Mengganti SMS Default Android

Salah satu kelebihan Android dibandingkan sistem operasi lainnya adalah kita bisa bebas mengganti aplikasi default Android sesuai dengan keinginan tanpa harus ribet dan bahkan tidak perlu melakukan proses root terlebih dahulu. Ada 3 aplikasi utama yang sering kita gunakan yakni telepon, sms serta browser. Semua aplikasi bawaan Android tersebut bisa dengan mudah kita ganti dengan aplikasi serupa yang fungsinya sama.

Misalkan kamu bosan dengan aplikasi sms bawaan Android, jangan khawatir karena di Google Playstore sudah tersedia berbagai macam aplikasi sms yang siap untuk menggantikannya mulai dari Google Message, Facebook Messenger, Textra dan berbagai macam aplikasi lainnya. Pilih salah satu aplikasi sms yang kamu sukai lalu unduh dan install di hp Android kamu.

cara mengganti sms default di Android

Langkah berikutnya adalah kamu bisa langsung mengganti aplikasi sms bawaan Android dengan cara masuk ke menu Pengaturan – Aplikasi lalu lalu pilih menu konfigurasi di pojok kanan atas dan selanjutnya pilihd Aplikasi Default.

cara ganti aplikasi sms di Android

Disini kamu bisa menentukan berbagai macam aplikasi default untuk sms, telepon dan browser. Karena kita akan mengganti aplikasi sms bawaan Android maka pilih Aplikasi SMS Default. Akan muncul daftar aplikasi sms yang sudah kita install sebelumnya dari Google Playstore. Tentukan pilihan apakah ingin pakai FB Messenger, Hangouts, Textra atau aplikasi lainnya.

cara mengganti sms default di android

Selesai, kini aplikasi default SMS di Android kamu sudah berubah sesuai dengan keinginan dan tentu saja tampilannya tidak akan lagi membosankan seperti sms bawaan Android. Namun khusus buat kamu yang hanya ingin mengganti tampilan sms tanpa menggunakan aplikasi lain, bisa juga mencoba merubah tampilan sms di Android Lollipop dimana menu ini merupakan bawaan dari Android.

Bila setelah mengganti aplikasi SMS default di Android ternyata kemudian timbul masalah seperti kamu tidak bisa mengirimkan pesan SMS maka ada kemungkinan karena kesalahan nomor sms center di Android, jangan khawatir karena kamu bisa kok dengan mudah mengganti sms center di Android lewat menu *#*#4636#*#* yang bisa diakses via telepon.

 

Leave a Reply