Bisakah iPhone Pakai Memori Eksternal

iPhone terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan kapasitas memori internal yang cukup besar yakni bisa sampai 256GB. Namun sebesar apapun memori internal tersebut bukanlah sebuah jaminan bahwa kamu tidak akan kehabisan memori karena ternyata banyak dari pengguna yang tiba-tiba mengalami masalah memori iPhone penuh padahal aplikasi sedikit.

Aplikasi dan game iPhone berukuran besar memang menjadi salah penyebab kenapa memori cepat penuh, apalagi setelah beberapa bulan digunakan penggunaan memori oleh berbagai macam aplikasi dan game akan bertambah besar seiring dengan dengan banyaknya cache dan data game. Sebagai contoh, Whatsapp setelah digunakan selama beberapa bulan akan memiliki data dan cache yang cukup besar bisa sampai beberapa GB, terutama bagi mereka yang sering berkomunikasi lewat grup WA.

Penyebab kedua memori iPhone cepat penuh karena terlalu banyak foto di kamera roll iPhone. Untuk kamu yang sering menggunakan kamera iPhone secara maksimal, terkadang jarang menyadari bahwa sebuah foto hasil jepretan kamera iPhone ukurannya bisa sampai beberapa 5-10MB lebih, bisa dibayangkan bila di kamera roll ada ribuan foto, yang tentu saja membuat memori sebesar 256GB aja akan terasa lebih cepat habis.

Di menu pengaturan Penyimpanan iPhone kita bisa mengetahui detail penggunaan memori di iPhone. Disini kita bisa melihat apakah App, Foto, Mail atau Media yang menghabiskan memori terbesar di iPhone, sehingga kita bisa dengan mudah menemukan solusi terbaik untuk membuat iPhone kembali memiliki memori yang cukup sehingga semua aktivitas di iPhone bisa berjalan dengan normal tanpa kendala.

Apakah iPhone bisa pakai memori eksternal

Untuk kamu yang mengalami masalah mengapa memori iPhone cepat habis tentu pernah terlintas untuk menambah kapasitas memori tersebut dengan memakai memori eksternal atau SD Card seperti yang sering dilakukan oleh pengguna Android. Sebenarnya apakah iPhone bisa memakai memori eksternal atau tidak?

Berbeda dengan Android yang selalu disediakan slot memori tambahan atau eksternal sehingga kita bisa dengan mudah memasang SD Card untuk tambah memori. Nah, di iPhone versi lama sampai iPhone terbaru sekalipun tidak pernah ada slot untuk memori itu artinya kita tidak akan bisa tambah memori di iPhone. Bila kamu memiliki iPhone jadul semisal iPhone 4 atau 4S yang hanya dilengkapi dengan internal memori 8GB maka mau tidak mau harus bisa memanfaatkan kapasitas 8GB tersebut untuk berbagai macam data mulai dari aplikasi, foto, email dan media lainnya.

Bila kemudian kamu merasa iPhone cepat habis memory maka solusi termudahnya bisa simak mengatasi memori iphone penuh padahal aplikasi sedikit yang salah satu langkahnya harus rutin melakukan backup data iPhone PC atau komputer, sehingga nantinya data yang sudah berhasil di backup tersebut bisa dihapus di iPhone agar memori internalnya kembali lega. Langkah lainnya adalah rutin hapus data dan cache dari berbagau macam aplikasi dan game, dimana caranya cukup hapus terlebih dahulu app tersebut kemudian nanti bisa install ulang lewat App Store di iPhone.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest