Merubah Default Aplikasi di Android

Ketika membuka sebuah tautan yang kamu terima via sms ataupun pesan di WA dan BBM biasanya tautan tersebut secara default akan terbuka di browser bawaan hp Android kamu. Tak jauh berbeda saat kamu menerima sebuah pesan SMS, maka pesan tersebut akan otomatis dibuka dengan menggunakan aplikasi SMS default Android bukan dengan aplikasi sms yang sudah kita install sebelumnya. Tak ada yang salah dengan berbagai aplikasi default bawaan Android, namun dari sisi menu dan tampilan terkadang aplikasi bawaan sangatlah sederhana dan tidak banyak memiliki opsi tambahan apapun.

Seiring dengan semakin banyaknya aplikasi untuk SMS, browser sampai telepon yang tersedia di Google Play Store mungkin kamu ingin merubah aplikasi default di Android sehingga nantinya bisa menggunakan aplikasi yang lebih baik dan bagus sesuai dengan keinginan. Semisal bila kamu ingin mengganti aplikasi default SMS di Android dengan memakai Textra SMS atau FB Messenger sehingga nantinya menu SMS di Android kamu lebih lengkap dan tampilannya bisa dirubah sesuai dengan keinginan dibandingkan harus memakai aplikasi bawaan yang terlihat sangat sederhana.

Cara setting default aplikasi di Android tidaklah terlalu sulit karena di Android sendiri sudah ada setelan ataupun pengaturan untuk merubah berbagai macam aplikasi default mulai dari telepon, sms sampai browser yang kita gunakan. Pertama masuk menu Pengaturan – Aplikasi di hp Android kamu. Setelah berada di daftar aplikasi tap pada menu konfigurasi di pojok kanan atas, selanjutnya pilih Aplikasi Default.

cara setting default aplikasi di android

Disini ada beberapa pilihan yang bisa kamu rubah mulai aplikasi browser, sms sampai dengan telepon. Misal kita akan merubah aplikasi default untuk pesan singkat maka pilih aplikasi SMS Default, selanjutnya akan muncul berbagai macam pilihan aplikasi yang sudah kamu install sebelumnya dalam contoh adalah pilihan Hangout, Textra SMS sampai FB Messenger.

cara merubah default aplikasi android

Agar kita bisa melakukan setting default aplikasi di Android, pastikan sebelumnya kamu sudah mengunduh dan menginstall aplikasi yang kamu inginkan dari Google Play Store, sehingga nantinya aplikasi tersebut akan muncul di pilihan aplikasi default yang ingin kamu rubah tersebut.

Leave a Reply