Apa Fungsi Adb Android

Pernahkah kamu bertanya Adb Android itu Apa? Nah, Android Debug Bridge atau seringkali disingkat ADB adalah sebuah alat dimana kita bisa mengirimkan berbagai macam perintah termasuk perintah yang ada di Linux atau perintah khusus untuk pengembang ke ponsel Android kapanpun juga selama mode pengembang (debugging) aktif di pengaturan ponsel Android kamu. Dengan ADB kamu bisa memberikan perintah ketika hp Android kamu dalam keadaan menyala (normal) ataupun dalam kondisi pemulihan atau recovery mode. ADB seringkali digunakan untuk proses root Android dan tentu saja sebaliknya untuk melakukan unroot Android kamu.

Apakah fungsi adb pada Android hanya untuk root dan unroot saja? Tentu saja tidak, ada banyak manfaat ADB yang bisa kamu dapatkan karena seperti kita ketahui di ADB banyak sekali perintah yang sangat bermanfaat untuk Android. Apabila kamu penasaran dengan fungsi adb shell di Android dan perintah apa saja yang bisa kamu gunakan di ADB Android.

adb devices – perintah yang satu ini digunakan untuk mengecek device atau hp Android yang terhubung ke komputer kamu. Ini merupakan perintah pertama yang harus kamu lakukan untuk memastikan apakah Android benar-benar sudah tersambung ke laptop atau tidak, apabila Android tidak terdeteksi di komputer maka tentu saja kamu tidak akan bisa menjalankan perintah adb lainnya.

fungsi adb di android

adb reboot recovery – apabila kamu ingin melakukan boot ke menu recovery mode Android, maka bisa memakai perintah ini. Ada banyak fungsi atau manfaat recovery mode di Android salah satu diantaranya kamu bisa melakukan wipe cache dan data dan bahkan melakukan proses upgrade Android ke versi terbaru semisal dari Lollipop ke Marshmallow atau sebaliknya downgrade dari Lollipop ke Kitkat.

adb push [sumber] [tujuan] – mengirimkan file komputer ke hp Android bisa dilakukan dengan mudah dan cepat via ADB dengan perintah sederhana ini. Pertama kamu tentukan file sumber yang akan dikirimkan lalu tentukan folder tujuan dimana file tersebut akan disimpan di hp Android kamu. Berbagai macam file bisa kamu kirimkan lewat perintah ADB yang satu ini, entah itu foto ataupun custom rom dalam bentuk file zip.

adb pull – merupakan kebalikan dari adb push, perintah ini untuk mengirimkan file dari hp Android kamu ke komputer. Tentu saja kamu bisa bebas menentukan file apa saja yang dikirimkan juga bebas menentukan folder dimana file tersebut akan diletakan di komputer atau laptop kamu.

adb install [.apk] – ingin menginstall aplikasi Android via komputer? Tenang saja kamu bisa kok melakukannya dengan mudah dan cepat yaitu dengan memakai perintah adb install. Namun sebelumnya pastikan bahwa memori internal sistem di Android kamu tidak penuh agar proses installasi berjalan lancar dan normal tanpa kendala apapun.

adb reboot-bootloader – perintah adb ini adalah melakukan proses reboot atau menyalakan ulang android kamu ke mode bootloader. Setelah berada di mode bootloader, perintah adb tidak lagi berfungsi diganti dengan perintah fastboot.

manfaat adb android

adb sideload – apakah kamu sering banget melakukan flash atau update hp Android menggunakan custom rom? Maka perintah adb sideload sangatlah cocok karena dengan perintah ini kamu bisa dengan mudah melakukan flash custom ROM ataupun file zips dari komputer ke Android. Pastikan bahwa custom rom sudah sesuai dengan type ponsel Android yang kamu pakai untuk menghindari masalah bootloop akibat kesalahan memilih rom Android tersebut.

adb backup – sebelum melakukan proses adb sideload ada baiknya kamu melakukan terlebih dahulu adb backup untuk menyimpan (backup) hp Android kamu ke komputer, sehingga apabila nantinya kamu mengalami kegagalan ketika proses adb sideload, maka bisa dengan mudah melakukan adb restore yang akan mengembalikan hasil ke backup dari komputer ke Android.

Itulah beberapa perintah adb yang sering digunakan, sebenarnya ada banyak perintah yang bisa coba dan tentunya kamu gunakan untuk lebih mengoptimalkan kinerja Android. Meski begitu, sebelum menggunakan sebuah perintah adb, pastikan bahwa kamu sudah mengetahui fungsi dari perintah tersebut agar terhindar dari kesalahan fatal yang bisa menyebabkan hp Android kamu mengalami error atau masalah.

Leave a Reply