Bisakah iPhone di Root?

Untuk kamu yang baru saja mengganti smartphone dari Android ke iPhone tentu pernah bertanya apakah iPhone bisa di root? Kalau bisa, bagaimana cara dan langkahnya? Apakah sama seperti Android, bisa menggunakan program khusus untuk Root baik dilakukan lewat PC atau secara langsung di iPhone tanpa bantuan PC.

Istilah root umum digunakan di smartphone dengan sistem operasi Android, kamu bisa telusuri apa manfaat dan fungsi root dimana fungsi utamanya agar kita bisa mendapatkan hak akses sebagai root atau administrator di sistem operasi Android, sehingga bisa melakukan berbagai perubahan dan mofidikasi terhadap file system tersebut.

apakah iphone bisa di root

iPhone seperti kita ketahui tidak menggunakan sistem operasi Android namun memakai sistem operasi mobile buatan Apple sendiri yakni iOS. Nah, berbeda dengan Android, di iOS kita tidak mengenal istilah root tapi jailbreak, maka tak heran bila kemudian muncul istilah iPhone jailbreak. Antara root dan jailbreak pada prinsipnya memang sama yakni untuk mendapatkan hak akses sebagai root atau Administrator sehingga kita bisa bebas melakukan modifikasi terhadap berbagai file system tersebut.

Beberapa tahun ke belakang, istilah jailbreak memang seringkali terdengar, namun sejak update dan upgrade iOS yang dilakukan secara berkala dan sering, maka proses jailbreak pun semakin ditinggalkan. Jadi, jangan heran bila kamu mencari cara untuk jailbreak iOS 11 terbaru, tidak akan menemukan langkahnya.

Jadi, apakah iPhone bisa di root atau jailbreak, jawaban singkatnya adalah tidak. Namun demikian, jangan khawatir meski tanpa jailbreak, iPhone kamu bisa berjalan dan berfungsi dengan baik seperti yang diinginkan karena kini semakin banyak fitur dan aplikasi yang dulu hanya tersedia bila iPhone sudah di jailbreak, kini berbagai macam fitur dan aplikasi tersebut sudah merupakan bawaan atau default dari iOS.

Selain itu dengan tidak melakukan modifikasi atau jailbreak terhadap iOS, maka kamu bisa menjaga iPhone tetap lebih aman, karena seperti kita ketahui berbagai modifikasi yang dilakukan terhadap file system baik melalui proses root atau jailbreak, akan membuat sistem operasi di smartphone menjadi lebih rentan terhadap berbagai error dan masalah.

Leave a Reply

Pin It on Pinterest