Tips Memilih SD Card Yang Bagus Untuk Android

Pernahkan kamu merasa kesal karena semua file foto dan musik di SD Card atau kartu memori tidak terbaca karena SD Cardnya error? Itulah salah satu akibat bila kamu sembarangan membeli dan memilih SD Card tanpa mengetahui dulu bagaimana kualitas kartu memori tersebut. Memilih Kartu Memori yang bagus tentunya menjadi sebuah keharusan, selain demi keamanan data kamu juga untuk kecepatan dalam mengakses berbagai file di Android.

Seperti kita ketahui, untuk mempercepat Android agar tidak lemot kamu bisa menggunakan berbagai macam aplikasi dan menerapkan berbagai tips dan trick Android terbaru. Nah, tahukah kamu bahwa memilih SD Card yang bagus juga bisa lebih mempercepat kinerja Android? Lho kok bisa? Karena dengan memilih kartu memori yang bagus maka proses transfer data di Android kamu akan lebih cepat itu artinya Android kamu pun akan lebih gesit dan cepat pula.

Kamu pasti sering mengalami ketika akan membuka koleksi foto di Android yang tersimpan di memori card, proses loading foto tersebut sangat lambat, sehingga kamu harus menunggu lama agar bisa melihat-lihat koleksi foto tersebut? Proses loading saat akan melihat koleksi foto di Android, bisa disebabkan karena SD Card yang kamu pakai kurang maksimal kinerjanya.

Lalu bagaimana dong cara memilih SD Card yang bagus untuk Android? Pertama sesuai dengan pepatah umum merk dan harga tidak akan salah, merk terkenal dan harga mahal tentunya akan sebanding dengan kualitas dari SD Card tersebut, so daripada kamu membeli SD Card yang tanpa merk dengan harga 40ribu, lebih baik memilih SD Card dengan merk terkenal dengan harga 50ribu, memang lebih mahal 10ribu, tapi kualitasnya tentu lebih terjamin dan lebih bagus.

Kedua ketika memilih sebuah SD Card pastikan kamu memilih SD Card dengan Class yang tinggi. Seperti kita ketahui memori card ada beberapa macam mulai dari Class 2,4,6 dan 10. Pilihlah SD Card 10 agar kinerjanya lebih maksimal. Class 10 artinya bahwa memori card tersebut memiliki kecepatan minimum untuk transfer file (copy) 10MB/s. Dengan memakai SD Card Class 10 maka kinerja Android kamu akan lebih cepat, mengakses foto sampai menyimpan file hasil selfie kamu menjadi lebih cepat pula.

SD Card bagus untuk Android

Ketiga, SDHC atau SDXC? Ketika memilih sebuah memori card untuk Android kamu, pastikan bahwa kamu telah memilih jenis yang sesuai dan di support oleh Android kamu. SDHC atau singkatan dari Secure Digital High Capacity menyediakan kapasitas penyimpanan sampai 32GB, nah bila kamu memiliki Android yang hanya support sampai 32GB maka pilihlah yang SDHC ini. Sedangkan bila kamu menggunakan Android terbaru dan high end yang sudah mendukung memori ekternal sampai 128GB maka pilih SDXC (Secure Digital eXtended Capacity) yang memiliki kapasitas mulai dari 64GB. Kesalahan memilih antara SDHC dan SDXC akan membuat Android kamu bekerja tidak maksimal.

SD Card yang bagus akan menjadi sia-sia bila kamu menggunakannya sembarangan, so ketika sudah memilih memori eksternal untuk Android kamu, pastikan bahwa kamu tidak mencabut SD Card dari ponsel kamu ketika sedang proses copy atau transfer file ke SD Card. Selalu gunakan proses fitur eject atau Lepaskan Kartu SD ketika kamu akan mengganti atau mencopot kartu memori dari ponsel kamu.

kartu memori card yang bagus untuk android

Dengan tips diatas, maka dijamin bahwa kartu memori eksternal atau SD Card kamu akan awet, tidak akan error dan kamu tidak akan kehilangan koleksi foto dan file yang disimpan di SD Card.

Leave a Reply