Perbedaan Paket Data dan Kuota

Semakin banyaknya pengguna media sosial maupun instant messaging seperti WhatsApp, BBM maupun Line membuat kebutuhan akan koneksi internet yang cepat dan murah menjadi sebuah keharusan. Karena seperti kita ketahui tanpa didukung oleh koneksi internet seluler yang stabil dan cepat maka komunikasi via WA atau BBM menjadi terkendala seperti pending dan bahkan pesan tidak bisa terkirim.

Berbicara tentang koneksi internet seluler di iPhone atau handphone Android maka tidak akan terlepas dari yang namanya paket internet. Sebenarnya tidak ada perbedaan antara paket data dan paket internet karena keduanya mengacu kepada hal yang sama yaitu paket agar kita bisa mengakses internet tanpa harus memotong pulsa secara langsung. Maka bila kamu berlangganan paket data sama artinya dengan berlanggana paket internet, cuma berbeda istilah saja.

Apa beda paket data dan kuota? Nah, paket data adalah paket yang bisa kamu pilih untuk bisa mengakses internet seluler entah di iPhone atau Android sedangkan kuota artinya batas jumlah yang ditentukan atau jatah besarnya paket data yang bisa kamu pakai untuk koneksi internet seluler di Android atau iPhone.

Sebagai contoh apabila kamu berlangganan paket data sebesar 2GB 4G/LTE per bulan itu artinya kamu diberi jatah sebesar 2GB untuk mengakses internet di jaringan 4G/LTE. Ingat bahwa kuota 4G tidak bisa digunakan di jaringan 3G karena cuma bisa dipakai dan digunakan di jaringan 4G juga hp kamu sudah support 4G/LTE.

Untuk berlangganan paket data bukankah hal yang sulit semisal bila kamu pengguna Telkomsel maka bisa akses menu *363# untuk memilih paket data yang kamu inginkan atau bisa juga lewat aplikasi My Telkomsel.

perbedaan paket data dan kuota

Lalu apa perbedaan antara paket flash dan local data? Nah Paket Flash adalah salah satu paket internet seluler dari Telkomsel yang bisa kamu pilih sedangkan local data adalah kuota internet yang biasanya kita dapatkan saat berlangganan paket flash tersebut. Local data ini hanya dipakai saat kamu berada di wilayah sendiri sebagai contoh apabila SIM Card kamu untuk wilayah Priangan Timur maka local data hanya bisa dipakai di wilayah tersebut, tidak bisa digunakan digunakan di luar wilayah Priangan Timur.

Bagi kamu yang memakai kartu dari Indosat bisa memanfaatkan aplikasi seperti MyIM3 untuk berlangganan paket internet Indosat seperti Kuota Combo atau bisa juga lewat menu *363# biar lebih cepat tanpa harus menginstall aplikasi terlebih dahulu.

perbedaan paket kuota dan extra kuota

Terakhir, kamu juga mungkin masih bingung dengan istilah paket kuota dan extra kuota? Nah, extra kuota adalah tambahan kuota agar kamu tetap bisa mengakses internet saat kuota utama habis. Sebagai contoh, kamu berlangganan paket data/ kuota 4GB untuk satu bulan tapi baru saja 2 minggu ternyata kuota 4G tersebut sudah habis, nah agar kamu bisa tetap mengakses internet di Android atau iPhone maka bisa langsung membeli extra kuota. Jadi syarat agar bisa beli extra kuota adalah kamu harus sudah berlangganan paket internet utama sebelumnya.

Leave a Reply