Cara Update iOS 13 di iPhone Meski Ruang Penyimpanan Tidak Mencukupi

Salah satu keuntungan menggunakan iPhone dibandingkan smartphone Android adalah kita akan selalu mendapatkan update iOS terbaru secara rutin tanpa harus menunggu lama. Saat Apple secara resmi mengeluarkan versi iOS paling baru misalkan iOS 13 maka dalam hitungan jam pengguna iPhone sudah bisa langsung melakukan proses update baik secara ota maupun manual dengan bantuan komputer. Bandingkan dengan pengguna hp Android, saat muncul versi terbaru seperti Android 11, pengguna harus menunggu berbulan-bulan untuk dapat update resmi dari vendor hp tersebut, itu juga bila tipe smartphone yang kamu gunakan termasuk ke jajaran hp yang bakal dapat update, jika tidak? Mau tidak mau terpaksa kamu harus ganti handphone hanya sekedar untuk mencicipi Android 11 tersebut.

Tak jauh berbeda dengan smartphone Android, di iPhone juga kita bisa melakukan pembaruan atau update ke iOS terbaru secara langsung tanpa bantuan komputer lewat fitur OTA Update. Langkah ini sangat cocok dan bahkan menjadi opsi yang paling banyak digunakan dan dipilih mengingat prosesnya tidak sulit, cukup terhubung ke jaringan wifi yang cepat dan stabil maka dalam hitungan menit kita bisa langsung mengunduh pembaruan iOS lalu menginstalnya secara langsung di iPhone tanpa lagi membutuhkan bantuan komputer.

cara cek update ios terbaru di iPhone

Sebelum melakukan proses ota update iOS di iPhone hal utama dan pertama yang harus diperhatikan adalah pastikan memori internal iPhone masih banyak tersisa dan tidak penuh. Apabila kamu ingin upgrade iOS 12 ke iOS 13, biasanya dibutuhkan penyimpanan kosong sedikitnya 4GB sesuai dengan tipe iPhone yang digunakan. Meskipun kamu memakai iPhone dengan internal memori sangat besar yakni 123GB atau bahkan 512GB, tak menutup kemungkinan kamu bisa juga gagal update iOS karena masalah penyimpanan tidak cukup, karena terlalu banyaknya foto dan video di galeri ataupun besarnya data dan cache dari game atau aplikasi yang sering digunakan.

Solusi termudah agar kita bisa update ke iOS 13 terbaru meski ruang penyimpanan di iPhone penuh dan tidak mencukupi adalah dengan melakukan proses update lewat iTunes di komputer atau laptop. Pastikan laptop kamu terhubung ke internet lalu sambungkan iPhone menggunakan kabel data USB, secara otomatis iTunes akan mendeteksi apakah tersedia pembaruan iOS terbaru atau tidak. Dengan melakukan proses update via iTunes maka firmware yang diunduh akan tersimpan sementara di komputer bukan iPhone, berbeda dengan OTA update dimana firmware akan tersimpan di memori internal iPhone sehingga membutuhkan alokasi ruang penyimpanan yang besar.

Bagaimana bila ternyata kamu tidak memiliki atau belum pernah melakukan update iPhone menggunakan iTunes di komputer tapi tetap ingin update iOS meski memori internal tidak mencukupi? Solusinya tentu saja terlebih dahulu kamu harus mengatasi ruang penyimpanan penuh di iPhone dengan beberapa langkah mudah yakni bisa dengan menghapus koleksi foto selfie yang tersimpan di iPhone. Lakukan backup foto dan video dari iPhone entah itu ke iCloud, Google Drive atau bahkan ke flashdisk dan komputer. Setelah itu kamu bisa mulai hapus beberapa foto di iPhone agar ruang penyimpanan menjadi lega kembali untuk kemudian melakukan update iOS.

Kedua, agar ruang penyimpanan tidak penuh saat melakukan update iOS sebaiknya hapus game dan aplikasi yang jarang dan tidak pernah digunakan sama sekali. Cukup sisakan aplikasi yang selalu dipakai saja seperti WhatsApp dan beberapa aplikasi sosial media. Untuk aplikasi lainnya kamu bisa menginstalnya kembali saat proses update iOS telah selesai.

update ios 13 terbaru meski ruang penyimpanan penuh

Beberapa aplikasi dan game menyimpan data dan cache yang sangat besar di memori internal sehingga bisa menyebabkan kamu tidak bisa update iOS karena ruang tidak mencukupi. Di pengaturan penyimpanan iPhone kamu bisa cek aplikasi dan game mana saja yang memiliki data aplikasi paling besar. Selanjutnya kamu bisa melakukan hapus data secara langsung di aplikasi yang bersangkutan karena di iPhone tidak tersedia hapus cache dan data seperti halnya di Android.

solusi tidak bisa update ios 13 karena ruang penyimpanan tidak mencukupi

Tahun ini, Apple meluncurkan iOS 13 dengan berbagai macam fitur terbaru yang belum pernah ada di versi iOS sebelumnya seperti fitur Dark Mode yang akan membuat tampilan iPhone lebih gelap namun sangat nyaman digunakan dibandingkan dengan mode standar biasa. Keuntungan dark mode di iPhone lainnya adalah bisa lebih hemat penggunaan baterai dan yang terpenting mata tidak cepat lelah saat kita harus beraktivitas seharian menggunakan iPhone.

Pembaruan menu Foto di iOS 13 juga akan membuat pengguna iPhone semakin mudah untuk menemukan sebuah foto berdasarkan urutan tahun, hari atau bulan juga momen dalam foto tersebut. Proses edit foto juga semakin asyik karena semakin banyaknya fitur editing sehingga nantinya kamu tidak lagi membutuhkan aplikasi lain dari pihak ketiga hanya sekedar untuk edit foto. Menu pesan dan memoji iPhone juga mendapatkan pembaruan yang cukup signifikan sehingga kamu bisa lebih nyaman saat menerima dan mengirim pesan di iOS terbaru.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest