Siti Syarah
Info, Aplikasi, Games, Tutorials untuk Android dan iPhone

Macam-Macam Google Play Error di Android

Adakalanya ketika akan mendownload sebuah aplikasi atau game dari Google Play Store, tiba-tiba saja muncul error seperti retrieving information from server atau error lainnya yang menyebabkan aplikasi atau game gagal kita download. Nah bagaimana cara mengatasi berbagai macam error ketika download aplikasi dan game di Google Play Store? Berikut ini adalah beberapa kode error yang sering muncul di Android Google Playstore.

Google Play Retrieving Information From Server
Solusi : Coba rubah APN di handphone Android kamu, semisal bila kamu menggunakan operator Tri coba rubah APN default dari 3gprs menjadi 3data. Bila kamu menggunakan Telkomsel rubah APN-nya ke internet atau telkomsel saja. Cara lain, bisa lakukan dulu clear cache dan clear data dari aplikasi Google Play Store (masuk menu pengaturan aplikasi seperti di bawah ini).

Google Playstore Error

Lakukan hal yang sama pada aplikasi Google Play Service yaitu Clear Data dan Clear Cache.

Android Google Playstore Error

Google Play Error 491 – Downloads and updates impossible.
Solusi :  Hapus akun google di handphone Android kamu, setelah menghapus akun Google (Gmail), restart handphone Android kamu, kemudian coba Login kembali dan coba download lagi aplikasi atau game dari Playstore

Google Play Error 498 – Interruption of downloads from the Google Play Store
Solusi :   Biasa disebabkan karena ruang penyimpanan data aplikasi dan game di handphone kamu sudah penuh. Coba hapus beberapa aplikasi atau game, agar tersisa ruang yang cukup untuk proses instalasi aplikasi baru. Selain itu bila kamu familiar, kamu bisa melakukan Wipe Cache Partition di menu Recovery seperti di bawah ini :

Google Play Error 919 –  Downloading the app works but it does not open once downloaded.
Solusi : Memori di telepon kamu penuh, coba hapus beberapa aplikasi, game atau data lainnya agar tersisa ruang untuk instalasi aplikasi baru.

Google Play Error 413 –  Downloading applications or updates is impossible. If you use a proxy, remember that it may cause problems with the operation of the Google Play Store.
Solusi :  Silahkan lakukan clear cache dan clear data seperti yang dilakukan pada error Google Play Retrieving Information From Server diatas.

Google Play Error 921 –  You can’t download an app.
Solusi : Error seperti ini juga bisa dengan mudah diatasi dengan cara lakukan Clear Data dan Clear Cache pada aplikasi Google Play Store dan Google Play Service seperti diatas.

Google Play Error 403 –  The download is impossible and the request is ”forbidden”. This usually happens when two Google accounts are used to buy applications on one device.
Solusi : Biasanya karena kesalahan menggunakan akun Google Gmail. Misalkan ketika proses download kamu pakai gmail A tapi pas proses update kamu menggunakan gmail B. So, sebaiknya kamu ganti akun gmail di handphone kamu menggunakan akun yang sesuai. Bisa juga ganti APN dari koneksi internetnya atau gunakan jaringan Wifi ketika proses downloadnya.

Google Play Error 923  The download is impossible: error while syncing your Google account or insufficient cache memory.
Solusi : Hapus dulu akun google kamu, hapus juga beberapa aplikasi atau game yang tidak diperlukan lagi, tambahan kamu juga bisa menghapus Wipe Cache Partition di menu recovery.

Google Play Error 492 – It’s impossible to install an application due to the Dalvik cache.
Solusi : Lakukan Clear Data dan Clear Cache pada aplikasi Google Playstore dan Playstore Service seperti diatas.

Google Play Error 927 –  The download is impossible because an update of the Play Store is in progress dan Google Play install error 961-  Problems when installing Android apps from the Play Store
Solusi : Tunggu beberapa saat, karena aplikasi Google Play Store sedang melakukan update otomatis. Bila masalah tetap muncul lakukan clear cache dan clear data di aplikasi Google Play Store

19 comments

    1. @Zidan :: masalah yang dialami agan bisa disebabkan karena koneksi internet yang lemot alias tidak stabil, coba gunakan koneksi wifi terlebih dahulu. Selain itu coba lakukan clear data pada aplikasi playstorenya.

  1. Saya mau download, pas di instal gabisa kodenya -24 kenapa tuh ,, solusinya dong

    1. @Patrick :: Coba lakukan terlebih dahulu Clear Data di Play Store and Google Services Framework

  2. Saya minta info dong..
    Kenapa setiap kali saya mau update app / install app saat download berjalan, tiba2 macet di tengah dan bar DL nya hilang..
    Misalnya, download sudah berjalan 23% tiba2 bar penghitung nya hilang..
    Dan DL tidak di lanjutkan lagi, tanpa ada notif apa2..
    Kenapa ya ?

    1. @Jan :: bisa disebabkan karena koneksi yang tidak stabil/lambat juga bisa karena memori internal di hp agan tidak mencukupi.

  3. Klo saya sih beda, install aplikasi apapun gabisa. Gimana ya? Ga ngerti ni tolong bantuannya

    1. @Dwijendra :: solusi terakhirnya coba reset hp Android agan ke factory default terlebih, apabila nanti masih tetap error agan harus coba untuk flash ulang Androidnya.

  4. Kenapa setiap kali saya mau update app / install app saat download berjalan, tiba2 macet di tengah dan bar DL nya hilang..
    Misalnya, download sudah berjalan 23% tiba2 bar penghitung nya hilang..
    Dan DL tidak di lanjutkan lagi, tanpa ada notif apa2,padahal memori internalnya msh cukup besar

    1. @Tiara :: Masalah yang sis hadapi bisa disebabkan karena koneksi internet yang tidak stabil, coba gunakan koneksi Wifi terlebih dahulu.

    1. @Muhammad :: Bisa disebabkan karena kesalahan di playstorenya. Coba lakukan langkah seperti diatas, juga agan bisa coba untuk menghapus dulu akun gmailnya di Android, setelah di tambahkan (login) kembali.

    1. @Andi :: agan bisa coba untuk melakukan dulu clear dan cache pada aplikasi Playstorenya, kemudian coba di cabut dulu sd cardnya kemudian pasang lagi, juga agan bisa coba untuk lakukan dulu downgrade Google Playstorenya

    1. @Amalia :: Coba hapus dulu akun Google di hp Android sis, lalu kemudian tambahkan lagi akun tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.