Cara Edit File Hosts di Android

Bagi pengguna Android tentu sudah tak asing lagi dengan Google Playstore dimana kita bisa menemukan berbagai macam aplikasi dan game Android. Namun apa jadinya apabila saat akan membuka Playstore di Android justru yang muncul hanya error no connection – retry padahal koneksi internet seluler maupun wifi di Android kamu tidak mengalami gangguan alias lancar, kamu bisa kirim pesan lewat BBM, Telegram ataupun WA tanpa kendala, begitu juga bisa akses internet.

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah Google Playstore no connection adalah dengan mengedit file hosts di Android. Kita ketahui keberadaan file hosts ini sangat berguna sekali di Android karena file inilah yang mengatur dan menentukan alamat web atau blog mana saja yang bisa di akses atau dibuka di hp Android kamu. Saat muncul masalah Playstore Error Connecting bisa jadi disebabkan karena akses ke Google Playstore tersebut di cegah lewat file hosts ini.

playstore error no connection

Untuk mengedit file hosts kita bisa menggunakan ADB di komputer, namun sebelumnya pastikan bahwa Android kamu sudah di root terlebih dahulu. Masuk ke cmd di windows kemudian masukan perintah adb pull /system/etc/hosts (lokasi file misal D:\hosts) seperti pada gambar di bawah ini. Dengan perintah ini kita akan menyalin file hosts ke komputer yakni ke drive D.

edit file host di Android

Masuk ke drive D dimana kita menyimpan file hosts tadi kemudian pilih open untuk mengedit file hosts Android tersebut.

cara edit file host Android

Pastikan bahwa di dalam file tersebut hanya berisi data yang kamu anggap perlu, atau apabila kamu bingung biarkan isinya seperti di bawah ini. Setelah semua beras kamu bisa menyimpan file tersebut.

bagaimana edit file hosts di Android

Kini saatnya untuk mengembalikan file hosts yang sudah di edit tadi ke Android kamu, masukan kembali perintah adb push D:\hosts /system/etc/

mengedit file host pada android

Apabila muncul error failed to copy karena masalah read only file system itu artinya Android kamu belum di root, jadi silahkan lakukan proses rooting terlebih dahulu.

tidak bisa edit file hosts android

Bagaimana cukup mudah bukan untuk mengedit file hosts di Android? Sekali lagi keberadaan file hosts ini sangatlah berguna dan penting untuk handphone Android karena kamu bisa mengatur akses ke internet lewat file ini.

3 Responses to “Cara Edit File Hosts di Android”
  1. ary 20/01/2018
    • Siti Syarah 21/01/2018
    • kalingga 15/02/2018

Leave a Reply