Fungsi dan Kegunaan Cloud Print di Android

Salah satu fitur Android yang seringkali terlupakan dan bahkan tidak pernah digunakan sama sekali adalah cloud print atau layanan cetak dokumen dan data secara langsung dari ponsel Android kamu ke printer tanpa perlu lagi memakai komputer atau PC. Dengan fitur ini, saat kamu ingin mencetak sebuah dokumen baik dalam bentuk file word, excel ataupun foto bisa dilakukan via hp Android sehingga lebih mudah, cepat dan tentu saja efisien.

Tak semua orang mengetahui kegunaan dan fungsi cloud print di handphone Android karena fitur yang satu ini memang baru bisa dijalankan dan bekerja dengan maksimal apabila kita memiliki sebuah printer yang sudah dilengkapi dengan koneksi bluetooth, wifi ataupun printer biasa yang terhubung ke internet via komputer. Karena sangat jarangnya orang yang memiliki printer di rumah maka tidak heran bila kemudian fitur cloud print di Android hanya jadi fitur tambahan yang tidak pernah dirasakan manfaatnya.

fungsi cloud print di android

Berbeda untuk kamu yang selalu sibuk dengan pekerjaan dan membutuhkan proses cetak dokumen tanpa lagi harus mengandalkan komputer maka fitur cloud print ini sangat berguna dan bermanfaat sekali karena bisa mendukung terhadap aktivitas kerja kamu sehari-hari. Bayangkan saja kamu bisa membuat dokumen dan laporan di handphone Android lalu setelah selesai bisa langsung print out laporan tersebut secara langsung.

Dari sini jelas sekali bahwa fungsi utama dari cloud print di Android adalah agar kita bisa cetak dokumen secara langsung dari smartphone milik kita ke printer yang sudah dilengkapi dengan fitur wifi atau bluetooth juga printer biasa yang memang selalu terhubung ke internet via komputer. Untuk mengaktifkan fitur cloud printer yang pertama kali dibutuhkan adalah koneksi wifi. Pastikan antara komputer dan hp Android menggunakan jaringan yang wifi yang sama, lalu akses menu tambahkan printer di Cloud Print. Untuk langkah lebih jelas dan detail bisa disimak di Cara Print Dokumen dari Android dengan menggunakan printer biasa yang tidak dilengkapi dengan fitur wifi atau Bluetooth.

Selain melakukan print out atau cetak dokumen langsung ke printer, fungsi Cloud Print di Android juga bisa difungsi untuk cetak dokumen dalam bentuk file pdf lalu menyimpannya secara online atau cloud ke akun Google milik kamu sehingga nantinya dokumen atau file yang berhasil dicetak dan disimpan ke cloud tersebut bisa diakses dan dibuka oleh orang lain, rekan kerja ataupun kerabat kamu. Langkah ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berbagi sebuah dokumen secara online tanpa harus lagi menggunakan aplikasi tambahan apapun.

Satu lagi, apa sebenarnya fungsi cloud di Android itu? Nah Cloud sendiri adalah layanan penyimpan file dan dokumen secara online. Contohnya seperti iCloud, Google Drive sampai Dropbox dimana dengan layanan seperti ini kamu tidak lagi harus menyimpan dokumen di memori internet atau sd card, tapi simpan secara online agar bisa diakses dimanapun dan kapanpun juga. Keuntungan menggunakan Cloud di Android tentu saja bisa menghemat memori internet atau sd card kamu karena semua data baik foto, dokumen dan file lainnya bisa disimpan di cloud secara online.

Kedua, dengan menyimpan semua data di Cloud maka kamu tidak lagi takut kehilangan data ketika harus berganti handphone, atau saat hp kamu error dan harus diformat ulang karena tersimpan secara online maka semua data bisa diakses dan dibuka kembali dengan menggunakan akun Google yang sama seperti yang digunakan sebelumnya. Selalu ingat baik-baik akun cloud mulai dari email dan kata sandinya karena itu adalah kunci agar kamu bisa selalu mengakses file yang tersimpan di cloud tersebut.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest