Apakah Id Apple Sama Dengan iCloud

Bagi kamu yang baru menggunakan iPhone tentunya sebelum menggunakan berbagai layanan dari Apple terlebih dahulu kamu harus memiliki Apple id. Bisakah kita menggunakan akun Google Playstore di iPhone? Jawabannya jelas sekali tidak bisa karena berbeda layanan. Apakah Apple ID itu? Secara sederhana dan singkat Apple ID adalah akun untuk mengakses semua layanan dari Apple seperti iCloud, iTunes & App Stores, iMessage, Apple Music, sampai FaceTime.

Lalu apakah Apple id dan icloud sama? Yups jawabnya tentu saja sama karena iCloud merupakan salah satu layanan yang bisa diakses menggunakan Apple ID. Jadi bila kamu memiliki Apple ID maka secara otomatis kamu juga bisa mengaktifkan dan mengakses iCloud. Apa iCloud di iPhone bisa diganti dengan menggunakan Apple id lain? tentu saja, kamu bisa simak cara mengganti iCloud iPhone dengan memakai akun Apple lain yang kamu miliki.

apple id sama dengan icloud

Bisakah kita menggunakan Apple ID yang berbeda untuk iCloud dan App Store di iPhone? Jawabannya tentu saja kamu bisa memakai akun Apple yang berbeda-beda, semisal untuk Apple App Store kamu bisa login atau masuk menggunakan Apple id lama, sedangkan untuk iCloud kamu bisa membuat atau memakai id Apple baru, sehingga nantinya nantinya iPhone kamu menggunakan dua Apple id yaitu satu untuk iCloud dan satu lagi untuk App Store.

Apakah Apple id bisa digunakan di 2 iPhone? Yups, tentu saja bisa kamu bisa menggunakan Apple ID sampai dengan maksimal 10 device entah itu di iPhone, iPad, iPod Touch sampai di Macbook. Dengan Login menggunakan Apple ID yang sama di iPhone dan iPad, maka secara otomatis data yang ada di iPhone akan disinkronisasikan ke iPad begitu juga sebaliknya, itu artinya akan lebih mempermudah kamu untuk mengakses data dimanapun dan kapanpun juga.

53 Comments

  1. Min mau nanya misalkan id apple nya lupa password, terus icloudnya mati bisa di reset ga? #gangerti iphone

    Reply
    • @Ilham :: Bila agan menggunakan gmail atau yahoo mail sebagai id iCloud, bisa coba untuk reset via email tersebut.

      Reply
  2. Min, sekarang ane pakai satu akun di dua iphone (dulu login nya masukin id yg sama), nah ane ingin salah satu iphonenya diganti akunnya. Bisa ga tu min ?

    Reply
    • @Asami :: Bisa kok gan, bisa langsung diganti menggunakan Apple ID baru ataupun yang sudah ada.

      Reply
  3. Ka aku mau tanya, aku kan ngehapus iphone trus login nya pake id apple yg itu lagi, foto2 nya bakal balik lagi ga ya? Makasih

    Reply
    • @Bandung15:: apabila agan menyimpan foto tersebut di iCloud, maka tentu saja akan kembali lagi apabila sign in menggunakan Apple ID yang sama.

      Reply
  4. gan saya mengunakan akun icloud dan app store yg berbeda. tapi saya lupa paswort akun app store/ id apple nya. pass akun icloud nya saya ingat
    aman gak kalo saya restart ulang iphone saya ? trimakasi 🙂

    Reply
    • @Doni :: Sebelum reset ulang, sebaiknya agan sign out dulu dari akun iCloud yang aktif di iPhone tersebut. Jangan melakukan proses reset ulang iPhone ketika iCloud aktif di iPhone untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

      Reply
  5. Ka mau nanya. Di iphone saya icloud sama apple id nya kan beda email, nah kalo lupa apple id nya buat ganti gimana?

    Reply
    • @Anisa :: Apakah mbak bisa logout dari Apple ID yang sekarang aktif di iPhone? apabila belum logout dan mbak lupa kata sandinya, sebaiknya di reset aja dulu kata sandinya via email.

      Reply
  6. gan saya mau nanya..iphone saya rusak dan mati..trus saya beli yang baru,ingin pake icloud yang dulu tapi request verifikasix terkirim ke hp yang rusak karena icludx masih aktif..solusix gimana gan?terima kasih

    Reply
    • @Rudy :: Coba masuk ke iCloud di komputer, disana agan bisa melihat iDevice yang terhubung ke akun tersebut, agan bisa memilih Remove Device agar akun iCloud agan tidak lagi terhubung ke iPhone lama tersebut.

      Reply
  7. Min, minta pencerahannya dong. Bagaimana cara nya untuk melihat perangkat yg terikat dgn ID Apple saya di iPhone. Krn jika saya ingin mengaktifkan “Music” & “iBooks” untuk pengunduhan otomatis dimenu “iTunes & App” tidak bisa dan selalu muncul peringatan “Perangkat ini sudah diasosasikan dengan satu ID Apple”. Terimakasih.

    Reply
    • @Rahmat :: Masuk ke menu ID Apple, iCloud dan iTunes & App Store lalu disana sis bisa melihat akun Apple yang aktif.

      Reply
  8. Min aq mw nanya nih… Saia kan mw jual iphone saia yaah… Dan saia mw mengosongkan smua data2 saia di iphone tsb, spt baru beli lah gtu… Itu langkah2 atw cara2 apa yg hrs saia lakukan min?? Trima kasih

    Reply
    • @Iway :: Agan bisa langsung melakukan format ulang iPhone ke default lewat menu Pengaturan – Umum – Atur Ulang lalu tap pada Hapus KOnten dan Pengaturan.

      Reply
  9. min saya mau tanya, saya lupa kati sandi iphone nya nah skrng iphone nya di nonktifkan dan harus disambungkan ke itunse. nah persoalan nya saya lupa icould nya. masih bisa ga buat kembali ke menu setlah selsai saya sambunkan ke itunse.terimaksih mohon pencerhannya.

    Reply
    • @Novi :: Apabila iCloudnya aktif, nanti setelah restore tetap akan diminta login ke akun iCloud yang aktif tersebut, jadi mau tidak mau mbak harus ingat akunnya.

      Reply
      • Admin mau nanya
        Saya sudah buat akun id iphone menggunakan email gmail, sdh jadi. Tapi tidak bisa di gunakan sebagai id iphone di iphone aku
        Mohon infonya

        Reply
        • @Fadly :: pastikan agan sudah memasukan metode pembayaran di akun tersebut baik itu menggunakan kartu kredit.

          Reply
  10. kak mau tanya kalo misalkan aku pake icloud yg sama dengan kakak ku apakah foto fotoku bisa tersimpan di iphone kakak ku? terimakasih.

    Reply
    • @Vina :: Iya, bisa kan akunnya sama jadi otomatis nanti melakukan sinkronisasi.

      Reply
  11. Kak aku buat id apple di web pake gmail, nah kata kakak biar bisa log in di iphone nya harus pakai pembayaran kredit? Itu maksudnya gmn kak? Kalo ga pake pembayaran gabisa ya?

    Reply
    • @Devi :: apabila sis menggunakan alamat Indonesia, biasanya nanti ada pilihan None untuk metode pembayarannya, dicoba aja dulu login di iPhonenya.

      Reply
  12. Kak mau tanya. Aku baru kasih iphone yrus udah di kasih icloud nya dlm bentuk gmail ya. Tp ko aku login gabisa ya. Salah icloud. Tolong pencerahannya ya
    Tq

    Reply
    • @Tanti :: chek dan rechek kembali, apakah email dan kata sandinya sudah benar atau belum.

      Reply
  13. Seberapa penting buat icloud min? Apakah bisa buat icloud email id nya sama dengan email id app store tapi beda password? minta solusinya dong min. terima kasih

    Reply
    • @Muhammad :: sangat penting, iya bisa disamakan kok antara iCloud dengan Apple ID

      Reply
  14. ohgitu min, tapi gapapa kan kalau saya buat id apple sama icloudnya pake GMAIL? oh iya min kalau mau mindahin foto dri laptop lewat itunes, cara mengkoneksikanya apakah harus masuk Id apple? Thanks ya min atas infonya sangat bermanfaat

    Reply
      • min foto selesai di pindahin ke iphone tapi kok gak bisa di hapus ya?

        Reply
        • @MuhammadAngga :: Foto di iPhone hasil sinkronisasi dari komputer memang hanya bisa dihapus kembali lewat iTunes, tidak bisa langsung dihapus di iPhone.

          Reply
  15. min saya udah buat apple id. Tapi Id icloud nya belum saya buat, klau saya mau bikin Id Icloud nya nanti nanti gapapa kan ya min?

    Reply
    • @MuhammadAngga :: gpp, bebas kok.

      Reply
      • oke deh min, thanks ya atas bantuannya. Sukses terus min

        Reply
  16. Kalo misal kita upgrade ios apakah iphone akan log out otomatis dari id apple?

    Reply
    • @Lintang :: Tidak, namun sebelum melakukan upgrade iOS emang sebaiknya keluar atau logout dulu, untuk mencegah terjadi lock iCloud karena lupa kata sandi saat diminta untuk melakukan aktivasi setelah selesai upgrade.

      Reply
  17. Sis mau nanya..icloud aq terkunci.tapi aq ingat id apple sm kata sandi nya.msh bisa nggk iphone saya di gunakan.krna posisi nya skrng hp saya hanya muncul gmbr logo apple aja.tolong blsan jwban nya sis.krna sy panik bgt skrng

    Reply
    • @dian :: Silahkan iPhonenya di restore terlebih dahulu menggunakan iTunes di komputer, lalu kemudian apabila diminta aktivasi ulang masukan akun iCloud.

      Reply
  18. Kak, di iphone aku email iCloud sama email iTunes nya beda, aku ke setting mau buka yg bagian atas sendiri golongannya appleid, iTunes dll itu disuruh masukin pass apple id for email yg utk icloud, yaudah aku masukin pass apple id, udah aku masukin tp tetep incorrect pdhl udah bener. Apa harus pass nya email itu atau pass apple id? Aku udah masukin pass email itu sendiri tetep incorrect. Trs musik aku ga ke detect di iphone.. pdhl di iTunes lewat PC itu ada. Paham maksut aku ngga kak? Gimana ya kak.. terimakasih kak

    Reply
    • @Dinda :: Masukan kata sandi Apple ID dengan benar, bila lupa coba reset dulu kata sandi Apple ID atau iCloudnya.

      Reply
  19. Mbk.. Saya lupa icloud iphone saya, bagaimana cara cek icloud di iphone ya???sdngkan saya sudah buat apple id di konter hp.. Tpi harus pake akun icloud. Com, bisa dikasi solusinya. Mksii

    Reply
    • @Tikha :: apakah mbak masih ingat dengan email yang digunakan di iCloud tersebut, apabila iya coba di reset password via email aja dulu. Bila tetap lupa, ada kemungkinan iPhone yang terkunci iCloudnya tidak bisa lagi digunakan.

      Reply
  20. Kak menurut kakak gmana kalo misalnya 1 id apple dalam 2 iphone? Apa gpp? Apa mendingan beda beda aja id applenya?? Makasih kak

    Reply
    • @Tiya :: Bisa saja, tapi emang disarankan lebih baik menggunakan Apple ID yang berbeda di setiap iPhone.

      Reply
  21. ka saya mau login icloud di komputer tapi hp saya lagi di service dan dimintain kode verivikasi ke iphone saya. kalo misalnya saya remove device nya, apakah semua data icloud saya akan hilang dan setelah hp saya diperbaiki saya masi bisa menggunakan icloudnya seperti semula lagi?

    Reply
    • @Vina :: Bila di remove device, otomatis nanti data iCloud di iPhone tersebut akan hilang

      Reply
  22. Kak aku mau tanya dong. Kan aku pake 1 icloud di 2 iphone. Nah di salah satu iphone nya mau aku hapus icloud nya, ngaruh ke iphone yg satu nya lagi gak kak? Makasih

    Reply
    • @Rina :: Tidak, karena berbeda device.

      Reply
  23. min tolong bantu, saya kan beli iphone second, tapi selalu muncl notif disuruh masukin password email, saya logout icloudnya tidak bisa mesti masukin pass, dan saya gatau passnya, karena email pemilik sebelumnya, tapi itunesnya kosong dan bisa biat id apple baru lewat itunes . dan saya buat id apple di itunes , terus kalau misalnya saya reset ipjhonenya, apakah muncul activation lock min? kalo muncul apakah bisa saya masukkan id apple saya yg baru saya buat untuk itunes ..terima kasih

    Reply
    • @M.Kivlan :: Check terlebih dahulu di bagian iCloud apakah aktif atau tidak? Sebaiknya agan hapus terlebih dahulu aplikasi dan game yang pernah di unduh menggunakan Apple ID lama kemudian nanti bisa install lagi pakai ID Apple baru. Selalu muncul minta email dan kata sandi bisa juga disebabkan karena masih ada beberapa aplikasi lama yang masih terkait ke apple ID lama tersebut.

      Reply
  24. permisi kak , saya baru beli iphone se . saya sudah bikin id apple baru dan pengguna iphone baru ..
    saya membuat email yahoo untuk membuat Apple ID . sudah bisa masuk ke app store dan donload berhasil ..
    kendala nya , ketika mau di sinkronasikan ke I-Cloud / di ON kan , pasti meminta pasword . ssudah saya masukan , tetapi ada notif “please reconect again ” atau ” ada masalah saat menghubungkan ke server” Verifikasi gagal terus ..
    saya sudah mencoba berulang kali kak, memakai wifi dan data seluler iphone saya kak ..
    mohon pencerahannya ya kak

    Reply
    • @Reggy :: Cek apakah iPhone SE tersebut sudah menggunakan iOS terbaru atau belum, biasanya karena faktor iOS yang versi lama juga bisa menyebabkan masalah seperti yang dihadapi. Selain itu coba terlebih dahulu login ke iCloud via PC atau laptop menggunakan Apple ID tersebut, apakah normal atau tidak?

      Reply

Leave a Reply

Pin It on Pinterest