Mengatasi Penyimpanan iPhone Penuh

Memiliki iPhone dengan memori internal kecil yakni cuma 16GB atau 32GB memang rentan sekali mengalami masalah penyimpanan iPhone saat kita terlalu banyak menyimpan data, foto, aplikasi dan game di iPhone tersebut. Apalagi jika kamu sering banget melakukan selfie menggunakan iPhone tersebut, ditambah dengan banyaknya aplikasi dan game yang berukuran besar, jangan heran bila kapasitas memori internal iPhone yang 16GB tersebut dalam waktu singkat akan cepat penuh.

Penyebab lain kenapa memori iPhone cepat penuh adalah semakin besarnya data aplikasi yang kamu gunakan di iPhone. Sebagai contoh, aplikasi WhatsApp atau BBM saat pertama kali di install ukurannya lumayan kecil, namun semakin lama data di aplikasi tersebut semakin besar bisa mencapai ratusan MB dan bahkan GB, sehingga tak mengherankan bila kemudian iPhone mengalami masalah memori internal penuh padahal kamu hanya memiliki sedikit foto di iPhone.

Mengatasi masalah penyimpanan penuh di iPhone sebenarnya cukup mudah, karena ada banyak opsi untuk menambah kapasitas memori iPhone sehingga nantinya tidak lagi mengalami masalah penyimpanan penuh.

Solusi pertama, lakukan proses backup foto di iPhone ke PC atau komputer. Dengan menyimpan foto di komputer nantinya kamu bisa langsung menghapus foto yang masih di iPhone sehingga nantinya penyimpanan iPhone akan kembali kosong dan kamu bisa terhindar dari peringatan memori internal iPhone penuh. Jangan khawatir kamu bisa simak cara memindahkan foto dari iPhone ke komputer agar nantinya semua foto yang tersimpan di iPhone bisa dipindahkan ke komputer.

Kedua, gunakan penyimpanan online iCloud agar semua data terutama foto yang ada di iPhone kamu akan tetap aman tersimpan secara online. Dengan memanfaatkan penyimpanan iCloud, tentu saja akan menghemat penggunaan penyimpanan internal di iPhone. Dari sisi keamanan, iCloud juga sangat aman yang terpenting kamu harus jaga baik data login dari akun iCloud yang digunakan di iPhone tersebut.

Mengatasi penyimpanan iPhone penuh ketiga adalah menghapus terlebih dahulu aplikasi yang banyak menggunakan memori internal di iPhone. Seperti sudah dijelaskan diatas, sebuah aplikasi semakin lama akan banyak menggunakan memori internal untuk data aplikasi tersebut. Aplikasi chatting seperti WhatsApp atau BBM biasanya banyak sekali menyimpan data aplikasi yang ukurannya bisa ratusan MB.

Masuk ke menu Pengaturan – Umum – Penyimpanan iPhone lalu cari aplikasi yang banyak menggunaan memori internal. Dalam contoh terlihat bahwa game seperti Arena Of Valor, Mail sampai WhatsApp dan Joox ukuran data aplikasinya cukup besar. Kamu bisa langsung hapus terlebih dahulu aplikasi yang banyak memakan memori internal tersebut, untuk kemudian bisa langsung install lagi dari App Store.

mengatasi penyimpanan iPhone penuh

Seiring dengan semakin besarnya megapiksel kamera di sebuah iPhone dan makin besarnya ukuran berbagai macam game atau aplikasi iOS, maka saat kamu akan melakukan upgrade atau mengganti iPhone ke versi terbaru pastikan kamu memilih iPhone dengan kapasitas memori yang cukup besar yakni 128GB ataupun 256GB agar nantinya tidak mengalami lagi masalah penyimpanan iPhone penuh.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest