Siti Syarah
Info, Aplikasi, Games, Tutorials untuk Android dan iPhone

Hapus Aplikasi Bawaan Android dengan Mudah dan Aman

Saat membeli sebuah handphone Android baru, maka sudah umum kita ketahui bahwa Android tersebut hadir dengan berbagai aplikasi bawaan yang terkadang tidak kita perlukan. Aplikasi bawaan Android tersebut bisa saja membuat memori internal kita semakin kecil dan malah bisa membuat Android lemot dan cepat panas. Lalu bagaimana cara kita hapus aplikasi bawaan Android?

Untuk menghapus aplikasi bawaan Android pertama kali yang harus kamu lakukan kamu harus Root Android kamu. Untuk melakukan root Android kamu bisa pakai beberapa aplikasi seperti Towelroot, Kingo Android Root, One Click Root ataupun Aplikasi lainya yang tersedia di internet. Setelah berhasil di root, kemudian download dan install aplikasi NoBloat dari Google Play Store.

Baca : Solusi Android Cepat Panas dan Lemot

Hapus Aplikasi Bawaan Android

Jalankan Aplikasi NoBloat, saat pertama kali dijalankan aplikasi ini akan meminta hak akses sebagai Root, pilih Allow (izinkan)

Hapus aplikasi bawaan samsung android

Karena kita akan menghapus aplikasi bawaan Android maka pilih System Apps

Delete Aplikasi Bawaan Android

Dalam contoh, misalkan kita akan hapus aplikasi android bawaan yaitu Radio FM, klik pada aplikasi tersebut.

hapus aplikasi bawaan android cina

Pilih Backup and Delete, ini artinya aplikasi akan di backup terlebih dahulu lalu di delete. Dengan cara ini, bila suatu saat kita memerlukan kembali aplikasi yang telah di delete, kita bisa dengan mudah merestore / install kembali aplikasi tersebut.

Hapus Aplikasi bawaan handphone android

Selesai, kini aplikasi bawaan Android yang tidak kamu inginkan akan hilang dari Android kamu. Dan Android kamu pun kini bisa lebih cepat dan tidak akan cepat panas yang disebabkan karena berbagai aplikasi bawaan Android tersebut.

12 comments

    1. @Putri :: bisa, caranya bisa dengan menghapus aplikasi dan game yang tidak atau jarang dipakai, juga lakukan hapus cache secara berkala di Androidnya.

  1. Klu clear chache itu tidak berpengaruh kah trus manfaat dr clear chache itu apa aja kak

    1. @Linily :: manfaat clear cache Android adalah agar aplikasi tersebut bekerja lebih cepat, tidak lemot juga bisa membuat memori internal sis lebih lega.

    1. @Ami :: Coba masuk ke Safe Mode Android terlebih dahulu. Caranya, tekan tombol Power nanti kalau ada pilihan Matikan Daya / Perangkat, sis tekan terus selama beberapa detik pada Matikan Daya tersebut sampai muncul pilihan untuk masuk ke Safe Mode. Setelah berada di Safe Mode android baru sis bisa coba untuk menghapus perangkat message inbox tersebut dari Administrator perangkat.

  2. To admin
    Mohon bantuannya
    App sms saya tiba2 tidak berfungsi. Tdk bisa terima kirim sms, Android mengatakan kalo app messaging bukan sbg default, tapi setelah masuk setting uyk messaging tidak bisa dibuat sbg default, sepertinya apps hilang. Bagaimana cara memperbaiki nya? Terimakasih bnyk y

    1. @Rianto :: Cek di menu Pengaturan – Aplikasi lalu cari pada tab di nonaktifkan, siapa tahu aplikasi sms tersebut hanya di nonaktifkan saja. Namun apabila benar-benar sudah terhapus maka tidak ada cara lain untuk mengembalikannya kecuali agan harus melakukan proses flashing menggunakan stock rom.

  3. Kak. Ko aplikasi fb saya ga bisa dihapus dari ponsel yah. Di administrator juga ga ada. Kaya seperti apk bawaan hp gitu loh..
    mohon bantuanya.

    1. @Naufal :: berarti agan harus root dulu Androidnya, baru bisa hapus aplikasi bawaan yang bandel tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.