Apa 3D Touch itu dan Bagaimana Cara Mengaktifkan 3D Touch iPhone

Berbeda dengan seri iPhone sebelumnya, iPhone 6S atau iPhone 7 hadir dengan sebuah teknologi yang bernama 3D Touch. Nah, apabila kamu penasaran 3D Touch adalah teknologi Force Touch atau berbasis sentuhan di iPhone. Dengan menggunakan teknologi 3D Touch di iPhone kamu bisa menekan layar memakai kekuatan sentuhan yang berbeda baik itu tekanan lembut, sedang atau kuat untuk membuka pilihan menu (kontekstual), preview sebuah konten ataupun tindakan lainnya terhadap sebuah aplikasi.

Bila sebelumnya saat menyentuh (tap) sebuah aplikasi kamu akan langsung masuk ke aplikasi tersebut, maka dengan memanfaatkan 3D Touch kamu bisa menekan icon aplikasi tersebut untuk menampilkan beberapa pilihan menu seperti memulai chat baru, melihat kontak yang sering dihubungi ataupun sekedar memilih ambil selfie di kamera iPhone. Fitur 3D Touch di iPhone tentu saja akan mempermudah kamu untuk mengakses menu yang sering digunakan dengan cepat.

Cara Mengaktifkan fitur 3D Touch iPhone 6S atau iPhone 7

Teknologi 3D hanya tersedia untuk iPhone 6S ke atas, nah apabila kamu menggunakan iPhone 5/5S atau iPhone 6 maka tidak akan bisa mengaktifkan 3D touch tersebut. Sedangkan untuk pengguna iPhone 6S atau iPhone 7 berikut ini cara mengaktifkan 3D Touch iPhone.

Pertama masuk ke menu Pengaturan – Umum lalu tap pada Aksesibilitas

cara mengaktifkan 3D touch di iPhone 6S dan iPhone 7

Pilih 3D Touch untuk mengaktifkan fitur ini di iPhone kamu. Di bagian bawah kamu bisa merubah sensivitas dari 3D Touch mulai dari lembut, sedang sampai kuat. Apabila kamu memilih lembut, maka dengan tekanan yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar untuk menampilkan menu kontekstual ataupun pratinjau konten di iPhone. Kamu juga bisa memilih untuk uji sensivitas pada gambar yang terdapat di bagian bawah.

mengaktifkan fitur 3D touch iPhone 6S dan iPhone 7 Plus

Bagaimana sih cara Menggunakan 3D Touch di iPhone 6S atau iPhone 7

Setelah berhasil mengakifkan 3D Touch di iPhone, kini kamu bisa mencoba untuk menggunakan 3D Touch pada aplikasi yang sering kamu gunakan, semisal kita coba pada aplikasi BBM di iPhone. Saat menekan icon BBM dengan tekanan yang sesuai maka akan muncul kontekstual menu seperti menu Cari, Tampilkan Gambar, Perbarui Status sampai Kirim Pesan. Saat kamu memilih salah satu menu semisal Tampilkan Gambar, maka secara otomatis kamu akan masuk ke menu untuk mengganti foto profil BBM.

gambar contoh menggunakan 3D Touch iPhone 6S atau iPhone 7

Saat kamu menggunakan 3D Touch di menu Pesan maka otomatis akan melihat kontak terakhir yang dihubungi via SMS disamping pilihan lain yakni untuk membuat Pesan Baru. Begitu juga ketika kamu mengakses kamera dengan 3D maka ada beberapa pilihan kontekstual menu yang bisa langsung kamu pilih.

cara menggunakan 3D touch di iPhone

Tak hanya itu, 3D touch juga bisa digunakan untuk merubah beberapa pilihan penting lainnya seperti menentukan cahaya terang, redup atau sedang pada torch di iPhone sampai pilihan timer yang bisa kamu tentukan.

cara 3D touch iPhone 6S

Selain kontekstual menu, teknologi 3D Touch di iPhone juga bisa kamu pakai untuk melihat pratinjau sebuah halaman web tanpa harus membukanya, yang kamu harus lakukan hanyalah tekan pada tautan sampai nanti muncul pratinjau dari halaman tautan tersebut.

Leave a Reply