Manfaat Android di Flash

Entah kenapa saat kamu akan menyalakan hp Android, ternyata tidak bisa masuk ke menu utama hanya sampai logo lalu kemudian ponsel kamu restart kembali dari awal, setelah ditunggu beberapa menit ternyata tetap saja prosesnya cuma sampai logo tidak bisa masuk ke menu utama Android. Bila kamu mengalami masalah seperti ini, jawabannya cuma satu yakni hp Android kamu mengalami masalah bootloop dan solusinya tentu saja harus di flash atau restore entah itu menggunakan stock rom ataupun custom rom. Lalu, sebenarnya apa sih manfaat hp Android di flash itu? Apakah cuma sekedar untuk mengatasi bootloop atau ada manfaat lain?

Salah satu fungsi dari flashing Android adalah untuk mengatasi atau memperbaiki sistem Android yang rusak yang menyebabkan ponsel kamu mengalami bootloop. Dengan dilakukannya proses flash baik itu menggunakan stock rom ataupun custom rom, nantinya ponsel Android akan kembali ke setelan pabrik yang kondisinya sama ketika kamu baru membeli ponsel tersebut.

apa manfaat flashing android

Selain untuk mengatasi masalah bootloop, manfaat flashing Android lainnya adalah apabila kamu ingin mendapatkan sistem operasi atau OS Android terbaru. Sebagai contoh bila saat ini ponsel kamu masih menggunakan OS Android Marshmallow dan kamu ingin menggunakan Android terbaru yakni Android Oreo, maka untuk proses update dari Marshmallow ke Oreo tersebut kamu harus melakukan proses flash Android via komputer atau lewat menu Recovery Mode.

Syarat bisa melakukan proses flash Android adalah kamu sudah mengunduh terlebih dahulu firmware yang sesuai dan cocok untuk type ponsel Android kamu, baik itu firmware resmi (stock rom) dari vendor hp yang kamu gunakan atau bisa juga memakai Custom Rom yakni firmware dari pihak ketiga alias tidak resmi. Bila kamu memutuskan untuk menggunakan cusrom, pastikan terlebih dahulu kamu mengetahui kekurangan dan kelebihan custom rom Android, agar nantinya kamu tidak salah dalah memilih rom yang cocok untuk type ponsel kamu.

Proses flashing Android sebaiknya menggunakan komputer atau PC dengan memakai program resmi agar nantinya proses flash Android bisa sukses dan tidak mengalami kegagalan. Bila kamu pengguna ponsel merk Samsung, bisa coba menggunakan ODIN di PC untuk proses flashingnya, sedangkan pengguna Xiaomi bisa memakai MiFlash, ponsel Android lainnya bisa coba gunakan Flashtool.

Leave a Reply