Fungsi Airdrop di iPhone

Salah satu alasan kenapa pengguna iPhone lebih sedikit dibandingkan hp Android adalah karena sistem operasi iOS yang disematkan di iPhone dianggap lebih sulit dioperasikan dibandingkan OS Android. Sebagai contoh, di Android kita bisa dengan mudah memindahkan data dan aplikasi dari satu hp ke handphone lainnya entah itu lewat bluetooth ataupun koneksi Wifi. Berbeda dengan iPhone, banyak pengguna yang merasa kesulitan untuk mengirimkan data baik itu berupa foto atau file lainnya meskipun ke sesama pengguna iPhone.

Sama seperti smartphone Android, setiap iPhone sudah dilengkapi dengan fitur bluetooth, namun ternyata tak sedikit pengguna iPhone yang hanya tahu bahwa fungsi bluetooth di iOS hanya sekedar untuk headset ataupun headphone tanpa bisa dipakai buat fungsi lain seperti kirim foto. Bagi yang terbiasa memakai bluetooth untuk mengirimkan file dan data lainnya di Android, pasti akan mengalami kesulitan saat memakai bluetooth di iPhone.

Di iPhone sendiri ada sebuah fitur yang jarang sekali digunakan karena banyak dari pengguna iPhone sendiri yang bahkan tidak mengetahui apa fungsi dan manfaatnya. Yups, Airdrop di iPhone adalah salah satu fitur penting dan sangat berguna namun seringkali luput dari perhatian pengguna iPhone. Sebenarnya apa sih fungsi Airdrop di iPhone tersebut? Apakah fitur ini hanya bisa digunakan antar sesama device Apple atau bahkan bisa dengan smartphone lain semisal Android?

Fitur Airdrop di iPhone adalah layanan Ad-Hoc dimana dengan menggunakan koneksi Wifi dan Bluetooth kita bisa mengirimkan foto, dokumen, video bahkan peta sebuah lokasi ke sesama pengguna perangkat Apple mulai dari iPhone, iPad sampai Macbook. Cara menggunakan Airdrop di iPhone juga tidaklah sulit, setelah mengaktifkan koneksi bluetooth lalu pengirim maupun penerima data harus berada dalam satu jaringan wifi atau hotspot agar nantinya Airdrop bisa berjalan tanpa kendala.

Bagi yang jarang atau bahkan tidak pernah sekalipun menggunakan fitur Airdrop di iPhone tidak bisa dipungkiri akan sangat kesulitan ketika pertama kali harus memakai fitur ini. Mereka tidak mengetahui bahwa agar fitur Airdrop berfungsi sempurna harus berada dalam satu jaringan wifi, sedangkan yang mereka lakukan hanya mengaktifkan bluetooth saja dan menganggap bahwa prosesnya sama persis sama seperti kirim sebuah dokumen lewat bluetooth di Android, padahal cara kerja Airdrop jauh berbeda.

Sebelum menggunakan Airdrop di iPhone pastikan sebelumnya kamu sudah mengatur Airdrop di menu Pengaturan – Umum lalu tap pada Airdrop. Disini kamu bisa menentukan apakah ingin mengaktifkan fitur ini, hanya kontak ataupun semua orang. Untuk keamanan, sebaiknya pilih hanya kontak, sehingga yang bisa kirim foto atau data lain lewat airdrop hanya terbatas pada kontak yang kamu ketahui saja.

Apa Fungsi Airdrop di iPhone Terbaru

Saat ada teman atau kerabat yang mengirimkan sebuah foto atau video lewat Airdrop maka akan otomatis muncul notifikasi apakah kamu ingin menerima file tersebut atau tidak. Pastikan bahwa kamu hanya menerima dokumen dari orang yang kamu kenal saja.

Keuntungan menggunakan Airdrop di iPhone adalah kita bisa hemat kuota karena proses kirim dokumen, foto, video dan file lainnya di iPhon bisa dilakukan tanpa harus menggunakan koneksi internet. Bayangkan saja bila kamu harus memindahkan ratusan foto yang berukuran besar lewat WhatsApp ataupun email, tentu saja prosesnya akan menghabiskan kuota sampai ratusan megabyte. Bandingkan bila kita kirim lewat Airdrop, selain prosesnya lebih cepat juga tanpa harus menggunakan koneksi internet.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest