Mengatasi Keyboard Android Lambat Muncul

Saat kamu ingin membalas sebuah pesan di WhatsApp, selalu saja terjadi error keyboard di Android lambat muncul sehingga kamu harus selalu menunggu beberapa detik baru bisa mulai bisa mengetik huruf dan angka untuk membalas pesan tersebut.

Tak hanya di aplikasi WhatsApp saja, ketika kamu mencoba melakukan pencarian kata kunci di Youtube atau browser, Keyboard Android selalu telat muncul, butuh waktu beberapa detik sampai keyboard benar-benar muncul dan bisa digunakan dengan normal.

Untuk kamu yang mengalami masalah keyboard Android lambat dan bahkan lama muncul sehingga sedikit menghambat aktivitas kamu, ada baiknya kamu ganti terlebih dahulu aplikasi keyboard di hp Android kamu dengan Gboard resmi dari Google.

Silahkan masuk ke Google Play Store kemudian cari dan install aplikasi Gboard. Sebenarnya di Play Store banyak sekali aplikasi keyboard yang bisa kita pilih, namun tentunya Gboard layak dijadikan pilihan karena ringan dan tidak disertai dengan iklan.

aplikasi keyboard terbaik tanpa iklan

Selanjutnya masuk ke menu Pengaturan Bahasa dan Keyboard di hp Android kamu. Pada keyboard virtual pastikan bahwa kamu hanya mengaktifkan Gboard saja, untuk aplikasi lainnya silahkan di nonaktifkan terlebih dahulu.

solusi keyboard android lambat muncul

Masalah Keyboard di Android yang lambat atau lama muncul salah satu penyebabnya bisa karena aplikasi keyboard yang selama ini digunakan sudah terlalu berat, baik karena fitur tambahan yang tidak penting atau bisa juga karena aplikasi keyboard tersebut telah disisipi dengan iklan.

Memilih keyboard yang tepat dan cocok memang harus menjadi perhatian serius karena nantinya keyboard ini sangatlah dibutuhkan bahkan saat kita sedang memakai aplikasi atau game lain.

Saat memilih sebuah aplikasi Keyboard pastikan memilih aplikasi yang ringan, hindari keyboard dengan berbagai fitur yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan fungsi keyboard yang sebenarnya.

Kustomisasi keyboard sewajarnya, jangan sampai karena terlalu banyak proses kustomisasi akhirnya fungsi utama keyboard menjadi terganggu dan alhasil muncul masalah keyboard yang lama dan lambat muncul di Android.

Cukup pakai satu saja aplikasi keyboard, menginstall beberapa aplikasi keyboard sangat tidak disarankan. Pilih aplikasi yang kamu sukai, agar nantinya kamu semakin terbiasa dengan keyboard tersebut dan bisa lebih mempercepat proses input teks.

Leave a Reply