Apakah Android Butuh Aplikasi Pembersih

Saat membuka Google Play Store sudah bisa dipastikan kamu akan melihat berbagai macam aplikasi yang katanya mampu membuat hp Android menjadi lebih cepat dengan membersihkan cache dan berbagai macam aplikasi tidak berguna. Tak hanya satu atau dua aplikasi, namun kamu akan melihat puluhan bahkan ratusan aplikasi pembersih yang justru akan membuat kita semakin bingung, dan akhirnya bertanya apakah hp Android itu memang membutuhkan sebuah aplikasi pembersih?

Jika melihat dari berbagai deskripsi yang ada di setiap aplikasi pembersih, kita bisa menyimpulkan bahwa semuanya memiliki tujuan yang hampir serupa yakni membuat handphone Android menjadi lebih cepat sehingga nantinya kamu bisa lancar bermain game online, mengakses media sosial dan berbagai macam aktivitas lainnya. Dengan semakin banyaknya hp Android yang sudah dilengkapi prosesor kelas atas dan RAM yang lumayan besar dimana saat ini rata-rata sudah 4GB ke atas, sebenarnya apakah kita perlu menginstal aplikasi seperti ini?

Di setiap versinya mulai dari Nougat, kemudian Oreo dan yang terbaru adalah Android Pie, berbagai macam fitur ditambahkan untuk membuat kinerja Android lebih maksimal dan efisien. Sebagai contoh, dalam hal pengelolaan aplikasi yang berjalan di setiap versi Android selalu mendapat perhatian lebih sehingga nantinya kinerja Android menjadi lebih maksimal tanpa lagi mengalami masalah lemot meski kita menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Bila secara default Android sudah mampu mengelola berbagai macam aplikasi yang berjalan secara bersaman dengan sangat efisien maka sudah bisa dipastikan bahwa sebenarnya kita tidak lagi membutuhkan aplikasi tambahan seperti aplikasi pembersih untuk membuat kinerja Android lebih cepat. Justru, keberadaan aplikasi pembersih malah membuat kinerja Android menjadi lebih lemot karena adanya proses tambahan di latar belakang yang tidak dibutuhkan sama sekali.

Tapi kan aplikasi pembersih itu bisa membersihkan cache Android sehingga nantinya kinerjanya menjadi lebih cepat? Sekali lagi, fitur untuk bersih-bersih cache sudah ada secara default di Android tanpa harus menggunakan aplikasi apapun. Kamu bisa coba masuk ke menu Pengaturan – Aplikasi lalu cari aplikasi yang ingin dihapus cachenya. Untuk langkah lebih lengkap bisa simak cara hapus cache di Android tanpa aplikasi agar nantinya kamu bisa memilih aplikasi mana saja yang harus di bersihkan cachenya.

aplikasi pembersih cache di android apakah dibutuhkan

Fungsi lainnya yang ada di sebuah aplikasi pembersih adalah kemampuannya untuk mencari dan kemudian menghapus game atau apps yang jarang digunakan. Tahukah kamu, bahwa fungsi ini juga sudah sejak lama ada di Android dan merupakan fitur bawaan standar yang bisa digunakan kapan saja. Tidak percaya? silahkan akses menu Pengaturan – Penyimpanan disini kamu bisa melihat opsi untuk kosongkan ruang atau membersihkan ruang penyimpanan dan seperti terlihat kita bisa dengan mudah mengetahui aplikasi yang jarang digunakan dan kemudian menghapusnya dalam satu langkah, tidak ribet dan tidak perlu aplikasi tambahan lagi.

Apakah Android Butuh Aplikasi Pembersih

Dari dua contoh diatas sudah bisa dipastikan bahwa sebenarnya keberadaan aplikasi pembersih untuk Android itu tidaklah dibutuhkan sama sekali karena ternyata berbagai macam fungsinya sudah ada secara default bawaan Android yang bisa kita akses dengan cepat dan mudah. Perkembangan versi Android yang hampir setiap tahun ada versi terbarunya, tentunya akan selalu menyertakan fungsi dan fitur terbaru yang akan membuat kinerja hp Android kita semakin efisien tanpa perlu bantuan dari aplikasi pihak ketiga.

Leave a Reply