Inilah Tips Memilih Power Bank Yang Bagus Berkualitas untuk Android dan iPhone

Memiliki sebuah power bank atau portable charger yang bisa dibawa kemanapun akan sangat berguna disaat Android atau iPhone kita tiba-tiba lowbet di tengah perjalanan. Dengan adanya power bank, kita tidak lagi takut kehabisan baterai, tidak perlu lagi khawatir Android kita akan mati di saat-saat kita sedang membutuhkannya. Namun tahukan kamu, memilih power bank secara sembarangan justru akan membahayakan Android atau iPhone kamu, so sebelum memutuskan membeli sebuah powerbank, ada banyaknya simak terlebih dahulu tips membeli power bank yang berkualitas dan bagus.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pastikan bahwa powerbank yang akan kamu beli memiliki tiga fitur penting yaitu OVP (Over Voltage Protection) yang akan melindungi handphone kamu akibat voltase power bank yang terlalu besar, OTP atau Over Temperature Protection yang berguna melindung power bank dan handphone dari panas berlebihan dan fitur OCP (Over Charging Protection) dimana proses charging akan otomatis berhenti ketika baterai handphone kamu telah full, fitur ini sangat bermanfaat untuk mencegah baterai menjadi rusak karena terus menerus terisi ketika indikator sudah full.

Baca juga : Tips Memilih SD Card yang Berkualitas Bagus

Kedua perhatikan kapasitas power bank tersebut. Jangan memilih powerbank dengan kapasitas yang terlalu kecil, minimal kamu memilih powerbank dengan kapasitas 3 kali charging sampai full handphone kamu. Semisal bila handphone kamu kapasitas 1600 mAH, maka pilih power bank minimal 3 x 1.600 mAH atau sekitar 5000 mAh. Dengan kapasitas besar, maka akan mampu memenuhi kebutuhan darurat.

Power bank saat ini sudah dilengkapi kabel charging multi fungsi, bisa untuk iPhone, Android dan bahkan untuk handphone jadul. Lihat kualitas kabel yang disertakan dalam paket pembelian. Pastikan kabelnya memiliki kualitas baik. Atau akan lebih baik jika kamu memilih menggunakan kabel original bawaan ponsel kamu, dengan memakai kabel original maka keamanan proses charging pun akan lebih terjamin. So, hindari saja menggunakan kabel bawaan power bank apabila yang berkualits rendah.

Perhatikan cell atau baterai dari power bank tersebut, pastikan menggunakan baterai yang berkualitas seperti Samsung Cell, Sanyo Cell atau  Japan Cell. Dengan menggunakan baterai yang berkualitas maka daya tahan power bank akan lebih terjamin. Kamu pasti tidak ingin kan baru membeli power bank selama 2 bulan, eh sudah rusak dan tidak lagi bisa dipakai lagi.

tips memilih powerbank yang bagus berkualitas

Ingat, harga dan merek tidak pernah bohong, harga mahal dari merk terkenal akan lebih menjamin bahwa powerbank tersebut berkualitas. Jangan tertipu dengan kapasitas powerbank yang besar misal 50.000 mAh berharga murah, tapi ternyata kualitas dibawah standar, selain akan membahayakan handphone kamu, juga biasanya power bank tersebut akan cepat rusak. Selalu pilih power bank dari merk yang memang sudah dikenal meski dengan rentang harga yang lebih mahal.

Leave a Reply