Mengatasi Email di iPhone Tidak Update

Keberadaan berbagai macam aplikasi pesan seperti WhatsApp tak bisa dipungkiri telah merubah cara orang mengirimkan sebuah dokumen dan data penting, yang sebelumnya selalu dilakukan lewat email kini bisa dengan mudah dikirimkan via WA dan aplikasi perpesanan lainnya. Tentu saja, data yang dikirimkan akan bisa cepat diterima dan dibaca karena hampir setiap saat orang selalu menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, rekan kerja dan orang yang dicintainya.

Lantas apakah kemudian fungsi email sepenuhnya tergantikan oleh WhatsApp? Jawabannya tentu saja tidak. Meski WA seakan telah menjadi standar baru bagaimana orang berkomunikasi dan saling kirim data namun ternyata tak semua orang bisa beralih begitu saja dari email ke WhatsApp karena masih banyak juga yang justru lebih memilih tetap memakai email. Alasannya tentu saja berbeda-beda, mulai dari kemampuan email yang bisa mengirimkan beberapa lampiran dalam ukuran cukup besar untuk sekali kirim, sampai adanya anggapan bahwa email lebih terasa formal atau resmi dibandingkan mengirimkan data lewat WhatsApp.

Apalagi di zaman smartphone yang semakin canggih, kini pengguna  bisa langsung cek email dan bahkan mampu menerima email sebagaimana layaknya sms dimana ada notifikasi atau pemberitahuan jika ada email baru yang masuk dan belum dibaca sehingga tidak akan email yang luput dari perhatian. Bandingkan dengan beberapa tahun silam, dimana email hanya bisa dibuka dengan menggunakan PC atau laptop, sehingga terkadang bila sedang di perjalanan kita tidak bisa update dengan email terbaru yang masuk.

Pengguna ponsel pintar dari Apple tentu sudah tahu bagaimana cara Login Gmail di iPhonesehingga nantinya setiap ada email terbaru maka akan otomatis muncul pemberitahuan di iPhone kita. Namun, bagaimana bila setelah menambahkan sebuah akun email di iPhone, ternyata tidak ada notifikasi pesan baru atau emailnya tidak update secara otomatis, dimana kita harus selalu membuka aplikasi email terlebih baru kemudian pesan baru akan masuk.

Solusi pertama untuk mengatasi permasalahan email di iPhone tidak update adalah pastikan bahwa iPhone tidak dalam mode baterai rendah (low battery). Sebab saat sebuah iPhone berada dalam mode daya rendah otomatis tidak aktif termasuk diantaranya adalah update email di iPhone. Silahkan tap pada Pengaturan lalu Baterai dan pastikan, kamu tidak mengaktifkan mode daya rendah.

email di iPhone tidak update

Kedua, masalah email di iPhone tidak update bisa disebabkan karena proses push dan fetch pesan baru diatur ke manual, sehingga kamu harus selalu membuka aplikasi email untuk mengecek ada atau tidak email baru yang masuk. Kamu bisa merubah setelan email di iPhone lewat menu Pengaturan – Kata sandi dan akun, lalu pada bagian Fetch data baru pastikan kamu sudah mengaktifkan opsi Push atau Fetch dan pilih rentang waktu 15 menit agar email terbaru bisa langsung masuk.

mengatasi email di iPhone error

Tentu saja proses cek dan recheck email terbaru di iPhone agar selalu update ini membutuhkan koneksi data internet secara terus menerus di latar belakang. Proses ini akan membuat baterai iPhone menjadi sedikit lebih proses karena itulah kamu harus bijak dalam menentukan rentang waktu terbaik untuk iPhone melakukan fetch data baru yang masuk ke akun email yang aktif di smartphone kamu tersebut.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest