Fungsi dan Cara Menghapus Folder Thumbnail di Android

Heran dengan kapasitas memori internal Android yang selalu penuh sehingga kamu sering kesulitan untuk menyimpan data ataupun ketika akan melakukan update aplikasi dari Google Playstore. Sudah berbagai cara dilakukan untuk membuat memori internal kembali kosong, mulai dari hapus aplikasi yang jarang digunakan, memindahkan semua data ke SD Card sampai rajin hapus cache namun tetap saja selalu muncul notifikasi bahwa memori internal hampir penuh.

Satu penyebab yang sering kali dilupakan kenapa memori internal Android cepat penuh karena adanya folder thumbnail yang ukurannya bisa sangat besar. Bila kamu memiliki banyak sekali foto di hp Android maka sudah bisa dipastikan bahwa ukuran folder thumbnail di Android akan sangat besar. Sebenarnya apa sih fungsi folder thumbnail di Android itu dan apakah kita bisa untuk menghapus folder tersebut.

Untuk kamu yang masih penasaran, fungsi thumbnail di Android adalah sebagai preview file terutama foto dalam ukuran kecil. Saat kamu membuka galeri foto di Android, dan melihat daftar foto dalam ukuran kecil, itulah yang dinamakan dengan thumbnail. File berukuran kecil untuk memudahkan kita melihat atau preview foto yang ada di galeri tersebut. Tanpa adanya thumbnail maka sudah pasti kita harus membuka satu persatu foto yang berukuran besar tersebut, sehingga akan membuat kesulitan saat akan mencari foto yang diinginkan.

Menghapus folder thumbnail di Android bisa dilakukan dengan mudah yakni menggunakan file manager atau pengelola berkas baik bawaan Android ataupun aplikasi lain yang bisa di unduh dari Google Playstore. Masuk ke memori internal disini ada folder Thumbnail dimana kamu bisa langsung menghapus folder tersebut tanpa harus khawatir akan kehilangan data atau Android menjadi error.

apa fungsi folder thumbnail di android

Secara default lokasi folder thumbnail itu tersembunyi, jadi jika kamu tidak bisa melihat folder thumbnail di Android, pastikan pengaturan di file managernya untuk menampilkan file tersembunyi. Masuk ke menu opsi lalu aktifkan pilihan agar file dan folder tersembunyi ditampilkan secara default guna memudahkan kita menemukan folder thumbnail tersebut.

menghapus folder thumbnail di Android

Apakah bisa menghilangkan folder thumbnail di Android? Jawabannya tidak bisa, kenapa? karena folder thumbnail ini sangat berguna untuk preview file dalam ukuran kecil sehingga Android akan selalu membuat folder thumbnail ini agar bisa mempercepat dan memudahkan pengguna untuk menelusuri berbagai macam file terutama foto di Android.

Agar folder thumbnail ini tidak selalu menghabiskan memori internal Android, sebaiknya hapus secara berkala. Saat kamu telah memindahkan berbagai macam file dan foto ke komputer atau PC, sebaiknya hapus folder thumbnail ini, agar nantinya Android bisa membuat data thumbnail terbaru sesuai dengan file yang masih ada di hp Android. Jangan sampai foto atau data yang sudah tidak ada, tapi thumbnailnya masih tersimpan di Android.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest