WhatsApp Ganti Nomor Apakah Chat dan Kontak akan Hilang

Setelah sekian lama memakai sebuah nomor di WhatsApp, adakalanya kita mulai bosan dan ingin ganti nomor. Beruntung di WhatsApp sudah ada fitur untuk mengganti nomor lama ke yang baru dengan cepat dan mudah tanpa harus kehilangan data penting seperti kontak atau bahkan chat.

Saat kamu memutuskan untuk mengganti nomor di WhatsApp yang harus diperhatikan adalah jangan dulu menghapus aplikasi WhatsApp di hp Android kamu atau logout dari nomor yang dipakai saat ini, karena nantinya yang terjadi adalah chat akan hilang.

Langkah terbaik untuk ganti nomor WhatsApp tanpa harus kehilangan riwayat obrolan (chat) dan kontak adalah menggunakan fitur ganti nomor WhatsApp yang sudah disediakan oleh aplikasi ini, sehingga nantinya yang berubah adalah cuma nomor saja sedangkan data lainnya tetap ada.

Jalankan aplikasi WhatsApp kemudian masuk ke menu Setelan – Akun disini kamu bisa menemukan pilihan Ganti Nomor. Seperti terlihat dari penjelasannya bahwa proses ganti nomor akan memindahkan semua informasi akun, grup dan setelan dari nomor lama ke nomor baru.

ganti nomor wa apakah chat akan hilang?

Berikutnya adalah masukan nomor lama kamu, kemudian isi juga nomor baru sebagai pengganti. Pastikan bahwa kamu bisa menerima sms atau telepon di nomor baru, karena nantinya ada kode verifikasi yang akan dikirimkan ke nomor baru tersebut.

ganti nomor whatsapp apakah kontak akan hilang

Dengan melakukan proses ganti nomor seperti diatas, maka nantinya ke grup WhatsApp akan ada notifikasi bahwa nomor kamu telah berubah, begitu juga ke orang atau kontak yang pernah melakukan chat (ada obrolan yang masih aktif).

Lalu kenapa setelah ganti nomor, status update teman tidak muncul di WhatsApp kita? Solusinya cukup mudah yakni kamu minta kepada teman tersebut untuk mengupdate nomor baru tersebut di kontak hp teman kamu tersebut.

Yups, teman kamu memang harus update nomor baru tersebut di kontaknya, karena nomor lama yang tersimpan di kontak tidak akan otomatis berubah jadi nomor baru. Untuk yang satu ini harus dilakukan secara manual oleh masing-masing kontak atau teman kamu.

Biasanya ketika kamu sudah berganti nomor WhatsApp, saat mengirimkan sebuah pesan ke teman kamu, maka yang muncul cuma deretan nomor bukan nama, itu artinya nomor baru kamu tersebut belum tersimpan di kontak teman tersebut.

Sedangkan di grup WhatsApp, tak usah khawatir meski berganti nomor baru, kamu tidak harus gabung dari awal karena tetap menjadi anggota grup tersebut.

Leave a Reply