Login Email iCloud di Android

Pengguna iPhone mungkin akan terbiasa menggunakan email dari Apple yang sudah terintegrasi dengan akun iCloud yang aktif di iPhone tersebut.  Selama kamu masih tetap dan terus memakai iPhone atau iDevice lainnya dari Apple mungkin bukan masalah karena bisa dengan mudah menggunakan iCloud tersebut, namun bagaimana bila suatu hari kamu berubah pikiran dan ingin mencoba pengalaman baru dengan beralih dari iPhone ke Android, apakah nantinya akan tetap bisa menerima dan mengirim email iCloud yang sebelumnya dipakai di iPhone?

Sama seperti layanan email lainnya, bukanlah hal yang sulit untuk mengakses email iCloud kita meski harus lewat Android, karena di sistem operasi mobile yang satu ini sudah ada pengaturan tersendiri yang akan memudahkan kita untuk login email iCloud di Android tanpa harus memakai aplikasi tambahan dari pihak ketiga manapun. Jadi, meski kamu akhirnya beralih dari iPhone ke Android, tak usah khawatir bahwa email iCloud masih tetap bisa dipakai di Android.

Lalu bagaimana dengan file lainnya seperti foto yang tersimpan di iCloud? Nah, berbeda dengan email, untuk foto yang sebelumnya sudah kita unggah ke akun iCloud akan sulit sekali untuk dibuka lewat Android terkecuali mungkin dengan login lewat browser. Untuk memindahkan foto yang ada di iCloud ke Android, kamu harus melakukannya secara manual yakni dengan cara mengunduh terlebih dahulu, lalu kamu bisa dilanjutkan dengan memindahkannya ke hp Android via komputer atau PC.

Saat ini untuk keamanan pengguna iCloud secara default Apple telah mengaktifkan verifikasi dua faktor dimana kode konfirmasi login akan dikirim via pesan entah itu SMS, email dan juga device baik iPhone, iPad atau Macbook yang sudah dipakai sebelumnya. Agar kita bisa login email iCloud di Android, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat kata sandi khusus untuk proses login. Pertama silahkan askses appleid.apple.com dan  login ke akun iCloud milik kamu lewat browser di Android seperti tampak pada gambar di bawah ini, lalu tap pada menu keamanan selanjutnya pilih opsi untuk membuat kata sandi aplikasi.

membuat password aplikasi di iCloud

Untuk mengingat tentang password yang telah kita buat dan juga digunakan untuk apa kata sandi tersebut, kamu bisa memberi label sesuai keinginan dalam contoh kita beri nama labelnya adalah  login Android karena  akan dipakai untuk di smartphone Android kita, selanjutnya silahkan catat dan ingin baik-baik kata sandi yang dihasilkan yang berupa kombina 16 digit karena nantinya akan kita pakai di Android.

generate password app di iCloud

Kini saatnya untuk menambahkan email iCloud di hp Android kamu lewat menu Pengaturan Akun, dibagian paling bawah pilih Tambahkan Akun kemudian tap pada IMAP karena kita akan memasukan detail emailnya secara manual.

cara login email iCloud di hp Android

Silahkan masukan email yang digunakan di akun iCloud, bisa berupa Gmail, Yahoo atau bahkan iCloud dari Apple, lalu pilih Penyiapan secara manual dan kemudian IMAP.

Login iCloud di Android

Pastikan kamu memasukan data server masuk dan keluar dengan benar dan tepat yakni smtp.mail.me.com untuk server keluar seperti pada gambar di bawah ini. Jangan sampai salah dan tertukar karena nantinya akan berakibat error dan bahkan kita tidak akan bisa login ke email iCloud.

pengaturan email icloud di Android

Apabila kamu memasukan email dan kata sandi akun iCloud dengan benar, juga pengaturan sever masuk dan keluarnya juga benar, maka dalam hitungan detik kita sudah bisa mengakses email iCloud di Android. Silahkan jalankan aplikasi Gmail di hp Android, dan kini kamu bisa melihat ada email iCloud yang baru saja kita tambahkan.

cara membuka email icloud tanpa iPhone lewat Android

Bagaimana, tidak sulit untuk login email iCloud di Android? Kini kamu bisa menerima dan mengirim email dari akun iCloud kamu meski tanpa menggunakan iPhone. Namun perlu diingat bahwa cara diatas hanya sebatas untuk mengakses email iCloud di Android, tidak untuk membuka dan melihat foto yang tersimpan di akun iCloud milik kamu.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest