pilihan aplikasi dan situs web, untuk melihat aplikasi apa saja yang sudah kita beri izin untuk mengakses akun kita.

cara melihat aplikasi terhubung facebook

Langkah berikutnya untuk mengecek aplikasi yang terhubung dengan Facebook adalah tap pada diakses menggunakan Facebook sehingga nantinya akan muncul daftar game dan aplikasi seperti pada gambar dibawah ini. Terlihat bahwa ada 15 aplikasi dan game yang aktif dan bisa mengakses akun Facebook kita, tentu saja jumlah setiap orang akan berbeda tergantung seberapa banyak dan sering kamu mengizinkan sebuah game dan aplikasi.

cek aplikasi dan game yang terhubung facebook

Setelah berhasil mengetahui dan mengecek aplikasi apa saja yang aktif terhubung ke akun Facebook, selanjutnya kamu bisa cek satu persatu apakah aplikasi tersebut masih dibutuhkan atau tidak. Bila ternyata kamu tidak lagi memakai dan membutuhkan aplikasi, dan ingin menghapusnya dari akun FB caranya cukup mudah yakni tap pada opsi lihat di aplikasi tersebut, lalu pilih hapus aplikasi.

cara hapus aplikasi dan game yang terhubung di facebook

Cukup mudah bukan untuk mengetahui aplikasi dan game apa saja yang terhubung dengan Facebook dan bahkan langkah berikutnya kamu bisa menghapus izin yan sudah diberikan ke aplikasi dan game tertentu agar tidak lagi bisa mengakses profil sosial media milik kamu tersebut. Untuk keamanan, memang sudah sewajarnya kita selalu rutin cek dan recheck berbagai aplikasi yang sudah diberikan izin, agar kita bisa mengetahui mana yang masih dibutuhkan dan mana yang tidak lagi diperlukan.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest